Mengetahui 4 Jenis Cacing yang Mengganggu Kesehatan Burung Kicauan

Apabila anda semua termasuk para pecinta burung kicauan , biasanya anda semua akan menjumpai berbagai macam masalah kesehatan burung .Yang mana mungkin saja masalah tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sama halnya dengan merawat peliharaan yang lain, ancaman kesehatan memang akan terjadi di mana semua burung pastinya mempunyai risiko kesehatan. Hal ini disebabkan tidak semua burung mempunyai daya tahan tubuh yang bagus.

Perlu anda ketahui jika burung yang tidak sehat terkadang terkena gangguan masalah seperti cacingan. Beberapa jenis cacing yang mengganggu kesehatan burung kicauan bisa dijumpai pada burung yang kurang sehat.

Jenis Cacing yang Mengganggu Kesehatan Burung

caraputu.com

Terdapat 4 jenis cacing yang mengganggu kesehatan burung kicauan . Diantaranya yaitu seperti cacing tenggorokan, cacing rambut, cacing gelang dan juga cacing pita. Jenis cacing tersebut kerap diabaikan keberadaannya oleh para pemelihara jenis burung kicauan.

Padahal, justru cacing-cacing harus diwaspadai. Sebab, memang bisa menjadikan burung menjadi sakit. Apabila salah dalam menanganinya tentu saja akan bisa membahayakan kesehatan burung.

Cacing Tenggorokan

Untuk anda semua yang merupakan penggemar burung pemula, mungkin belum begitu mengetahui tentang cacing tenggorokan ini. Apabila tidak segera diobati, pastinya akan membahayakan kesehatan burung tersebut.

Hal ini disebabkan jenis cacing tenggorokan ini juga terdapat pada bagian tenggorokan yang bisa menyumbat saluran pernafasan. Jika saluran pernafasan sudah tersumbat, tentunya akan menjadikan burung tersebut menjadi mati.

Gejala yang terjadi pada burung pada saat terkena cacing tenggorokan ini yaitu burung akan batuk-batuk dengan intensitas yang cukup sering. Yang mana batuk tersebut juga disertai dengan disertai dengan bersin. Jika dibiarkan ini juga bisa membahayakan kesehatan burung itu sendiri.

Cacing Rambut

Jenis cacing yang mengganggu ksehatan burung selanjutnya yaitu cacing rambut. Cacing rambut ini bisa diperoleh dari pakan, minuman. Bisa juga dari tanah yang telah tercemar oleh telur cacing. Akan tetapi jangan sampai anda mengabaikannya, sebab bisa menjadikan cacing rambut ini akan hidup pada tubuh burung dan menyerap sari makan dari darah burung yang telah dihisapnya.

Pada saat telah terkena cacing rambut ini, burung bisa menjadi menderita diare secara terus menerus. Cacing rambut ini juga dinilai cukup mematikan. Sebab, apabila burung yang terkena cacing rambut ini tidak segera dipisahkan dengan jenis burung yang lain, maka akan sangat cepat menjalar.

Kematian burung yang disebabkan oleh cacing rambut ini memang cukup tinggi mengingat cacing ini hidup pada selaput usus burung. Yang memang akan menyulitkan burung untuk menyerap sari makanan.

Cacing Gelang

Jenis cacing yang mengganggu kesehatanburung kicauan yaitu cacing gelang. Cacing gelang sendiri bisa mengakibatkan anemia pada burung kicauan. Selain itu juga dapat menyebabkan keracunan. Apalagi cacing ini sifatnya menggerombol pada saluran usus . Inilah yang menjadikan burung akan mati.

Cacing Pita

beritamerpati.com

Untuk burung kicauan yang terkena cacing pita, untuk gejalanya sendiri akan memiliki gejala lesu, kurus, pucat, diare dan juga tidak mau makan. Selain itu juga bisa menjadikan burung selalu membuka paruhnya. Selain itu terlihat seperti sedang kehausan dan juga akan membuat bulu burung menjadi kasar.

Untuk menghindari jenis cacing yang mengganggu kesehatan burung, lebih baik melakukan pencegahan dengan cara membasmi hewan yang menjadi perantara masuknya cacing-cacing tersebut. Misalnya saja seperti lalat dan juga siput darat.

Lalat dan siput darat bisa menyalurkan telur-telur cacing ke berbagai tempat. Seperti halnya di dalam sangkar burung juga. Berikan juga vitamin dan obat yang tepat untuk nburung kesayangan anda.

Tinggalkan Komentar