Mengetahui Berbagai Penyebab Burung Jalak Suren Membuka Paruh

Burung Jalak Suren adalah salah satu jenis burung jalak yang memiliki kepintaran dalam menirukan berbagai macam suara yang didengarnya. Suara kicauan dari burung ini juga terdengar cukup merdu.

Namun, terkadang burung Jalak Suren memiliki perilaku seperti sering membuka paruh dengan cukup lebar bahkan dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, anda harus tau penyebab burung Jalak Suren membuka paruh supaya bisa mengatasinya dengan mudah.

Penyebab Burung Jalak Suren Membuka Paruh

Penyebab Burung Jalak Suren Membuka Paruh
rajagantang.blogspot.com

1. Mengeluarkan Hawa Panas dari Dalam Tubuhnya

Penyebab burung Jalak Suren membuka paruh dalam jangka waktu yang agak lama yaitu dikarenakan sedang mengeluarkan hawa panas dari dalam tubuhnya.

Hal seperti ini karena, burung kicauan termasuk Jalak Suren dalam menjaga suhu tubuhnya supaya tetap dingin yaitu dengan mengeluarkan hawa panas dengan cara membuka paruhnya. Tujuan membuka paruh ini yaitu untuk menghirup udara dingin supaya dapat masuk mengisi rongga paru-parunya.

Selain itu, seluruh jenis burung tidak punya rongga pori-pori yang ada pada kulitnya untuk membuang keringat. Dengan demikian,usaha yang dilakukan burung untuk mengeluarkan suhu panas yang berlebih pada tubuhnya yaitu dengan membuka lebar-lebar paruhnya.

Lalu, penyebab Jalak Suren sampai harus mengeluarkan suhu panas berlebih pada tubuhnya dengan membuka paruhnya yaitu karena kerap dijemur lebih dari waktu yang dianjurkan, yaitu sekitar 30 menit saja.

Penyebab yang lainnya yaitu kebiasaan meletakkan sangkarnya selalu berada di bawah atap yang terbuat dari seng ketika siang hari. Jadi, sebaiknya burung Jalak Suren tidak dijemur waktu yang terlalu lama. Bisa juga anda perhatikan prosesi penjemurannya serta peletakan sangkarnya yang harus dengan suhu yang sedang.

2. Pertanda Burung Gacor

Biasanya, burung kicauan yang sudah gacor akan sering membuka paruhnya lebar-lebar sambil mengeluarkan suara kicauannya. Sama halnya dengan burung Jalak Suren yang sudah rajin bunyi atau gacor yang biasanya juga ditandai dengan membuka parunya lebar-lebar.

Apa yang dilakukan burung tersebut yaitu supaya suara isian yang telah dipelajarinya bisa dikeluarkan dengan berurutan ketika membuka paruhnya lebar-lebar. Para pevinta burung kicauan yang ingin memelihara burung Jalak Suren, pastinya akan memilih burung yang sudah gacir.

Namun, untuk tanda-tanda burung Jalak Suren yang sudah gacor dengan rajin membuka paruhnya hanya bisa ditandai jika burung Jalak Suren tersebut benar mendapat pelatihan yang rutin. Bahkan perawatannya juga dilakukan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

Apabila tidak, bisa jadi burung Jalak Suren yang membuka paruhnya itumemang mengalami gangguan pada suhu panasnya yang dalam jumlah yang berlebih.

3. Adanya Infeksi Di Tenggorokannya

Jalak Suren Buka Paruh
hobiburung.org

Penyebab burung Jalak Suren membuka paruh yang selanjutnya bisa jadi dikarenakan adanya infeksi di bagian tenggorokannya. Infeksi tenggorokan yang pada umumnya menyerang burung kicauan seperti halnya burung Jalak Suren disebabkan oleh serangan tungau.

Pada umumnya tungau tersebut yang mendiami batang tenggorokan dan kantung suara burung. Hal tersebut pasinya akan mengakibatkan burung Jalak Suren anda menjai mengalami kesulitan dalam berkicau.

Selain itu, untuk kicauan yang keluar dari kantung suaranya pun juga menjadi terdengar menjadi pelan dan juga terdengar serak. Dengan demikian, jika burung Jalak Suren sudah mengalami gangguan tenggorokan yang disebabakan oleh faktor serangan tungau, maka anda bisa mengobatinya.

Anda bisa mengobatinya secara rutin dan juga rajin membersihkan sangkarnya di setiap harinya. Dengan anda semua melakukan pengobatan yang rutin kepada burung Jalak Suren yang terserang tungau yang ada dibagian tenggorokannya, maka anda bisa mengembalikan kicauannya yang sebelumnya terganggu.

Tinggalkan Komentar