Mengenal Jenis Burung Meninting dan Daerah Persebarannya

Burung Kacer Air atau yang kerap disebut dengan burung Meninting, adalah salah satu jenis burung yang asalnya dari keluarga Muscicapidae dari genus Enicurus.

Jenis burung ini juga sangat populer pada kalangan pecinta burung kicau. Bnayak juga orang yang menyebut burung ini dengan sebutan burung kacer air.

Burung ini dinamakan dengan burung burung kacer air itu sendiri karena bentuk dari fisiknya bila sekilas terlihat hampir mirip dengan burung kacer.

Kemudian untuk habitat aslinya yaitu berada di alam mereka yang pastinya tidak jauh dari sumber air, khususnya di dekat sungai. Burung ini juga termasuk jenis burung yang sangat suka mandi.

Jenis Burung Meninting

Jenis Burung Meninting
Jenis Burung Meninting

Jenis burung meninting terdiri dari beberapa spesies dan sebagian di antaranya juga dapat anda jumpai di indonesia.

Ada jenis burung meninting besar yang mana untuk Wilayah penyebarannya berada di Bali, Kalimantan Jawa, sampai dengan wilayah Sumatera.

Ada juga meninting yang berukuran kecil yang mana memiliki Wilayah penyebarannya di sumatera dan Jawa.

Kemudian untuk burung meninting cegar memiliki daerah persebaran yang ada di kalimantan dan Sumatera. Seluruh jenis burung meninting atau kacer air tersebut banyak yang memiliki habitat di indonesia.

Burung Meninting Kecil

Burung Meninting Kecil adalah jenis burung yang ukuran tubuhnya sedang dengan panjang sekitar 16 cm.

Akan tetapi cukup jauh ukirannya jika dibandingkan dengan burung meninting besar.

Selain itu, untuk wilayah persebarannya hanya terbatas berada di wilayah hutan Indonesia dengan habitat di Pulau Sumatera dan Jawa saja.

Pada habitat aslinya pada umumnya burung Meninting Kecil gemar menghuni di area perbukitan maupun di pegunungan yang memiliki rentang ketinggian antara 600 hingga 1800 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, kehidupannya burung ini pada saat berada di alam liar seringnya tak pernah jauh dari aliran sungai yang banyak bebatuannya.

Hampir berbagai macam aktivitasnya dilakukan berada dekat aliran sungai, entah itu untuk melompat, mandi, atau mencari makanannya.

Burung inisuka memakan jenis pakan yang ada disekitar aliran sungai berupa serangga kecil, siput, dan juga makan larva.

Untuk menangkap mangsanya jenis burung meninting ini akan mencarinya disekitar aliran sungai dan setelah menemukannya langsung dipatuk dengan memakai bagian paruhnya yang agak tebal tersebut.

Untuk bagian sarang yang dibangunnya juga ditaruh tak jauh dari aliran sungai yang dibuat dengan memakai lumut atau serat.

Dan ketika berkembangbiak biasanya terjadi di bulan Januari, April sampai dengan bulan Juni dengan jumlah telur yang dierami indukannya hanya sekitar 2 butir saja.

Burung Meninting Besar

Burung Meninting Besar
Burung Meninting Besar

Burung Meninting Besar adalah jenis burung meninting yang bertubuh sedang. Ukuran tubuhnya bisa sampai 25 .

Tampilannya juga agak mirip dengan burung Kacer, sebab terlihat dari warna tubuhnya yang hanya terdiri dari dua macam, yakni hitam dan putih.

Dan di bagian kepalanya ada mahkota yang bentuknya jambul serta berwarna putih terang. Warna putih yang menutupi tubuhnya juga ada di di bagian sisi pangkal sayap serta pada bagian punggung yang mengarah pada pangkal ekor.

Untuk bagian perutnya pun warnanya juga putih terang serta di bagian bawah ekor dan ujung ekornya.

Kemudian untuk warna hitam menutupi area tubuh bagian belakang kepala, punggung, sayap, tenggorokan, dada, serta bagian ekor yang atas.

Ekor jenis burung Meninting Besar ini memang panjang yang terdiri dari beberapa helai bulu mirip seperti halnya pada burung Murai Batu.

Tinggalkan Komentar