Mengetahui Karakter Burung Mozambik dan Persebarannya

Burung Mozambik adalah jenis burung kenari impor yang asalanya dari kawasan Aafrika. Jenis burung ini ternyata sudah pernah mengalami popularitas pada masanya burung hwamei dan samyong kala itu juga sedang populer atau naik daun.

Karena populernya, hingga sekarang ini masih ada jenis burung kenari mozambik ini yang berada di wilayah indonesia. Walaupun opulasinya sudah menjadi menurun jika dibandingkan pada waktu populer pertama kali.

Karakter Burung Mozambik

Karakter Burung Mozambik
Karakter Burung Mozambik

Burung Mozambik ini juga termasuk burung kicau yang masuk dalam jenis singing finch. Yang mana bermakna sebagai burung jenis penyanyi yang pintar di dalam berkicau.

Banyak sekali orang yang menyebut burung ini dengan sebutan burung kenari Afrika. Hal ini kare nakan mereka masih menyangka bahwa burung ini masih satu golongan dengan burung kenari. Yang mana burung kenari juga berasal dari Afrika.

Karakter burung mozambik ini adalah burung yang sudah terbiasa hidup di cuaca yang panas, maupun juga hidup di dataran yang gersang dan juga tandus.

Maka dari itu tak heran apabila burung mozambik ini termasuk jenis burung yang terbiasa hidup berkoloni atau burung yang berkumpul di dalam jumlah yang banyak.

Banyak sekali para penggemar burung yang memiliki anggapan jika suara yang berasal dari burung mozamik ini hampir sama dengan suara burung blackthroat.

Karakter burung mozambik ini yaitu suaranya yang ngeroll, suaranya yang merdu, dan juga volumenya yang terdengar dengan cukup lantang.

Sebab memiliki postur tubuh yang mungil dan kurang lebih hanya sekitar 11-14cm saja. Burung mozambik ini biasanya akan dikembangbiakkan dan juga diternakan di alam yang terbuka.

Jika anda mengembangbiakkan burung mozambik ini, biasanya mampu membuahkan 3 sampai dengan 5 butir telur tiap-tiap kali menetas.

Persebaran Burung Mozambik

Persebaran Burung Mozambik
Persebaran Burung Mozambik

Burung ini ternyata telah menyebar luas di seluruh wilayah dunia akibat perubahan dan juga perdagangan. Sebab mempunyai kualitas suara yang banyak digemari oleh para kicau mania.

Dan juga banyaknya penangkaran akan menjadikan burung mozambik ini juga mempengaruhi wilayah penyebarannya. Burung mozambik juga sangat cocok untuk dijadikan pemaster atau guru vocal handal untuk burung peliharaan anda.

Bisa juga dijadikan penghuni rumah supaya bisa selalu bebas dari suasana yang sepi. Karena burung yang bertubuh kecil & mungil ini pada saat telah dewasa dalam hari harinya akan sangat rajin berkicau atau selalu aktif dalam berkicau.

Akan tetapi dibalik kesemua itu harus melakukan berbagai macam perawatan yang benar. Tujuannya agar burung mozambik yang anda miliki menjadi gacor dan bisa aktif berkicau.

Dulunya, burung mozambik ini memang sangat populer dan menjadi burung idola seluruh penggemar burung. Namun saat ini, sama halnya seperti burung hwamei dan burung robin yang ketenarannya tmenjadi semakin menurun.

Meskipun di dalam diri burung ini memiliki banyak kelebihan terlebih lagi ketika berkicau, namun sekarang ini burung ini sulit dijumpai. Sebab populasinya terus menurun.

Namun beruntungnya saat ini masih banyak para peternak yang mengembangbiakkan burung ini. Cara ini bisa menjadi penyelamat sebab masih membudidayakannya. Bahkan banyak juga yang bisa melakukan kawin silang dengan burung-burung lain.

Misalnya seperti blackthroat, kenari, dan juga jenis burung finch yang lainnya. Dengan menernakkan burung mozambik ini, bisa dijadikan sebagai penyelamat agar tidak terjadi kepunahan.

Sama halnya dengan burung kenari, burung mozambik benar-benar suka dengan sayuran, biji-bijian, dan juga suka dengan buah-buahan. Burung ini juga suka dengan pakan tambahan lainnya seperti kroto, telur puyuh, ulat hongkong, dan lain lainnya.

Tinggalkan Komentar