Mengenal Ciri-Ciri Burung Ciu Kunyit Dan Perilakunya Di Alam Liar

Salah satu jenis burung kicauan yang termasuk jenis burung ciu adalah burung ciu kunyit. Ciri-ciri burung ciu kunyit (Pteruthius Aenobarbus )ini adalah bulunya yang berwarna kuning.

Ciu kunyit adalah jenis burung yang sudah banyak dikenal oleh para pecinta burung kicauan. Yaitu untuk dijadikan sebagai burung ocehan pemaster untuk jenis burung kicauan yang lain yang ingin melakukan pengisian suara atau pemasteran.

Burung ciu kunyit adalah jenis burung kicauan yang asli pulau Jawa yang banyak dijumpai di bagian Barat pulau Jawa sampai dengan di daerah Gunung Papandayan.

Untuk populasi dari burung kecil yang warna bulunya dominan kuning kehijauan ini juga ada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan demikian burung ini bisa menjadi kekayaan satwa untuk negara Indonesia yang telah dianugerahi kekayaan fauna yang pastinya tiada habisnya.

Jika dilihat sekilas, burung ciu kunyit ini ada banyak kemiripan dengan burung ocehan sirtu dan cipoh.

Untuk kemiripannya yaitu seperti warna antara burung ciu kunyit dengan burung sirtu dan cipoh yakni jenis burung ini sama-sama berwarna kuning pada sebagian besar bagian tubuhnya.

Selain itu ada juga ada percikan warna putih dan hitam yang tampak di bagian sayapnya.

Ciri-Ciri Burung Ciu Kunyit

Ciri-Ciri Burung Ciu Kunyit
Ciri-Ciri Burung Ciu Kunyit

Dan secara umum, untuk ciri-ciri dari burung ciu kunyit yaitu ukurannya kurang lebih sekitar 11 cm saja.

Akan tetapi secara khusus ada perbedaan antara ciri-ciri burung ciu kunyit jantan dan betina.

Untuk ciri ciri burung ciu kunyit jantan yaitu terdapat warna coklat pada bagian dagu, bagian dahi, dan juga pada bagian kerongkongannya.

Warna kuningnya juga terdapat pada bagian bawah tubuhnya. Sedangkan untuk warna hijau tampak pada bagian atas tubuhnya.

ada warna putih yang tampak melingkar pada bagian luar matanya, serta pada bagian sayapnya disapu warna putih tebal kehitaman yang terdapat dua garis.

Kemudian untuk burung yang betina memiliki ciri-ciri seperti, terdapat warna coklat berangan pada bagian dahinya.

Selain itu juga tampak warna keputihan yang ada di bagian bawah perutnya, iris matanyayang berwarna hitam, paruhnya berwarna hitam, dan juga pada bagian kakinya yang berwarna abu-abu.

Pada saat berada di habitatnya di alam liar, burung ciu kunyit hidup berkelompok dan berbaur dengan bjenis urung lain ketika sedang mencari makanan di hutan.

Pada umumnya burung ciu kunyit ini gemar memakan buah kecil, ulat, kupu-kupu, dan juga gemar memakan serangga yang ukurannya kecil.

Habitat Burung Ciu Kunyit

Habitat Burung Ciu Kunyit
Habitat Burung Ciu Kunyit

Habitat dari burung ciu kunyit yaitu berada di semak, hutan. Selain itu, burung ini juga hidup di pegunungan yang hidup pada daratan dengan ketinggian 1000 sampai dengan 3000 meter di atas permukaan laut.

Untuk buruung ciu kunyit (Pteruthius Aenobarbus ) ini memiliki nada yang tinggi. Atau kadang kicauannya bisa beralun-alun seperti “ciu ciu ciu ciu” namun dibunyikan dengan cepat.

Perilaku Burung Ciu Kunyit

Untuk burung ciu kunyit saat berada di habitatnya memiliki karakter yang ribut berkicau dari satu pohon ke pohon lainnya.

Selain itu burung ini juga suka membangun sangkarnya pada cabang pohon yang tinggi.

Ciri-ciri jika dilihat dari sangkar burung ciu kunyit yaitu bentuknya yang menyerupai cawan yang dangkal.

Lokasi sarangnya memang samar dengan lumut dan jaring laba-laba yang dicarinya di hutan.

Ciri-ciri burung ciu kunyit jika dilihat dari telurnya yaitu telur berwarna abu-abu dan berbintik warna ungu.

Tinggalkan Komentar