Home » Kabar Burung » Mengetahui Ciri Khas Burung Buah Jambul Endemik Papua

Mengetahui Ciri Khas Burung Buah Jambul Endemik Papua

Salah satu jenis burung yang ada di alam liar dan mungkin belum banyak dikenal di kalangan pecinta burung yaitu burung Jambul Buah. Untuk burung Buah Jambul ini ternyata masih tergolong burung liar dan juga belum biasa dijadikan sebagai burung peliharaan.

Tak hanya itu saja, daerah persebarannya burung Buah Jambul ini juga sangat terbatas yang hanya terdapat di Pulau Papua dan sekitarnya saja. Meskipun begitu, kita tetap harus mengenalnya. Karena, corak warna bulunya terlihat cukup bervariasi yang tampak mencolok dan juga indah.

Daerah Persebaran Burung Buah Jambul (Paramythia Montium)

flickr.com

Perlu anda ketahui, jika burung Buah Jambul ini termasuk salah satu dari delapan jenis burung-buah yang asalnya dari keluarga Dicaeidae. Untuk daerah persebarannya yaitu diketahui hanya terdapat di tanah Papua.

Diantaranya yaitu berada di Pegunungan Weyland, Pegunungan Snow, area Gunung Wilhelmina, Gunung Jayawijaya, dan juga ada di sekitar lereng pegunungan Snow, area sekitar Pegunungan Star, serta di bagian semenanjung Huon.

Meskipun area persebaran burung ini hanya terbatas di Pulau Papua saja, akan tetapi jumlah sub-spesiesnya juga terbilang cukup banyak yang mencapai empat jenis.

Habitat dan Perilakunya di Alam Liar

Kemudian, pada saat berada di alam liar pada umumnya burung yang bernama latin Paramythia Montium ini hanya tersebar di area perbukitan serta di area pegunungan dengan ketinggian maksimal mencapai 2500 meter di atas permukaan laut.

Untuk wilayahnya yang ada di alam liar yang menjadi habitatnya pun juga diketahui banyak tersebar di bagian hutan sub alpin, hutan terbuka, semak belukar, serta hutan sekunder yang cukup jarang dilintasi oleh orang-orang.

Kebiasaannya pada saat burung endemik Papua ini mencari makanan yaitu kerap bergerak secara berpasangan. Jenis burung ini terkadang juga membentuk kelompok kecil dengan bertengger di atas pohon, terkadang juga turun di wilayah permukaan tanah.

Tak hanya itu saja, jenis makanan yang rutin dimakannya juga hanya berupa buah-buahan dan juga berbagai macam jenis biji-bijian saja.

Ciri Khas Burung Buah Jambul

pinterest.com

Sedangkan untuk ciri khas burung Buah jambul ini diantaranya memiliki panjang yang tidak jauh berbeda dari jenis burung kicauan yang lainnya, yaitu sekitar 20 cm saja.

Ciri khas burung Buah Jambul selanjutnya yaitu memiliki corak warna bulunya yang terlihat sangat indah yang terdiri dari hitam pekat, putih, hijau tua, kuning, dan ada juga warna biru tua.

Warna hitam yang ada pada tubuh burung ini jelas menutupi bagian jambul mahkota kepala. Kemudian juga ada di sisi depan wajah dekat paruh, tenggorokan serta di bagian dadanya.

Ciri khas burung Buah Jambul selanjutnya yaitu adanya warna putih hanya terdapat dibagian atas kepala hingga pada bagian tengkuk. Lalu untuk warna hijau tua terlihat pada bagian punggung, sayap, dan juga ada sedikit di bagian sisi bawah dekat perutnya.

Warna kuning juga tampak pada sisi bawah sayap dan tunggirnya. Selanjutnya untuk warna biru tua ada pada bagian sisi wajah, pangkal punggung, perut, dan juga di bagian ekornya.

Lalu untuk bagian paruhnya terlihat berwarna hitam pekat dengan ukuran sedang dan terlihat agak tebal. Bagian matanya yang berwarna hitam kecokelatan tua yang sedang dengan sorot yang cukup tajam.

Lalu. Di bagian atas kepalanya juga ada jambul berukuran agak panjang yang dapat ditegakkannya. Ekornya yang berwarna kebiruan tua juga memiliki ukuran yang agak panjang dan terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar.

Kemudian pada bagian kakinya yang berwarna kecokelatan tua berukuran sedang dengan cakar yang tajam.

Tinggalkan Komentar