Mengetahui Ciri Khas Burung Cucak Bersisik dan Habitatnya

Perlu anda ketahui jika burung yang berasal dari keluarga burung cucak-cucakan sudah populer dengan jenis burung kicauan yang memiliki suara yang merdu.

Kemudian untuk warna bulunya juga bisa dikatakan terbilang cantik. Selain itu banyak para pencinta burung kicauan yang memelihara burung yang asalnya dari spesies cucak-cucakan.

Pada umumnya memelihara burung jenis ini untuk diikutkan dalam perlombaan ataupun hanya untuk dijadikan burung peliharaan di rumah saja.

Akan tetapi, biasanya jenis burung cucak-cucakan yang dikenal luas oleh masyarakat hanya beberapa saja.

Diantaranya yaitu seperti burung cucak ijo, cucak kurincang, cucak jenggot, danjuga burung kutilang.

Perlu anda tau jika jenis burung cucak-cucakan sebenarnya ada sejumlah 100 spesies yang tersebar di seluruh dunia

Untuk berikut ini akan diulas mengenai ciri khas burung cucak bersisik.

Daerah Persebaran dan Habitat Cucak Bersisik

Burung Cucak Bersisik
burungocehan.link

Burung cucak bersisik yaitu jenis burung cucak yang keberadaannya terbatas hanya di beberapa negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Habitat burung cucak bersisik ini tidaklah banyak, yaitu hanya terdapat di negara Malaysia, Thailand, Myanmar, dan juga di Indonesia.

Sedangkan apabila di Indonesia, wilayah yang ditinggali oleh spesies burung cucak-cukakan ini pun juga hanya ada beberapa wilayah. Diantaranya seperti Jawa, Sumatera, dan juga di Kalimantan.

Ketika burung ini sedang berada di alam liar, pada umumnya burung cucak bersisik ini hidup di dataran rendah sampai dengan di dataran sedang dengan ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut.

Ciri Khas Burung Cucak Bersisik

Ciri Khas Burung Cucak Bersisik
pet-cockatiel.com

Ciri khas burung cucak bersisik ini diantaranya terlihat dari ukuran fisiknya yang hanya sekitar 16 cm saja.

Sedangkan tubuh bagian atasnya dari mulai dari sayap serta bagian punggungnya memiliki warna kuning keemasan yang tampak begitu kehitaman.

Untuk ciri khas burung cucak bersisik pada bagian tenggorokan, dagu, serta bagian tubuh bagian bawah dekat ekornya berwarna putih terang.

Dada dan perutnya sebagian besar dipenuhi warna hitam putih seperti sisik. Ada juga warna hitam pekat di bagian atas kepala, permukaan atas ekornya, serta di bagian ujung sayapnya.

Kemudian untuk karakter atau sifatnya tergolong menjadi jenis burung pemalu yang jarang terlihat.

Burung cucak yang memiliki motif bulu seperti sisik ini lebih memilih bersembunyi dibalik rimbunnya daun pohon dengan mengeluarkan kicauannya.

Populasi Burung Cucak Bersisik

Sewaktu di alam liar biasanya burung Cucak Bersisik akan membentuk kawanan kecil untuk mencari makanan berupa buah-buahan kecil dan serangga yang di pepohonan dan tanah.

Keberadaan burung Cucak Bersisik yang sangat terbatas hanya ada di beberapa saja membuat populasi sudah mendekati keterancaman punah.

Ancaman tersebut datang dari hutan yang ditinggali banyak yang sudah dialihfungsikan menjadi perkebunan dan perumahan untuk masyarakat.

Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh pada jumlah populasinya yang semakin berkurang.

Sebab, tidak ada lagi hutan yang dijadikan untuk tempat tinggalnya. Terlebih lagi, pada umumnya burung yang terbatas penyebarannya ini merupakan jenis burung penetap yang jarak jelajahnya sangat terbatas.

Dengan demikian, jika hutan yang ditinggalinya rusak, amak bisa membuat burung cucak bersisik ini stres dan mati.

Kicauan Burung Cucak Bersisik

Ciri khas burung cucak bersisik (Pycnonotus Squamatus) dari segi kicauannya yaitu punya suara kicauan yang cukup indah.

Sebab burung ini mengeluarkan variasi suara. Kicauannya juga terdengar sangat rapat dengan tempo lagu yang cukup cepat.

Ciri khas burung cucak bersisik yang kicauannya bervariasi ini menjadikan burung ini cocok untuk dijadikan masteran jenis burung kicauan yang lainnya.

Tinggalkan Komentar