Mengenal Ciri Ciri Burung Rangkong Badak dan Perilakunya di Alam Liar

Rangkong badak yang memiliki nama latin Buceros rhinoceros adalah salah satu spesies burung rangkong yang terbesar di Asia.

Burung Rangkong badak (Buceros rhinoceros) juga merupakan suku dari Bucerotidae yang juga termasuk kelompok burung yang memiliki ukuran besar.

Jenis burung ini juga mudah sekali untuk dikenali khusunya dari cula (casque) yang ada pada pangkal paruhnya. Jika di dalam bahasa Inggris, burungrangkong badak ini dikenal sebagai rhinoceros hornbill.

Ciri Ciri Burung Rangkong Badak

Ciri Ciri Burung Rangkong Badak
Ciri Ciri Burung Rangkong Badak

Ciri ciri burung rangkong badak ini tubuhnya berukuran sangat besar, yaitu bisa mencapai 110 sentimeter.

Kemudian ciri ciri burung rangkong badak selanjutnya pada bagian bulunya didominasin oleh warna hitam dan putih.

Kulit yang ada disekitar bagian mata juga terlihat berwarna abu-abu gelap, bagian paruh juga terlihat berwarna kuning dan berpangkal merah.

Ciri ciri burung rangkong badak yang paling tampak yaitu pada bagian tanduk yang tampak melengkung ke atas.

Selanjutnya pada bagian irisnya berwarna putih sampai biru untuk yang berjenis kelamin betina dan berwarna merah pada jantan.

Sedangkan untuk bagian kepala, punggung, sayap dan juga pada bagian dadanya berwarna hitam, kemudian pada bagian perut dan paha warnanya tampak putih.

Ciri khas yang dimiliki yaitu pada bagian ekor berwarna putih mencolok dengan garis hitam lebar melintang. Sedangkan di bagian kaki berwarna abu-abu kehijauan.

Burung rangkong badak merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keistimewaan dibanding jenis burung yang lainnya.

Bahkan burung ini telah diberi penghargaan yang tinggi oleh orang Dayak di Kalimantan. Sebab untuk orang suku Dayak, rangkong badak dinilai sebagai lambang kesucian, kekuatan dan juga sebagai lambang kekuasaan.

Disebut sebut juga dengan burung rangkong badak ini bisa dijadikan sebagai komunikasi dengan arwah leluhur . Di dalam seni tari budaya Dayak juga bisa kita lihat bahwa sudah banyak sekali dihiasi oleh bulu burung rangkong.

Katanya menurut kepercayaan suku dayak, roh alam yang melindungi Pulau Kalimantan dan masyarakat Dayak juga kerap memperlihatkan dirinya dalam wujud rangkong raksasa yang disebut-sebut dengan nama Panglima Burung.

Perilaku Burung Rangkong Badak

Perilaku Burung Rangkong Badak
Perilaku Burung Rangkong Badak

Burung rangkong badak yang berukuran besar ini juga termasuk burung yang setia terhadap pasangannya. Apabila salah satu pasangannya mati, burung rangkong badak tersebut akan tetap sendirisampai burung itu mati.

Burung unik yang ukurannya besar ini juga akan menghabiskan waktunya di bagian atas tajuk hutan dengan memakan berbagai macam jenus buah-buahan.

Selain makan buah buahan, burung ini juga sering makan makanan berupa serangga, reptil kecil, hewan pengerat, dan burung-burung kecil lainnya.

Perilaku burung rangkong badak ini juga dikenal cukup unik. Sebab individu yang berjenis kelamin betina bersarang dalam lubang pohon yang selanjutnya akan ditutup dengan menggunakan lumpur.

Selama berada dalam sarang yang tertutup lumpur tersebut, burung rangkong badak individu betina akan diberi makan oleh individu yang berjenis kelamin jantan.

Seekor rangkong badak juga bisa terbang pada radius hingga 100 km persegi. Perlu anda tau jika burung ini berarti terbang dengan menebar biji sampai dengan 100 km jauhnya.

Menurut sebuah pengamatan atau peneliti burung rangkong dan hutan tropis, jenis burung rangkong badak dijuluki sebagai petani hutan.

Alasan dijuluki petani hutan sebab kehebatannya di dalam menebar biji sehingga terdapat hubungan yang sangat erat antara rangkong badak dengan hutan yang banyak ditumbuhi tumbuhan yang lebat dan sehat.

Tinggalkan Komentar