Mengetahui Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan

Memelihara burung kicauan pastinya harus dirawat dengan cara memberikan berbagai macam jenis makanan yang bernutrisi. Diantaranya seperti voer, jangkrik, belalang, ulat, serta aneka ragam buah-buahan.

Nah, salah satu jenis pakan yang yang bisa anda berikan pada jenis burung kicauan yang anda pelihara yaitu ulat kandang. Mungkin anda semua juga sudah mengenal jenis pakan ini.

Kandungan protein yang terdapat dalam ulat kandang baik seklai diberikan untuk burung kicau yang tidak termasuk jenis burung pemakan buah. Misalnya saja seperti burung tledekan, murai batu, Kacer, ciblek, pleci dan lain sebagainnya, sangat baiknya.

Burung tersebut di beri pakan tambahan ulat kandang supaya burung bisa menjadi fresh, rajin bunyi. Untuk efek utama dari ulat kandang ini yaitu bisa menjernihkan suara.

Ulat Kandang Untuk Pakan Burung

hewanpeliharaan.org

Makanan burung berupa ulat kandang ini ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan ulat hongkong maupun ulat jerman. Selain itu gerakan ulat ini yang agresif bisa menjadikan burung kicauan tertarik untuk melahapnya. Manfaat ulat kandang untuk burung kicauan ini cukup banyak.

Ulat kandang tidak akan menjadikan burung kicauan menjadi gemuk. Manfaat ulat kandang untuk burung kicauan bahkan bisa menjadikan burung tidak mudah lelah, dan tidak membuat bulu rontok.

Ulat kandang ini merupakan larva dari kumbang Alphitobisu diaperinus (Tenebrionaidae). Sebenarnya untuk bentunya juga lumayan mirip dengan ulat hongkong. Akan tetapi ukurannya yang jauh lebih kecil, serta warnanya yang terlihat lebih gelap.

Untuk bisa mendapatkan ulat kandang ini ternyata sangat mudah. Sebab, banyak sekali dijumpai pada kotoran ayam dalam jumlah banyak dan telah difermentasi atau yang sudah dikeringkan.

Selanjutnya ulat-ulat tersebut akan bermunculan dari kotoran yang sudah menggunpal yang telah difermentasi tersebut dalam jumlah banyak.

Sedangkan untuk kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat kandang antara lain yaitu:

  • Protein kasar berjumlah 48%
  • Lemak kasar berjumlah 40 %
  • Kadar abu berjumlah 3%
  • Kandungan ekstrak non-nitrogen berjumlah 8%
  • Kadar air berjumlah 57%

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan

kenarimania.com

Ulat kandang memang kalah populer dengan jenis ulat hongkong, akan tetapi untuk penelitian atas kandungannya dapat menjadi bukti jika ulat kandang ternyata lebih memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan ulat hongkong.

Manfaat ulat kandang untuk burung kicauan salah satunya yaitu untuk mendongkrak stamina burung. Dengan demikian burung jadi lebih aktif dan rajin berbunyi.

Ulat kandang ternyata juga mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ulat hongkong.

Jenis ulat ini diketahui memiliki kulit yang tidak terlalu keras, sehingga tidak menimbulkan efek samping pada saat diberikan dalam jumlah yang banyak seperti halnya pemberian ulat hongkong.

Perawatan Ulat Kandang Sebelum diberikan Burung Kicauan

Merawat ulat kandang memang bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan cara merawat ulat hongkong yang akan dijadikan sebagai pakan burung kicauan. Supaya bisa menjaga supaya ulat kandang tersebut tetap segar dan sehat, maka pemberian pakan sebaiknya diutamakan.

Sedangkan untuk cara yang dapat anda lakukan untuk merawat ulat kandang yaitu dengan cara menaburi voer halus pada tempat menyimpan ulat kandang tersebut.

Anda juga bisa memberikan pakan seperti halnya sayuran seperti irisan kentang, wortel, maupun jenis sayuran yang lainnya.

Jangan lupa juga untuk menjaganya dari serangan hama seperti semut atau binatang perusak yang lainnya. Simpanlah jenis ulat ini di tempat yang teduh dan lembab, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar