Mengenal 3 Jenis Burung Kerakbasi dan Karakteristiknya

Burung Kerakbasi adalah jenis burung berukuran kecil pemakan serangga yang merupakan dalam keluarga Acrocephalidae.

Jenis burung berukuran kecil dan bersuara merdu ini terdiri dari 43 spesies, yang memiliki wilayah persebaran yang cukup luas. Tiga jenis burung kerakbasi ada di Indonesia.

Burung kerakbasi memang masuk dalam keluarga Sylviidae, namun selanjutnya dipisah dan dimasukkan pada keluarga marsh dan tree warbler (Acrocephaliidae).

Jadi tidak heran apabila jenis burung ini sering disebut marsh warbler atau reed warblers, dan pada umumnya sering dijumpai di daerah basah maupun di sekitar rawa-rawa.

Untuk suara kicauan burung kerakbasi juga sangat lantang dan penuh tembakan, diantaranya seperti halnya suara burung ciblek maupun burung prenjak.

Oleh sebab itu, suara kicauannya dapat dimanfaatkan untuk masteran serta memancing bunyi burung-burung kicauan yang lainnya.

Jenis Burung Kerakbasi
Jenis Burung Kerakbasi

3 Jenis Burung Kerakbasi

Berikut 3 jenis burung kerakbasi di Indonesia dan karakteristik yang dimilikinya.

Kerakbasi Besar

Kerakbasi besar adalah jenis burung kerakbasi yang mempunyai ukuran tubuh sedang, dengan panjang tubuh kurang lebih 18 cm.

Pada bagian tubuhnya juga dipenuhi bulu–bulu berwarna cokelat, dengan bentuk ekor memanjang. Pada bagian alis matanya berwarna kuning-tua mencolok.

Penampilannya juga hampir sama dengan kerakbasi ramai. Perbedaannya hanya pada bentuk paruhnya lebih pendek dan juga lebih tebal

Selain itu pada sisi dada sedikit bercoret, bulu primer lebih panjang, serta bagian mulutnya yang berwarna merah jambu.

Di Indonesia, daerah persebaran kerakbasi besar ini beradadi sebagian besar wilayah Indonesia, dari mulai pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, Timor, sampai dengan Papua.

Jenis ini juga sering ditemui di kawasan Asia Timur, khususnya ketika berkembang biak. Dan ketika musim dingin, mereka migrasi ke Indonesia dan juga ke Filipina.

Pada umumnya burung kerakbasi besar sering dijumpai di habitatnya yang berada di daerah basah seperti rawa berbuluh, persawahan, payau, dan juga di semak sekunder di dataran rendah.

Kerakbasi Ramai

Kerakbasi ramai juga termasuk jenis burung kerakbasi yang mempunyai ukuran tubuh sedang kurang lebih sekitar 18 cm.

Pada bagian tubuhnya dipenuhi dengan bulu–bulu yang berwarna cokelat, dengan bagian ekor yang terlihat memanjang, dan pada bagian alis keputihan.

Sedangkan pada bagian tubuh bagian atas berwarna cokelat-zaitun, sedangkan untuk tubuh bagian bawah keputihan, dengan sisi tubuh serta ekor penutup bawah yang warnanya kuning tua. Penampilannya juga terlihat mirip dengan burung kerakbasi besar.

Lain halnya dengan kerakbasi besar yang termasuk burung migran, kerakbasi ramai punya daerah persebaran lokal yaitu di Kalimantan, Jawa, dan juga di Maluku.

Sama dengan jenis burung kerakbasi lainnya, kerakbasi ramai suka hidup di habitat daerah basah seperti rawa payau berbuluh, sawah dan juga di hutan mangrove.

Burung ini pada umumnya terlihat berpasangan atau sendirian, dan kerap terlihat bergantung pada batang buluh.

Kerakbasi Alis Hitam

Kerakbasi Alis Hitam
Kerakbasi Alis Hitam

Kerakbasi alis-hitam juga termasuk jenis burung kerakbasi yang mempunyai ukuran tubuh lebih kecil daripada dua spesies yang lainnya.

Panjang tubuhnya kurang lebi sekitar 13 cm. Tubuhnya didominasi oleh cokelat, alis mata putih kekuningan yang ada batasnya berupa trip hitam di bagian atas dan juga bagian bawah. Tubuh bagian bawah berwarna keputih-putihan.

Kerakbasi alis-hitam juga meruoakan burung migran yang perkembangbiakannya berada di wilayah timurlaut Asia. Ketika musim dingin, mereka akan bermigrasi ke India, Tiongkok Selatan, serta di Semenanjung Malaysia.

Namun ternyata burung ini juga pernah di jumpai di pulau Sumatera.

Tinggalkan Komentar