Mengetahui Ciri Khas Burung Paok Sayap Biru dan Daerah Persebarannya

Burung Paok Sayap Biru merupakan salah satu jenis burung kicauan yang mungkin dinilai sudah tidak asing lagi untuk kalangan masyarakat yang ada di Indonesia.

Kepopuleran jenis burung ini tidak disebabkan jenis burung ini diikutkan. Namun disebabkan karena suara kicauannya di alam liar tyang erdengar sangat merdu dan memiliki suara yang lain jika dibandingkan dengan kicauan burung yang lainnya.

Burung Paok Sayap Biru (Pitta Moluccensis) ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya di dalam kesehariannya.

Daerah Persebaran dan Habitat Paok Sayap Biru

hbw.com

Adanya burung Paok Sayap Biru di Indonesia ini bisa ditemui di hutan yang ada di Sumatera, Kalimantan. Selain itu juga hutan yang ada di kepulauan Natuna. Namun, untuk yang di luar negeri burung ini tersebar di negara Cina, India tenggara, Malaysia serta ada di beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Kebiasaan dari jenis burung ini yaitu melakukan migrasi pada waktu musim dingin tiba. Selain itu burung ini juga akan melakukan perjalanan jauh ke daratan Asia Tenggara termasuk Indonesia guna mencari makan serta melakukan proses perkembangbiakan.

Ciri Khas Burung Paok Sayap Biru

Untuk ciri khas burung Paok Sayap Biru ini salah satunya yiatu mempunyai tubuh yang gemuk dan ukuran tubuhnya kurang lebih sekitar 18 cm.

Bulunya berwarna-warni, yaitu dengan warna sayapnya yang terlihat biru laut berbercak putih yang ada pada ujung sayapnya. Ciri khas burung Paok Sayap Biru selanjutnya yaitu pada bagian alisnya berwarna coklat pucat.

Selanjutnya ada warna hijau di bagian punggung dan pada bagian dadanya melekat warna merah karat. Lalu, pada bagian paruhnya berwarna hitam, iris matanya juga berwarna coklat.

Ciri khas burung Paok Sayap Biru selanjutnya yaitu pada bagian kakinya terlihat warna coklat pucat. Dan yang paling menarik lagi yaitu pada corak kicauannya yang terlihat khas dan lain dengan burung kicauan yang lainnya.

Suara Burung Paok Sayap Biru

Suara yang dikeluarkan oleh jenis burung ini memang terdengar keras dengan berbunyi “pu-wiu, pu-wiu” . Selanjutnya untuk nada kicauannya juga bunyinya semakin dikeraskannya.

Di mata orang yang ada di Indonesia, burung paok sayap biru ini memang dikenal sebagai burung kicauan yang memiliki suara khas yang terdengar melengking keras.

Burung ini tidak diikutkan dalam acara perlombaan karena burung Paok Sayap Biru memang merupakan jenis burung migrasi yang mungkin memiliki sifat atau karakter sangar. Sehingga dirasa sulit untuk dijinakkan oleh manusia, terlebih lagi untuk ditangkarkan.

Perilaku Burung Paok Sayap Biru Di Alam Liar


Shutterstock.com

Jenis burung migrasi ini memang diketahui memiliki perilaku yaitu suka hidup pada semak-semak yang ada di hutan sekunder dan mangrove yang memang lokasinya tak pernah jauh dari wilayah pantai.

Burung ini juga memiliki kebiasaan yang suka membangun sangkar dengan bentuk bola yang ada di tempat-tempat yang banyak terdapat air. Yaitu dengan cara meletakkan sangkarnya yang terdapat di bagian akar-akar pohon.

Sedangkan untuk akar-akar pohon, rumput, lumut, serta daun adalah bahan-bahan yang dimanfaatkannya dalam menyusun sarangnya. Jenis makanan yang sering dimakannya yaitu berupa siput, cacing, dan juga aneka ragam serangga kecil.

Burung ini akan berburu dan mencari makan pada saat siang hari dan malam hari dihabiskan untuk istirahat. Jika pada aktu musim kawin tiba, untuk burung Paok Sayap Biru ini bisa bertelur hingga jumlah 4 butir dengan.

Telur yang dihasilkan ciri-cirinya yaitu berwarna putih krem. Lama pengeraman telur yang dihasilkannya yaitu antara 15-17 hari.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar