Mengetahui Jenis Mutasi Lovebird Biola Yang Baru

Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang terkenal memiliki kicauan yang indah dan juga memiliki warna yang cantik dan bervariasi. Burung cantik ini memang banyak dicari, baik itu untuk kategori lomba maupun untuk mutasi warna.

Hal itu bisa kita lihat dari banyaknya jumlah para penangkar burung lovebird yang berangsur-angsur menjadi berpindah berfokus pada burung lovebird kelas tinggi seperti halnya jenis lovebird biola maupun yang juga dikenal dengan julukan lovebird opaline.

Jenis Mutasi Lovebird Biola

Jenis Mutasi Lovebird Biola
pamankicau.com

Hingga sampai sekarang ini, jenis mutasi lovebird biola mulai beragam. Sebab, untuk hasil mutasi genetik antara biola dengan genetik lovebird lain. Dengan demikian bisa menghasilkan mutasi baru yang jauh lebih cantik dari mutasi dasar lovebird biola. Berikut ini adalah jenis lovebird biola hasil mutasi genentik yang bisa anda ketahui.

1. Lovebird Biola Green

Lovebird Biola Green ini juga sering dijuluki dengan Lovebird Biola Standar atau Lovebird Green Opaline. Ciri khas dari lovebird ini yaitu memiliki warna dominan hijau. Kemudian untuk bagian sayap seperti ada motif batik, serta memiliki kepala sable yang berwarna merah cerah maupun warna orange.

2. Lovebird Biola Biru

Jenis mutasi Lovebird Biola selanjutnya yaitu Lovebird Biola Biru. Dan ini merupakan hasil mutasi lovebird biola dari warna dasar green, jenis biola ini pada umumnya juga diberi nama Lovebird Blue Opaline. Lovebird ini memiliki warna yang sangat cantik.

Lovebird ini memiliki ciri berwarna biru dengan kepala warna putih sable head atau kepala elang. Sehingga, jika dilihat sekilas kepala Lovebird Biola Biru tampak mirip elang dengan warna putih bersih full hingga pada sebatas leher.

3. Lovebird Biola Parblue

Mutasi lovebird Biola Parblue juga termasuk hasil mutasi dari lovebird biola green x parblue. Apabila anda ingin memiliki anakan Lovebird Biola Parblue, caranya mudah namun belum tentu berhasil.

Untuk mencetak Lovebird Biola Parblue yaitu Lovebird Biola Blue Posible Parblue dikawinkan dengan Lovebird Parblue Pastel yang indukan betina.

4. Lovebird Biola Euwing

Mutasi lovebird Biola Euwing juga gampang diketahui. Sebab, dapat diamati dari sayapnya pada bagian belakang yang bentuknya seperti huruf V. Anda bisa melihat corak huruf V di bagian punggung Lovebird itu. Oleh sebab itu, Lovebird ini disebut dengan Lovebird Biola Euwing.

5. Lovebird Biola Lutino

Lovebird Biola Lutino
youtube.com

Jenis mutasi lovebird Biola selanjutnya yaitu jenis Lovebird Biola Lutino. Jenis ini punya warna kuning bersih di bagian leher hingga ke bawah tubuhnya. Lalu, untuk warna kepalanya merah agak orange dengan bentuk sable maupun kepala elang. Kemudian, pada bagian ujung sayap memiliki warna yang agak keputihan dan ujung ekornya ada gradasi warna kuning serta warna orange kemerahan.

6. Lovebird Biola Edge

Mutasi Lovebird biola edge merupakan jenis mutasi lovebird biola yang disebabkan oleh pengurangan parsial pigmen melanin yang ada di bagian bulu. Dengan demikian, menciptakan warna yang lebih pudar jika dibandingkan yang normalnya, dan membentuk corak tritis pada bulu pada daerah mantle (punggung dan juga pada bagian sayap).

7. Lovebird Biola Fallow

Mutasi Lovebird Biola Fallow jika dilihat juga mirip sekali dengan Lovebird Lutino. Akan tetapi, untuk ciri fisik yang membedakan keduanya, yaitu warna merah atau orange pada bagian kepala lebih melebar sampai dengan pada bagian dada. Selanjutnya untuk bagian bulu kuningnya masih ada semburat warna hijau, meskipun tidak begitu jelas.

Tinggalkan Komentar