Mengenal Lebih Jauh Mengenai Burung Kedidi Golgol

Salah satu jenis burung pantai yang migrasi yang terdapat di kawasan Nusa Tenggara Barat tepatnya di Bima NTB adalah burung Kedidi Golgol. Harus kita semua akui, jika Indonesia merupakan surga bagi para Avest sebagai tempat tinggal, tidak terkecuali untuk jenis burung pantainya.

Berbagai macam jenis burung pantai berkunjung pada musim migrasi ke pantai-pantai indonesia hanya sekedar stirahat sejenak saja. Namun, terkadang juga ada yang berbiak juga di indonesia untuk menentukan lokasi kedatangan yang lainnya nantinya.

abc.net.au

Nah, untuk Kedisi Golgol ini merupakan jenis burung migrasi dari pantai Australia. Untuk ciri khas burung ini ukurannya memang tidak terlalu kecil. Selanjutnya mempunyai bagian paruh yang agak runcing dan tajam, warna keabu-abuan dengan ekor pendek dan juga lancip.

Pada umumnya, Kedidi Golgol ini sering terlihat bermain di pantai yang berlumpur dengan berkelompok. Jumlahnya kurang lebih sekitar 5 sampai dengan 10 ekor dalam satu kelompok dan agak mudah untuk di dekatin pada saat akan mengambil gambarnya.

Ciri Khas Burung Kedidi Golgol

Kedidi golgol yang usianya dewasa memiliki ukuran yang agak kecil dengan panjang sekitar 21 cm. Warna bulu tunggingnya berwarna putih, paruh hitam dan terlihat panjang melengkung ke bawah. Lalu, untuk bagian atas bulu biasanya memiliki warna abu – abu kecoklatan, kemudian untuk bagian bawahnya putih.

Sedangkan untuk bagian alis, setrip pada bagian sayap, dan palang di bulu bagian atas penutup ekornya putih. Sedangkan pada saat musim panas warna dada dan bulu – bulu biasanya akan berganti jadi merah kecoklatan. Untuk warna iris matanya coklat, paruh hitam serta bagian kakinya warna kuning kehijauan.

Habitat dan Kebiasaan

Burung Kedidi Golgol ini sering sekali mengunjungi beting lumpur di pesisir pantai, sawah dan juga di daerah sekitar tambak. Tujuannya tak lain untuk mencari makanan yang berupa serangga dan inverteberata yang kecil seperti halnya udang, moluska, dan juga cacing.

pbase.com

Terkadang burung ini juga terlihat memakan biji dan tumbuhan yang lainnya. Kedidi golgol pada umumnya juga sering berbaur dengan burung jenis – jenis kedidi dan juga jenis burung trinil yang lainnya. Perilakunya juga kerap terlihat berlarian dan juga berjalan cepat mencari makanan di permukaan lumpur apabila air laut sedang surut.

Burung ini juga akan memungut makanan yang ada di permukaan lumpur atau tanah dengan memakai paruhnya yang kuat dan juga panjang. Kemudian Kedidi Golgol ini akan beristirahat di gundukan pasir dengan mengangkat kaki sebelah. Setelah itu akan terbang berkelompok dengan cepat.

Perkembangbiakan

Burung ini nantinya akan berkembangbiak di kawasan Tundra Siberia dan juga Alaska. Dan pada saat musim dingin segera bermigrasi menuju ke arah selatan, dari Eropa barat dan Asia bagian selatan sampai dengan Afrika selatan dan benua Australia.

Burung ini adalah burung pendatang yang agak langka di pulau Jawa, Bali, kawasan Wallacea dan Papua. Namun, biasanya lebih berada di pulau Kalimantan dan Sumatera. Beberapa burung yang tidak berbiak akan terlihat di musim panas.

Perjumpaan Burung Kedidi Golgol

Burung kedidi golgol ini juga termasuk jenis burung pendatang yang berkunjung ke wilayah Lombok pada saat bulan Agustus hingga sampai bulan Oktober. Guna mengamati jenis ini maka para pengamat bisa berkunjung ke lokasi pesisir Bendungan Batujai pada waktu airnya surut di musim kemarau.

Jika diamati dengan seksama, burung ini mirip dengan burung Trinil Semak. Akan tetapi, apabila diperhatikan burung Kedidi Golgol ini mempunyai paruh yang lebih panjang dan melengkung ke bawah.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.