Mengetahui Jenis Burung Kenari Frill dan Ciri Khasnya

Burung kenari adalah jenis burung kicaun yang banyak dipelihara karna keindahan warna bulunya dan juga karena suaranya yang unik dan merdu. Jenis burung kenari memang ada bermacam macam.

Salah satu jenis burung kenari yang unik yaitu kenari frill. Burung Kenari Frill termasuk jenis jenis kenari yang sangat unik dan pastinya berbeda dari kenari lainnya.

Ciri Burung Kenari Frill

Ciri Burung Kenari Frill
Ciri Burung Kenari Frill

Keunikan pada kenari ini yaitu berada di bagian bulunya yang bergelombang dan dikenal dengan 3 istilah yaitu Mantle, Jabot, dan Fin.

Mantle adalah bulu dari jenis burung kenari Frill yang berada di sekitar punggung tepatnya membentuk garis lurus maupun secara simetris tampak membelah pada bagian punggung.

Kemudian Jabot merupakan istilah dari bulu yang berada pada bagian dada, bulunya tampak menggulung dan juga merombak ke dalam.

Jabot di burung kenari Frill ini pasti ada di tiap sisi dada, selanjutnya membentuk kerutan sampai bertemu pada bagian tengah seperti halnya bentuk kerang yang menutup.

Dan Fin juga termasuk bulu-bulu pada kenari Frill yang terdapat pada sekitar paha menuju ke bagian sayap. Untuk ukiran bulu Fin ini lebih panjang. Jadi terlihat seperti bergelombang.

Keindahan burung ini membuat penggemar kenari menjadi lebih tertarik serta berminat untuk mendapatkannya. Suara yang dihasilkan burung ini juga lain dengan jenis burung kenari yang lainnya.

Jenis Burung Kenari Frill

Jenis Burung Kenari Frill
Jenis Burung Kenari Frill

Jenis burung kenari ini model fisiknya cukup besar, jadi bisa dipastikan suaranya cukup lantang dan jelas. Selanjutnya dengan warna yang memukau, maka bisa lebih menjadikan kenari ini unggul pada tampilan yang sangat istimewa. Berikut jenis burung kenari frill yang harus anda ketahui.

Kenari Parisian Frill

Jenis burung kenari frill yang pertama adalah Kenari Parisian Frill, atau juga dikenal sebagai Kenari Paris (Parisian Frilled Canary). Burung ini merupakan satu dari jenis Kenari yang menghasilkan banyak sekali keturunan terbesar di dunia.

Bentuk fisik dari burung Parisian Frilled Canary ini memang sangat indah jika dibandingkan jenis yang lainnya. Sebabk, sebagian besar bulu yang menutupi tubuh burung Kenari Parisian Frill ini tampak berjumbai. Termasuk juga helm yang ada di bagian kepala, dan juga sebuah cap yang terdapat pada bagian dahinya.

Tak hanya itu sja, postur tubuhnya juga dinilai paling besar, yaitu dengan panjang kurang lebih sekitar 20 sampai dengan 23 cm.

Kenari paris juga mempunyai bulu-bulu yang ikal ataupada bagian keriting. Hanya bulu sayap dan ekornya saja yang tidak keriting. Panjang ekornya pun juga dapat mencapai sepanjang 12 cm.

Keunikan jenis burung kenari ini juga ditampakkan dengan bagian jari-jari kakinya juga bisa diputar-putar. Sebab posturnya yang besar dan memiliki banyak keunikan.

Parisian Frill ini juga sebagai kenari favorit yang banyak dipelihara untuk bisa dikonteskan. Sebab burung kenari paris juga mempunyai produktivitas tinggi untuk dijadiakan sebagai burung indukan.

Northern Dutch Frilled Canary

Northern Dutch Frilled Canary juga termasuk salah satu jenis kenari dari hasil persilangan Kenari Frill. Burung Northern Durtch Frilled Canary merupakan jenis Kenari yang dikembangkan di Negara Belanda bagian utara pada waktu abad ke-18.

Untuk jenis Kenari Frill sebenarnya juga bermacam macam. Kemudian masing-masing dibedakan berdasarkan tempat pengembangbiakannya. Ukuran dari Northern Dutch Frilled Canary memang cukup panjang, yakni kurang lebih sekitar 20 cm.

Kenari Frill yang berasal belanda ini mudah sekali untuk ditangkarkan/dipelihara. Sebab jenis burung ini punya ketahanan tubuh yang kuat, dan tidak mudah stress.

Tinggalkan Komentar