Mengenal Perilaku dan Karakteristik Burung Seriwang Asia

Salah satu jenis burung yang mempunyai ciri khas berupa ekornya yang panjang yaitu burung sariwang asia. Burung ini juga sering disebut dengan asian paradise flycatcher (Terpsiphone paradisi).

Tubuhnya memiliki panjang sekitar 19-22 cm, kemudian untuk panjang ekor 24 sampai dengan 30 cm. tampilannya juga tampak seperti murai batu ekor panjang.

Karakteristik Burung Seriwang Asia
Karakteristik Burung Seriwang Asia

Akan tetapi memiliki warna jauh berbeda serta mempunyai jambul yang eksotik. Mungkin karena ekornya yang sangat panjang ini, sehingga burung secantik ini kerap dijuluki dengan burung tali pocong, atau tali mayit.

Terkadang jenis burung ini juga diperjual belikan dengan bebas di pasar burung. Meskipun untuk jumlahnya juga tidak terlalu banyak.

Daerah Persebaran Burung Seriwang Asia

Seriwang asia termasuk jenis burung endemik di Asia. Sebab daerah persebarannya sangat luas, mulai dari Turkistan sampai di Manchuria.

Diantaranya yaitu di seluruh wilayah di India dan Srilanka, hingga Pulau Sumba dan Alor (Indonesia). Burung ini juga kerap tampak di Korea serta di Maladewa.

Mereka juga kerap terlihat mendiami hutan-hutan lebat, bahkan juga dikenal sebagai burung migrasi.

Apabila di wilayah utara Asia sat itu memasuki musim dingin, kawanan burung seriwang asia pada umumnya akan bermigrasi ke hutan tropis.

Diantaranya seperti di Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan juga di Indonesia.

Karakteristik Burung Seriwang Asia

Karakteristik burung seriwang asia ini yaitu termasuk burung yang sangat berisik. Sebab memiliki suara panggilan khasnya yang terdengar tajam: “kreek.. kreek..“. Warna tubuh juga sesuai dengan subspesiesnya.

Karakteristik burung seriwang asia selanjutnya yaitu kedua bagian kakinya juga bisa dikatakan pendek. Burung ini juga sering terlihat bertengger dengan tegak seperti halnya burung cendet.

Jenis burung yang berekor panjang ini termasuk burung pemakan serangga dan sering berburu sambil beterbangan.

Burung  berekor panjang ini ternyata suka sekali mandi.  Oleh sebab itu setiap sore kerap terlihat turun untuk bertengger di dahan yang rendah di atas kolam kecil. Selanjutnya burung tersebut menceburkan dirinya untuk mandi sore.

Perilaku Burung Seriwang Asia

Perilaku Burung Seriwang Asia
Perilaku Burung Seriwang Asia

Seriwang asia juga merupakan burung monogami. Ketika akan mencari pasangannya, yang berperan aktif malah burung yang betina.

Pada umumnya burung betina akan lebih memilih burung jantan yang benar-benar matang darinya. Dan burung jantan akan membangun sarang, selanjutnya telur akan dierami secara bergantian oleh induk jantan serta betina.

Karakteristik burung seriwang asia ini memang tampak indah sekali dengan ekornya yang panjang dan indah.

Mungkin disebabkan oleh bagian ekor panjangnya yang berwarna putih, mirip tali yang digunakan untuk pocongan, sehingga burung ini kerap dijuluki dengan burung tali pocong.

Karena kebiasaan orang memanggil burung ini dengan nama tersebut, sebagian kicaumania menganggap bahwa itulah nama sebenarnya dari burung tersebut.

Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya nama burung ini seriwang asia, atau asian paradise flycatcher.

Pada bagian ekornya yang panjang pastinya memerlukan kandang yang ukurannya cukup besar di dalam memeliharanya.

Untuk pemeliharaan burung ekor panjang ini bisa menggunakan sangkar burung murai batu.

Ketika anda memelihara burung ini, maka perawatan harian yang bisa anda lakukan yaitu sama dengan burung pemakan serangga lainnya. Seperti halnya perawatan pada burung kacer, murai batu, tledekan, dan lain sebagainya.

Suara Seriwang Asia

Suara kicauan burung ini memang terdengar kencang dan dapat lebih bervariasi dari suara kicauan aslinya.  Burung ini juga bisa dimasterkan.

Sebab pada umumnya jenis burung yang asalnya dari keluarga flycathcer itu mudah jika dilatih untuk menirukan suara burung lainnya (dimaster).

Tinggalkan Komentar