Mengenal Burung Kadalan Birah Yang Cantik dan Unik

Dari banyaknya jenis burung yang ada di Alam ini, ada satu jenis burung yang unik dan juga cantik fisiknya. Namanya adalah burung kadalan birah .

Burung cantik dengan nama latin Phaenicophaeus curvirostris ini sebenarnya sudah sering menghiasi pasar burung-pasar burung yang ada di Indonesia.

Burung Kadalan Birah
Burung Kadalan Birah

Bahkan juga ada yang menjualnya pada pinggiran jalan. Penampilan fisiknya yang tampak cantik, menjadikan banyak kicaumania penasaran untuk melihat serta mendengar kicauan burung ini.

Daerah Persebaran Burung Kadalan Birah

Burung kadalan birah merupakan salah satu burung lokal yang ada di Indonesia, dengan wilayah persebaran di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Selain itu burung ini juga dijumpai pula di wilayah selatan Thailand, Myanmar, dan baratlaut Filipina (Balabac, Palawan, Calamianes).

Walaupun merupakan burung monomorfik seksual, burung jantan punya iris mata berwarna kebirua. Kemudian untuk burung betina memiliki iris mata putih kekuningan.

Tubuhnya pun juga tampak gemuk, dengan bentuk paruh melengkung, dan nada miripnya dengan burung toucan (ramphastidae).

Perilaku Kadalan Birah

Harus anda ketahui ternyata kadalan birah ini berada dalam keluarga Cuculidae atau masuk dalam keluarga burung cuckoo. Di Indonesia, jenis yang juga merupakan dalam keluarga ini diantaranya yaitu bubut, bubut pacar, kangkok, wiwik, burung kedasih, tuwur, karakalo, tokhtor, dan juga burung kadalan.

Tidak diketahui mengapa kadalan birah ini dimasukkan dalam keluarga cuckoo. Sebab lain halnya dari kebanyakan burung cuckoo, kadalan birah tidak termasuk tipe burung parasit.

Perilaku Burung Kadalan Birah
Perilaku Burung Kadalan Birah

Mereka akan membangun sarangnya sendiri, serta akan membesarkan sendiri anak-anaknya sampai berusia dewasa.

Ini memang perilaku unik dari burung kadalan birah. Sebagian besar jenis burung kadalan memang ada yang menitipkan telurnya kepada burung-madu (sunbird).

Sesudah burung itu menetas, maka induk burung-madu itu juga yang akan merawatnya sampai usianya dewasa. Namun untuk kadalan birah tidak memiliki perilaku seperti itu.

Sama seperti halnya jenis burung kadalan lainnya, kadalan birah juga begitu menyukai serangga, termasuk beberapa serangga yang memiliki ukuran besar dan juga suka makan ulat bulu.

Tidak hanya itu saja, burung ini juga sering terlihat sedang memangsa kepiting, kadal, bahkan makan anak burung jenis lain.

Dengan ekor panjangnya yang dijadikan andalan, burung kadalan bisa menjaga keseimbangan tubuh pada waktu bersandar memakai dadanya pada ranting-ranting pohon.

Kadalan juga merupakan jenis burung yang jarang memakai bagian sayapnya untuk terbang. Namun hanya bergerak dengan cara memanjat maupun melompat dari cabang yang satu ke cabang lain.

Selain itu burung bertengger lagi serta bersembunyi. Sebab perilakunya tersebut, burung ini cenderung tidak terdengar rajin berbunyi. Namun terlihat banyak diam guna menghindari pendeteksian burung pemangsa.

Suara burung kadalan birah memang terdengar kurang variatif, dan hanya terdiri atas beberapa suara . Jika didengar kadang mirip dengan suara ayam, kadang terdengar lebih lambat, kadang terdengar suaranya memiliki irama cepat.

Perkembangbiakan Kadalan Birah

Musim perkembangbiakan untuk burung kadalan birah ketika di alam liar tergantung habitatnya. Misalnya saja di Kalimantan, misalnya, musim kawin berlangsung antara Agustus sampai dengan Desember.

Namun untuk wilayah lain mulai Januari sampai dengan September. Burung jantan dan betina nantinya akan membangun sarang bersama. Sarangnya terbuat dari ranting dan dedaunan yang kering.

Burung yang berjenis kelamin betina bertelur sebanyak 2 sampai dengan 3 butir.Telur berwarna keputihan, yang dierami selama 13 hari dengan bergantian. Burung muda tetap berada di sarangnya hingga umur 11 hari. Dan mereka juga akan diasuh kedua induk sampai usianya dewasa.

Tinggalkan Komentar