Mengetahui Ciri Khas Burung Hoatzin Si Pemakan Daun

Hoatzin (Opisthocomus hoazin) merupakan jenis burung nasional Guyana. Guyana terdapat di benua Amerika yang bertepat di Amerika Selatan. Ciri khas burung Hoatzin pada umumnya berwarna cokelat atau berwarna hitam seperti halnya Cracidae.

Hoatzin yang masih muda mempunyai cakar di bagian sayapnya, yang dengan organ itu ia bisa memanjat. Bagian cakar tersebut tidak menandakan kedekatan kekeluargaan dengan Archaeopteryx atau bentuk cakar yang lebih lama.

Opisthocomus hoazin juga termasuk salah satu spesies burung tropis yang bisa ditemukan di daerah rawa-rawa, sungai dan juga di hutan mangrove. Yaitu mulai dari Amazon dan Orinoco delta yang ada di Amerika Selatan.

Ciri Khas Burung Hoatzin

Mengetahui Ciri Khas Burung Hoatzin Si Pemakan Daun
hbw.com

Ciri khas burung Hoatzin ini ukurannya kurang lebih sekitar 65 sentimeter, dengan leher panjang dan kepala kecil. Tubuhnya berwarna cokelat dan memiliki wajah biru dengan mata marun.

Selain itu, di bagian kepala atas tampak runcing dan berwarna karat. Sedangkan untuk bagian ekor jelaga-cokelat panjang.

Hoatzin juga mempunyai kepala kecil dengan wajah biru terang, mata yang warnanya merah, dan bagian atas kepala dihiasi jambul berwarna coklat.

Burung ini memiliki satu species saja. Untuk perbandingan, pheasants (burung pegar) itu memiliki 11 genus dan 35 spesies, mulai dari Silver Pheasant, Golden Pheasant, sampai dengan spesies ke 35.

Suara Burung Hoatzin

Hoatzin juga merupakan jenis burung yang berisik, sebab burung ini memiliki suara panggilan, termasuk keluhan, mendesis dan juga suara dengusan.

Panggilan burung ini juga sering dihubung-hubungkan dengan gerakan tubuh seperti sayap yang menyebar. Panggilan ini dimanfaatkan untuk mempertahankan kontak antara individu dalam kelompok.

Selain itu juga digunakan untuk memperingatkan dari ancaman serta penyusup dan oleh anak burung yang minta makanan.

Ciri khas burung Hoatzin yang baru menetas yaitu memiliki cakar pada ibu jari dan jari telunjuk dan dimanfaatkan untuk memanjat di cabang-cabang pohon dengan ketangkasan yang besar. Hingga pada sayap cukup kuat untuk mempertahankan dalam penerbangan.

Daerah Persebaran Burung Hoatzin

Daerah Persebaran Burung Hoatzin
ross.no

Burung Hoatzin ini tidak hanya dapat ditemukan di Guyana, namun juga bisa dijumpai di negara-negara yang telah dilintasi oleh sungai Amazon.

Diantaranya seperti halnya Brazil, Venezuela, Colombia, Peru dan juga bisa dijumpai di Ekuador. Burung pemakan daun ini hidup berkelompok, dan biasanya suka bertengger di atas cabang pohon di tepi rawa atau sungai.

Hubungan kekerabatan antara burung Hoatzin dengan jenis burung lain disimpulkan bahwa bahwa burung Hoatin sendiri pernah dikelompokkan sebagai golongan pheasant, cuckoos, dan terakhir juga digolongkan pada jenis doves (merpati).

Makanan Utama Burung Hoatzin

Hoatzin termasuk jenis hewan herbivora. Burung ini suka makan aneka macam daun dan juga beraneka ragam buah-buahan. Hoatzin juga memiliki sistem pencernaan mirip dengan sistem pencernaan dari mamalia ruminansia.

Hoatzin juga mempunyai lambung khusus yang terdapat bakteri yang disitu bisa untuk membantu memecah selulosa dan mencerna makanan (sistem pencernaan bisaa dikatakan mirip dengan sapi).

Bahkan untuk pencernaan bisa memakan waktu selama berjam-jam. Sebab untuk makanan yang menumpuk serta berfermentasi pada bagian lambung mereka dalam waktu yang lama, aroma burung ini tidak enak. Maka dari itu burung ini sering disebut dengan Stink Bird.

Lambung burung Hoatzin ini memang besar dan berat (mencapai seperempat berat dari berat burung). Inilah yang mengakibatkanburung ini sulit terbang.

Hoatzin juga tidak dapat terbang tinggi, jauh, dan dalam waktu yang lama. Mereka hanya bisa terbang maksimal kurang lebih sekitar 100 meter dari satu pohon selanjutnya jatuh di pohon lainnya.

Tinggalkan Komentar