Mengenal Jenis Burung yang Pintar Berenang dan Menyelam

Banyak sekali jenis burung di alam ini yang memiliki kemampuan dan keunikan yang berbeda-beda. Telah kita ketahui bersama jika pada umumnya kemampuan burung yaitu bisa terbang melambung tinggi di udara.

Akan tetapi ada jenis burung yang memiliki keunggulan yaitu berenang dan juga menyelam. Pada umumnya jenis burung yang memiliki kemampuan ini adalah jenis burung pemakan ikan.

Jenis Burung yang Pintar Berenang

segalainfo.com

Ternyata ada beberapa jenis burung yang pintar berenang dan juga pintar menyelam. Untuk lebih jelaasnya berkut ini uraiannya.

Burung Loon

Burung Loon atau yang juga dikenal dikenal divers ini termasuk kelompok burung akuatik yang bisa dijumpai di berbagai tempat di Amerika Utara dan juga di wilayah utara Eurasia.

Ada lima spesies burung loon, diantaranya yaitu yaitu red-throated loon, pacific loon, arctic loon, yellow-billed loon, dan juga common loon. Dan untuk jenis burung common loon ini merupakan spesies burung yang paling banyak dan paling terkenal.

Tak hanya itu saja, jenis burung loon ini juga termasuk satu-satunya jenis burung loon yang berkembang biak hingga sampai ke New Hampshire.

Apabila dilihat sekilas, maka penampilan burung loon yang berenang sangat mirip dengan bebek yang besar dan juga mirip dengan angsa yang kecil. Ciri khas dari burung loon ini yaitu memiliki bulu berwarna putih dan hitam ini memiliki bagian paruh yang berbentuk seperti halnya tombak.

Burung loon ini juga dikenal sebagai burung yang bisa berenang dengan baik. Mereka akan memakai kakinya untuk mendayung. Lalu untuk bagian sayapnya digunakan untuk menggerakkan tubuhnya di dalam air.

Burung ini pada umumnya tidak suka jika berada di daratan. Karena, burung loon ini mempunyai kaki yang berada jauh di belakang. Dengan demikian bisa mengakibatkan burung ini menjadi susah berjalan.

Loons juga akan mencari mangsa dengan menggunakan penglihatan mereka. Makanan utama burung ini adalah ikan. Loon juga suka memilih danau yang jernih. Hal ini dikarenakan mereka bisa mengamati mangsa dengan lebih mudah pada air yang jernih.

Burung Grebe

Jenis burung yang pintar berenang selanjutnya adalah burung Grebe. Burung ini memiliki kaki yang berada jauh di belakang. Kaki tersebut pada umumnya dipakai untuk berlari cepat di atas air, namun untuk burung ini sering juga terjatuh.

Ukuran burung grebe ini ternyata juga bervariasi, ada yang kecil dan ada juga yang besar. Burung grebe yang ukurannya paling kecil, memiliki berat sekitar 120 gram. Kemudian untuk yang besar, bisa mencapai berat sekitar 1,7 kilogram.

Kepakan sayap burung grebe ini juga tidak terlalu lebar. Burung ini juga tidak bisa terbang tinggi. Untuk menjauhi bahaya, burung ini memiliki kemampuan menyelam di dalam air.

Bulu yang dimiliki burung grebe juga sangat padat serta bisa tahan terhadap air. Mereka juga dapat mengatur gaya apung tubuhnya, bahkan sesekali burung inijuga berenang rendah dan hanya memperlihatkan pada bagian kepala dan lehernya saja.

Burung Kormoran

pixabay.com

Burung kormoran pada umumnya menyelam di dekat permukaan air serta memakai kakinya untuk mendayung. Burung ini pada umumnya juga akan masuk ke dalam air untuk menangkap ikan. Setelah itu mereka akan kembali ke tepi pantai serta menjemur sayapnya di bawah matahari.

Burung Kormoran juga mempunyai kelenjar khusus yang dapat menadikan bulu mereka bisa tahan terhadap air. Akan tetapi ada juga yang berkata, jika tanpa kelenjar itu pun, bulu burung ini juga tetap bisa tahan terhadap air.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.