Home » Kabar Burung » Mengetahui Cara Memahami Bahasa Badan Lovebird

Mengetahui Cara Memahami Bahasa Badan Lovebird

Lovebird adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang memliki bentuk fisik yang unik dan juga suara yang merdu.

Perlu anda ketahui jika Lovebird memiliki bahasa tubuh (body language) yang berbeda sesuai dengan “mood”-nya. Misalnya saja seperti rasa kesal, takut, marah, ceria, kesakitan, sebetulnya rasa tersebut akan diungkapkan melalui bahasa tubuh atau gerak-geriknya.

Memahami Bahasa Badan Lovebird

wkj19.blogspot.com

Memahami bahasa badan Lovebird sangat perlu diketahui, terlebih lagi untuk anda yang memlihara burung paruh bengkok ini.

Dengan mengetahuinya, kita akan mengetahui apa yang burung kita butuhkan dan inginkan. Jadi apa yang diinginkan oleh burung peliharaan kita sanggup kita tafsirkan. Diantaranya mulai dari perubahan suara, gerakan sayap, ekor, paruh, serta bab tubuh yang lainnya.

Suara

Burung berkicau terkadang juga lain dengan bunyinya, sesuai dengan apa yang dipergunakan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Atau digunakan untuk menunjukkan tanda bahaya, kesakitan, maupun untuk kontak sosial dengan sesama burung lain.

Burung bersiul dan juga berkicau normal merupakan tanda tanda jika burung Lovebird yang anda pelihara sedang ceria dan sehat.

Sedangkan untuk burung yang bergumam pelan adalah tanda-tanda jika burung sedang berguru berkicau maupun sedang tidur santai (khususnya pada saat tidur siang).

Burung yang memekik sangat nyaring merupakan tanda ancaman ancaman maupun sedang kesakitan (misalkan pada saat saling gigit).

Sayap

Memahami bahasa badan Lovebird juga bisa dilihat dari bagian sayapnya. Terkadang sayap juga tidak hanya digunakan untuk terbang, namun ada fungsi yang lainnya.

Sayap yang dikepakan serta membisu ditempat (tanpa berkicau) merupakan tanda jika Lovebird peliharaan anda sedang melatih otot sayap atau mengeringkan bulunya.

Sayap yang dikepakan serta membisu ditempat (sambil berkicau) juga termasuk tanda keceriaan dan menarik lawan jenis.

Sayap yang diregangkan ke bawah sebelah dengan kaki yang ikut meregang adalah salah satu tanda burung ingin merapikan bulu sayap supaya sesuai susunannya, maupun sedang merilekskan otot sayapnya.

Apabila kedua sayapnya turun kebawah sepanjang waktu itu menandakan burung kurang fit atau burung sedang sakit.

Dan apabila kedua sayapnya turun kebawah pada saat sedang mandi merupakan tanda supaya bulunya cepat kering kembali.

Bulu

Bulu mengembang adalah tanda kondisi tubuh yang sering membisu dan mengantuk, bisa diartikan jika burung sedang sakit / tidak fit.

Jika bulunya mengembang dengan posisi mendekat dan membuka paruh, itu tanda adanya ancaman dan waspada (agresif). Khusunya pada induk betina yang sedang masa produksi.

Ekor

Jika ekornya turun-naik pada saat aktif bergerak atau ditangkap, itu tandanya nafasnya sedang cepat.

Ekor yang bergerak turun-naik tanpa ada kegiatan adalah tanda burung mengalami gangguan pernafasan atau terpapar panas yang tinggi.

Kaki dan Jemari

haip.host

Apabila bergelantung diatas dan turun-naik aktif memanjat itu adalah tanda burung sehat dan ceria.

Namun, jika kaki tidak tegak berdiri serta tidak mau bertengger, itu merupakan tanda burung itu kurang sehat.

Kaki yang terangkat sebelah pada saat tidur itu adalah hal yang normal. Sedangkan jika kaki terangkat sebelah saat tidak tidur, itu menandakan adanya luka pada kaki yg terangkat.

Paruh Serta Kepala

Paruh yang digosokkan di permukaan kasar adalah tanda burung sedang mengasah dan membersihkan paruhnya.

Jika burung tersebut menggigit pelan (jika burung jinak) merupakan tanda jika burung sedang mencari perhatian. Lalu apabila menggigit kencang, tanda burung sedang ketakutan/kesakitan/waspada.

Memahami bahasa badan Lovebird yang sedang menarik perhatian lawan jenisnya bisa anda ketahui jika burung tersebut terlihat menganggukkan kepalanya.

Tinggalkan Komentar