Mengenal Ciri Khas Burung Kacamata Enggano YangTidak Dilindungi

Burung Kacamata Enggano atau Zosterops salvadorii adaah salah satu jenis burung kicauan yang merupakan burung endemik Pulau Enggano, Bengkulu. Salah satu jenis burung pleci atau jenis burung kacamata ini hanya dapat anda temui di pulau Enggano. Ciri khas burung Kacamata Enggano ini yaitu adanya lingkaran seperti kacamata di bagian matanya.

Burung Kacamata Enggano
alamendah.org

Selain jenis burung Kacamata Enggano, yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia ini juga telah ditempati oleh beberapa burung endemik lainnya. Diantaranya yaitu Pergam Enggano (Ducula oenothorax), Celepuk Enggano (Otus enganensis), dan juga burung Anis Enggano (Zoothera leucolaema).

Burung Kacamata Enggano adalah salah satu jenis burung kicauan yang berasal dari famili Zosteropidae. Nama latin dari burung Kacamata Enggano ini yaitu Zosterops salvadorii Meyer & Wiglesworth, 1894. Jika dalam bahasaa Inggris, burung Kacamata Enggano yang juga sering disebut sebagai burung pleci ini juga dinamai dengan Enggano White-eye.

Ciri Khas Burung Kacamata Enggano

Ciri khas burung Kacamata Enggano (Zosterops salvadorii) yaitu bisa dilihat dari tubuhnya yang berukuran kecil. Panjang tubuhnya kurang lebih hanya sekitar 11 cm. jadi, burung ini termasuk burung kicauuan yang memiliki tubuh yang kecil.

Untu ciri khas burung Kacamata Enggano ini jika dilihat sekilas mirip saudaranya, burung Kacamata Biasa (Zosterops palpebrosus).

Ciri Khas Burung Kacamata Enggano
alamendah.org

Bisa anda lihat, ciri khas burung Kacamata Enggano yang lainnya yaitu pada bagian punggung memiliki bulu berwarna zaitun. Sedangkan untuk bagian dada berwarna kuning. Lalu untuk bagian sisinya berwarna abu-abu serta pada bagian perutnya yaitu berwarna putih-krem.

Salah satu jenis burung pleci ini ciri khasnya yaitu pada bagian iris mata berwarna coklat dan paruh serta kaki yang berwarna hitam. Seperti halnya jenis burung kacamata yang lainnya, untuk burung endemik ini juga terdapat ciri khas berupa lingkaran putih di sekitar mata seperti halnya sepasang kacamata.

Kebiasaan dan tingkah laku dari burung Kacamata Enggano ini juga mirip dengan burung Kacamata Biasa. Sedangkan untuk suara kicauan burung yang dimilikinya juga mirip.

Status Keberadaan Burung Kacamata Enggano

Burung endemik ini ternyata hanya dapat ditemui di pulau Enggano saja, yang mana termasuk dalam wilayah administratif Provinsi Bengkulu. Untuk populasinya tidak juga belum diketahui dengan pasti.

Walaupun burung ini mempunyai daerah sebaran yang terbatas (endemik), burung kacamata ini juga belum diyakini jika sudah mendekati status rentan, menurut Birdlife Internasional. Oleh sebab itu, burung Kacamata Enggano (Zosterops salvadorii) ini hanya dilabeli dengan status konservasi Least Concern (LC) yang memiliki status rendah.

Perlu anda ketahui juga, jika burung Kacamata Enggano (Zosterops salvadorii) ini juga tidak terdaftar dalam Apendiks CITES. Kemudian, untuk burung Kacamata Enggano ini pun tidak termasuk salah satu burung yang dilindungi di Indonesia.

Walaupiun hanya memiliki status konservasi Least Concern dan juga bukan merupakan sebagai hewan yang dilindungi, akan tetapi tidak berarti burung endemik ini jauh dari ancaman kepunahan.

Karena burung Kacamata Enggano yang daerah persebarannya yang yang hanya terdapat di Pulau Enggano saja. Masih ditambah lagi dengan banyaknya kerusakan habitat dan perdagangan burung. Jadi, bukan hal yang tidak mungkin akan mengancam kelestarian dari burung pleci khas Pulau Enggano ini.

Dengan demikian, burung ini akan memiliki nasib yang sama dengan saudaranya yang tinggal di Pulau Sangihe. Diantaranya adalah Burung Kacamata Sangihe yang sudah menyandang status Critically Endangered.

Tinggalkan Komentar