Mengenal Keunikan Burung Namdur dan Perilakunya Di Alam Liar

Banyak sekali burung liar yang tersebar di alam ini. Mungkin anda semua belum mengetahui kesemua jenisnya. Tapi ada salah satu dari jenis burung liar yang perlu anda tau karena keunikan yang dimilikinya.

Burung tersebut adalah burung namdur. Burung namdur atau bowerbird ini merupakan jenis burung yang masuk dalam keluarga Ptilonorhynchidae. Di Indonesia ada 8 jenis burung namdur.

Dan keseluruhannya termasuk burung endemik di Papua. Banyak sekali keunikan pada burung ini, entah itu burung jantan atau burung yang berjenis kelamin betina.

Keunikan burung namdur ini bisa dilihat dari perilaku berpacaran yang sangat unik.

Burung jantan akan membangun sarang yang mewah dengan bentuk yang unik, dan di dalamnya ada berbagai macam barang barang bewarna cerah.

Hal ini dilakukan untuk menarik hati calon pasangannya. Uniknya lagi apabila sarangnya biasa-biasa saja dan masih bisa dikatakan standar, maka burung betina tidak akan mau dijadikan pasangannya.

Daerah Persebaran Burung Namdur

Burung namdur daerah persebarannya bisa dikatakan terbatas di wilayah Austro-Papua. Secara keseluruhan terdapat 17 spesies, dan delapan di antaranya ada di Indonesia.

Selain di Papua, burung ini kabarnya juga bisa ditemukan di Papua Nugini dan Australia.

Fakta daerah persebaran yang terbatas ini kerap menimbulkan anggapan jika burung yang hidup di papua ini punya hubungan kekerabatan dengan burung-burung surga atau birds of paradise.

Diantaranya seperti cenderawasih dan yang lain sejenisnya. Akan tetapi penelitian menunjukan, keduanya tidak punya kekerabatan yang dekat.

Keberapa Keunikan Burung Namdur

Keunikan Burung Namdur
Keunikan Burung Namdur

Keunikan burung namdur yang mudah diingat yaitu burung ini termasuk jenis burung yang memiliki gaya pacaran yang sangat romantis dan juga unik.

Burung namdur punya ukuran tubuh bervariasi sesuai dengan spesiesnya masing masing. Yang paling kecil ukurannya yaitu namdur emas / golden bowerbird (Prionodura newtoniana).

Panjang tubuhnya hanya sekitar 22 cm, dan yang terbesar yaitu great bowerbird (Chlamydera nuchalis) yang panjangnya kurang lebih mencapai 40 cm.

Makanan burung ini berupa serangga, bunga, nektar, buah dan sayuran. Bahkan jika di Australia, namdur satin dan totol kerap dinilai sebagai burung hama.

Sebab burung ini sering memakan buah atau sayuran yang sedang dipanen.

Sarang Burung Namdur

Sarang Burung Namdur
Sarang Burung Namdur

Burung namdur jantan punya kemampuan arsitektur yang tinggi jika dibandingkan jenis burung lainnya.

Mereka bisa menciptakan sarang yang berbentuk unik, terdiri atas berbagai bahan yang dijumpai.

Diantaranya seperti ranting, daun, serangga, bahkan barang dari manusia atau sampah seperti koin, tutup botol, kancing, dan masih banyak lagi yang berwarna cerah.

Biasanya sarang burung yang unik ini disebut bower atau bungalo, dengan demikian burung-burung dari famili ini disebut bowerbird. Bungalo ini dikatakan sebagai kamar burun yang cantik dan penuh warna..\

Keunikan burung namdur dalam membuat sarangnya yaitu burung ini akan menggunakan konsep warna biru sebagai elemen sarangnya.

Hal tersebut bisa dibuktikan ketika kita menemukan sarang mereka, pasti akan diisi oleh berbagai macam barang dengan warna biru cerah.

Untuk bisa menarik perhatian lawan jenisnya pejantan harus memiliki keahlian. Mereka juga harus pandai bergoyang, atau menari, yang semua itu untuk menarik perhatian burung betina.

Umumnya hal itu akan dilakukannya apabila burung betina yang mengunjungi sarangnya untuk kedua kalinya.

Burung namdur betina memang selalu pilih pilih untuk mendpatkan pasangannya. Mereka akan melakukan penilaian berkali-kali ketika memilih pasangannya.

Banyak syarat yang harus dipenuhi seperti kemewahan sarang yang dibuat burung pejantan.

Tinggalkan Komentar