Manfaat Memelihara Jalak Bali Bagi Pemiliknya

Memiliki hewan peliharaan yang dirawat sepenuh hati ternyata dapat mendatangkan manfaat bagi pemiliknya. Salah satu hewan yang bisa dijadikan  peliharaan di rumah adalah burung jalak bali. Burung berbulu putih cantik dan bersuara merdu ini membuat banyak orang jatuh hati.

Karena kecintaan dan kegemarannya, pemilik jalak bali tidak pernah merasa terbebani dengan adanya peliharaannya itu. Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang dirasakan pemilik burung jalak bali:

1. Mendatangkan Pikiran Positif

Source - gudangjalakklaten
Source – gudangjalakklaten

Anda yang memiliki perhatian penuh terhadap hewan peliharaan akan memiliki ketahanan untuk tetap berpikir positif meskipun baru saja mengalami kejadian buruk. Pikiran akan teralihkan begitu saja ketika Anda bermain-main dengan jalak bali kesayangan.

2. Meningkatkan Harga Diri Seseorang

Menurut penelitian, orang yang memiliki hewan peliharaan akan mempunyai rasa harga diri tinggi. Pemilik hewan peliharaan jalak bali salah satunya, akan berani tampil lebih percaya diri dibanding mereka yang tidak memiliki peliharaan. Burung jalak bali dengan bulu putih bersih memang menarik perhatian, akan membuat Anda lebih dikenal di lingkungan rumah. Terlebih jalak bali juga memiliki harga mahal.  

3. Membuat Anda Merasa Lebih Hidup

Source - binatangpeliharaan
Source – binatangpeliharaan

Adanya burung jalak bali di rumah akan membuat suasana rumah terasa lebih hidup. Kesan sepi akan lenyap seiring dengan kicauan jalak bali yang merdu. Mendengarkan suara burung juga mampu memberikan ketenangan dan relaksasi.

Saat  memiliki waktu luang, Anda bisa bermain-main dengan jalak bali peliharaan Anda. Agar rumah terasa lebih hidup, peliharalah jalak bali lebih dari satu. Gantungkan kandang burung di tempat yang strategis.

4. Mengurangi Stres

Anda sering mengalami stres dalam kehidupan sehari-hari? Dengan memiliki peliharaan jalak bali yang memiliki bentuk menawan, Anda akan merasa lebih terhibur dengan tingkahnya. Baik saat si burung sedang berkicau, terbang, ataupun ketika berebut makanan dengan burung lainnya. Hal ini akan meringankan beban yang sedang Anda pikirkan.  

5. Menjalin Hubungan Antarmanusia

Source - jalaksuren
Source – jalaksuren

Kegemaran terhadap sesuatu akan menuntun Anda menemukan orang-orang yang memiliki kegemaran sama pula, termasuk kegemaran dalam memelihara jalak bali. Topik tentang jalak bali pun bisa menjadi bahan yang tak ada habisnya untuk diperbincangkan. Tidak hanya itu, kesamaan hobi tersebut akan membuka peluang untuk memiliki komunitas atau kenalan baru lagi yang lebih luas. Biasanya, pemilik hewan peliharaan khususnya jalak bali memiliki komunitas sebagai ajang untuk berkumpul ataupun bertukar informasi apa pun mengenai hewan tersebut.  

6. Membuat Anda Lebih Aktif Bergerak

Dengan memiliki jalak bali, Anda akan merasa mempunyai tanggungan baru untuk merawatnya. Hal itu akan membuat Anda semakin aktif bergerak, yaitu ketika mengganti pakan dan minumnya setiap hari, membersihkan kandang, memandikannya dan menjemurnya. Terlebih ketika burung diikutkan pada sebuah perlombaan. Mau tidak mau, Anda harus beraktivitas lebih dari mereka yang tidak memelihara jalak bali.

7. Mampu Memberikan Dukungan Pada Pemiliknya

Source - flickr
Source – flickr

Walaupun hanya hewan, jalak bali sering membuat pemiliknya merasa diberi dukungan. Kicauannya seolah memberikan sugesti positif pada pemiliknya.

Hewan peliharaan seperti halnya anak. Dia akan disayangi sepenuh hati oleh pemiliknya. Tanpa disadari, pemilik pun akan merasa lebih bersemangat ketika mengurusnya.

8. Mengurangi Risiko Alergi

Ternyata, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang memilki hewan peliharaan akan mengalami penurunan alergi terhadap hewan yang dipeliharanya, termasuk pada burung jalak bali. Bagi orang yang memelihara jalak bali dari anakan, risiko alergi pada burung tersebut hanya 50 persen.

Demikianlah beragam manfaat yang dirasakan oleh pemilik jalak bali. Bagaimana dengan Anda?  Yuk, jadikan burung jalak bali sebagai peliharaan di rumah Anda.

Tinggalkan Komentar