Mengetahui Ciri Khas Burung Cucak Wilis dan Perawatannya

Burung cucak wilis adalah salah satu jenis burung kicauan yang merupakan endemik dari Indonesia. Ciri khas burung cucak wilis ini bisa anda amati dari suaranya yang terdengar cukup riuh.

Burung cucak wilis (Pycnonotus bimaculatus) adalah jenis burung kicauan yang mana di beberapa daerah disebut dengan nama cucak gunung, burung cucak rante, dan cucak rengganis. Kemudian apabila di dalam bahasa inggris burung cucak wilis ini bisa disebut dengan nama orange-spotted bulbul.

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Cucak Wilis

Burung cucak wilis ini merupakan salah satu jenis burung endemik yang hanya ada di Indonesia. Yang mana daerah persebarannya terdapat di Sumatra, Jawa, sampai dengan Bali.

Ketika di habitatnya atau saat berada di alam liar pada umumnya burung cucak wilis ini berada di areal pegunungan dengan ketinggian, yang mana mencapai 3000 meter di atas permukaan laut.

Ciri Khas Burung Cucak Wilis
kicauindah.com

Tak hanya itu saja, kebiasan dari burung ini yaitu gemar beraktivitas sendiri ketika berburu. Meskipun burung cucak wilis ini terkadang juga hidup dengan kawanannya.

Kemudian untuk pakan burung cucak wilis ini ternyata gemar sekali memakan beraneka macam serangga dan juga memakan aneka buah-buahan yang bertebaran di hutan belantara.

Ciri Khas Burung Cucak Wilis

Ciri khas burung cucak wilis yang bisa anda ketahui yaitu burung ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar , antara lain yakni mencapai 20 cm. Kemudian untuk warna bulunya cukup cantik jika dipandang mata.

Sebab, di dalam burung ini terdapat beberapa warna yang menghiasi bulunya seperti warna coklat kehitaman yang disapu dengan campuran warna hijau zaitun yang ada di bagian punggung tubuhnya.

Lalu untuk warna hitam kecoklatan juga terlihat di bagian dagu, tenggorokan, dan juga di bagian dadanya. Ciri khas burung cucak wilis selanjutnya yaitu di bagian perutnya tampak berwarna putih keabuan.

Sedangkan di bagian tunggir dekat pangkal ekornya terlihat berwarna kuning, kepalanya berwarna coklat yang mana ada bentuk jambulnya. Sedangkan untuk bagian kedua belah pipinya tampak dengan warna kuning.

Lalu untuk bagian paruhnya tidak begitu panjang serta terlihat berwarna hitam. Kemudian pada bagian ekornya memiliki warna coklat kehitaman dan ukurannya cukup panjang.

Perawatan Burung Cucak Wilis

Burung Cucak Wilis
youtube.com

Burung cucak wilis ini bisa anda pelihara dan dirawat dengan cukup mudah. Dalam perawatannya, sebaiknya makanan burung ini anda bisa berikan pakan buah-buahan. Diantaranya yaitu buah pisang kepok, pepaya, atau mangga.

Cucak wilis ini dalam kesehariannya juga gemar mandi, dengan begitu biarkan burung ini mandi sendiri atau semprot menggunakan sprayer sampai seluruh bulunya basah.

Kemudian untuk melatihnya supaya terbiasa mengkonsumsi voer dengan perlahan-lahan, bisa dipadukan dengan mencampurkan voer bersamaan buah-buahan maupun dengan serangga yang pada umumnya dimakannya.

Anda bisa memberikan buah yang dicampur bersama voer dalam waktu selama satu minggu. Kemudian apabila telah menunjukkan tanda-tanda burung tersebut mau mengkonsumsi voer tanpa buah-buahan, sesudah itu bisa cukup diberikan voer saja.

Kicauan Burung Cucak Wilis

Ciri khas burung cucak wilis dari segi suaranya yaitu memiliki irama kicauan yang cepat, ropel, dan ngerol dengan bunyi nada “ciulkkk…ciulkkk…ciulkkk”.

Selain itu, burung ini juga memiliki nada cyang ukup keras dan juga terdengar agak kasar. Bahkan burung ini juga bisa menghapalkan berbagai jenis kicauan burung ocehan lain. Ciri khas burung cucak wilis dengan suaranya yang ropel bisa anda dapatkan jika anda mampu merawatnya dengan sebaik mungkin.

Tinggalkan Komentar