Manfaat Gabah Untuk Lovebird dan Cara Pemberiannya

Sudah kita ketahui bersama jika gabah ini memang termasuk salah satu bagian dari padi yang nantinya akan dijadikan beras untuk konsumsi manusia. Namun, dibalik manaatnya yang banyak untuk manusia, ternyata gabah juga memiliki fungsi lain yang dapat bermanfaat untuk Lovebird anda.

Pada umumnya, burung kicauan seperti Lovebird ini akan memakai pakan milet putih untuk dijadikan sebagai asupan energi yang utamanya.

Akan tetapi, pemberian pakan milet putih saja dirasa tidaklah cukup jika digunakan untuk mendongkrak stamina dan daya tahan bagi burung tersebut.

Lovebird juga masih membutuhkan pakan ekstra supaya terpenuhi semua keperluan vitamin dan mineralnya.

Pada umumnya pemelihara menggunakan tambahan pakan dengan memberikan sayur dan buah. Diantaranya seperti sayuran bayam, wortel sampai dengan buah apel.

Untuk metode pemberian pakan tambahan ini sendiri terbukti dapat untuk meningkatkan stamina dari burung supaya bisa terhindar dari serangan aneka ragam penyakit.

Kandungan vitamin yang ada di dalam buah apel juga dapat ampuh dalam membuat burung menjadi lebih segar serta bisa lebih semangat untuk terus mengeluarkan suara ngekeknya.

Manfaat Gabah Untuk Lovebird

tipsburung.com

Manfaat gabah untuk Lovebird memang sangatlah banyak. Akan tetapi, perlu anda ketahui jika tidak semua jenis gabah dapat anda manfaaatkan sebagai pakan burungyang anda pelihara.

Untuk jenis gabah yang paling sering dimanaatkan atau diberikan untuk burung kicauan seperti Lovebird adalah gabah bangkok.

Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat pada gabah bangkok sudah terbukti kaya akan mineral. Misalnya saja seperti zat besi, fosfor sampai dengan natrium. Tidak hanya itu saja, gabah bangkok juga punya kadar vitamin A, B kompleks serta vitamin C yang tinggi.

Dengan mengetahui kandungan yang ada pada gabah tersebut, dapat disimpulkan jika manfaat gabah untuk lovebird yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung.

Gabah bangkok sendiri ini juga mempunyai dua jenis yang berbeda. Diantaranya yaitu gabah bangkok merah dan juga gabah bangkok putih. Walaupun tidak ada perbedaan pada kandungannya.

Namun, untuk ukuran biji dari gabah merah ini juga lebih besar dan pada digunakan dalam peternakan burung perkutut. Kemudian pada gabah bangkok putih dengan ukuran yang lebih kecil ini sangat cocok untuk Lovebird peliharaan yang sering diperlombakan.

Pemberian Gabah Untuk Lovebird

Manfaat gabah untuk Lovebird bisa anda dapatkan jika anda bisa memberikannya dengan baik dan benar. Untuk cara pemberian gabah sebagai pakan Lovebird diantaranya yaituterlebih dahulu anda bisa memilih gabah yang punya kualitas baik.

Untuk mengetahui kualitas gabah caranya bisa dilakukan dengan merendam gabah tersebut pada wadah yang telah diisi oleh air. Sesudah itu biarkan gabah yang tenggelam, selanjutnya anda bisa membuang buanglah gabah yang terapung.

Sebab, untuk gabah yang terapung itu merupkan gabah yang tidak memiliki isi. Setelah dicuci sampai bersih, anda bisa menjemur gabah pilihan sampai kering langsung dibawah sinar matahari.

Dan sesudah gabah tersebut dalam keadaan kering, anda bisa mencapur gabah sebanyak 20 butir dengan pakan utama yaitu milet putih.

Perkembangan Lovebird yang Telah Mengonsumsi Gabah

ramesia.com

Sesudah dalam waktu sekitar sebulan mengkonsumsi gabah secara rutin, biasanya anda semua akan mulai dapat mengetahui manfaat gabah untuk Lovebird tersebut.

Manfaat gabah untuk Lovebird yang terlihat adalah Lovebird akan semakin rutin berkekek dengan durasi ngekek yang lebih panjang dari biasanya.

Tak hanya itu saja, burung anda akan juga bisa terlihat lebih aktif dan juga bisa lebih bersemangat. Stamina yang ada dari burung juga tampak akan meningkat dan tidak akan mengendur walaupun sudah mengikuti lomba dalam waktu yang cukup lama.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar