Mengetahui Ciri Khas Burung Brinji Gunung dan Habitatnya

Mungkin para pecinta burung kicauan masih banyak yang belum mengenali ciri khas burung brinji gunung dan habitatnya. Sebab, burung ini jarang terdengar dilombakan atau dipelihara banyak orang di rumahnya.

Kemudian, untuk daerah persebaran dari jenis burung brinji ini pun juga hanya terbatas ada di wilayah hutan Indonesia. Jadi, burung brinji gunung ini disebut dengan burung endemik.

Akan tetapi, untuk suara kicauan yang dimilikinya juga terdengar cukup merdu, bahkan juga tidak kalah dengan jenis burung ocehan yang sudah umum kita kenal. Berikut ini akan dibahas mengenai habitat dan ciri khas burung brinji gunung.

Habitat Burung Brinji Gunung

Burung adalah salah satu jenis burung kicauan yang mendiami area pegunungan yang memiliki ketinggian kurang lebih antara 850 hingga 2400 meter di atas permukaan laut. Untuk wilayah yang ada di kawasan Indonesia yang dijadikan sebagai tempatnya tinggal yaitu tersebar mulai dari Sumatera bagian barat dan juga di Jawa.

Area hutan yang kerap dijadikan sebagai habitatnya yaitu berada di sekitaran kaki gunung dan zona alpin hutan kerangas, sebab kawasan tersebut yang masih banyak ditumbuhi pepohonannya. Habitat burung brinji gunung yang jauh di area pegunungan inilah yang mengakibatkan orang-orang banyak yang tidak mengenalinya.

Ciri Khas Burung Brinji Gunung

Ciri Khas Burung Brinji Gunung
pratapapa81.wordpress.com

Ciri khas burung brinji gunung (Ixos Virescens) merupakan jenis burung yang badannya tergolong agak besar. Yaitu dengan panjang kurang lebih sekitar 20 cm.

Untuk corak warna bulunya juga terdiri dari warna hijau zaitun, putih kusam, hitam, abu-abu, dan juga terdapat warna abu-abu kehijauan zaitun. Warna hijau zaitun juga terlihat menutupi area atas bagian tubuhnya seperti tengkuk, punggung, sayap, dan bagian ekornya.

Sedangkan untuk warna putih kusam yang ada campurannya warna hitam membentuk corak burik yang ada pada bagian bawah tubuhnya. Yang meliputi area tenggorokan, dada, perut, serta pada bagian tunggirnya.

Kemudian warna abu-abu juga tampak hanya menutupi bagian mahkota kepalanya saja. Selain itu, ciri khas burung brinji gunung selanjutnya yaitu adanya warna abu-abu kehijauan zaitun yang ada di sekitaran area pipi maupun pada bagian wajahnya.

Ciri khas burung brinji yang lainnya yaitu pada bagian badannya yang tampak agak bulat. Dengan bulu-bulu lebat di sekitaran leher serta bagian dadanya. Lalu untuk bagian paruhnya yang berwarna hitam berukuran sedang dan berbentuk runcing.

Ciri khas burung brinji gunung untuk bagian ekornya yaitu memiliki hijau zaitun yang ukurannya lumayan panjang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang terlihat sedikit lebar. Bagian kakinya berwarna hitam pekat yang memiliki ukuran sedang serta terlihat kurus.

Kebiasaan Hidup Brinji Gunung

Kebiasaan Hidup Brinji Gunung
orientalbirdimages.org

Ketika burung brinji gunung ini sedang berada di alam liar, dia kerap bertengger di tajuk pohon yang cukup tinggi. Kemudian juga ketika burung ini ingin mencari makanannya. Burung ini kerap terlihat secara berkelompok ataupun bergabung bersama jenis burung lain.

Untuk jenis makanan yang dijadikan sebagai makanan hariannya yaitu berupa serangga kecil dan buah-buahan. Sarang yang dibangunnya ketika memasuki musim kawin yaitu punya bentuk mirip cawan yang letaknya tidak jauh dari tanah.

Dan ketika berkembangbiak yang dijalaninya pun juga berlangsung kurang lebih sekitar bulan April dan Mei. Dan dengan jumlah telur yang dierami indukan yaitu antara dua butir.

Kicauan Brinji Gunung

Sedangkan untuk ciri khas burung brinji gunung jika dilihat dari kicauannya yaitu terdengar lumayan nyaring dan agak melengking. Volume suaranya juga agak tinggi tapi tidak sampai memekikkan telinga.

Tinggalkan Komentar