Manfaat Daun Binahong Untuk Kenari Yang Belum Anda Tahu

Saat memelihara burung kenari, mungkin anda pernah mengalami masalah dimana kenari yang semula gacor dan sehat tiba-tiba ngeriwik dan pendiam. Ini merupakan tanda kenari sedang dalam kondisi tidak sehat.

Jika diketahui kenari terindikasi masalah seperti tampak lemas, matanya merah, gatal-gatal maka anda harus segera melakukan perawatan khusus agar tak terjadi hal yang lebih buruk pada kenari anda. Salah satunya dengan mengambil manfaat daun binahong untuk kenari.

Sebenarnya apa saja manfaat daun binahong untuk kenari itu? Dan bagaimana cara penggunaannya untuk kenari? Kita akan simak selengkapnya di dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kenari

infokicau.com

Salah satu penanganan alternatif untuk merawat kenari yang tadinya gacor lalu berubah mereka yaitu dengan menggunakan daun binahong yang dicampur dengan biji kuaci. Dua jenis pakan ini telah dipercaya bisa mengembalikan kondisi kenari menjadi lebih rajin untuk berbunyi.

Tanaman binahong sendiri merupakan salah satu jenis tanaman obat yang hidup di dataran rendah atau dataran tinggi. Tanaman yang mempunyai nama latin Bassela rubra linn ini mempunyai manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit baik penyakit yang ringan maupun penyakit berat.

Binahong bisa mengatasi kenari yang terserang mencret atau diare. Memulihkan tenaga kenari yang sudah terkuras atau kenari yang lemas salah satunya karena kenari telah melakukan perjalanan jauh. Bisa meringankan kenari yang gatal-gatal, menghangatkan badan ketika musim dingin dan bisa meringankan penyakit snot.

Sementara biji kuaci sendiri berasal dari biji bunga matahari. Pakan seperti ini menjadi sumber vitamin E yang cukup baik. Selama ini kuaci juga banyak dimanfaatkan guna meningkatkan birahi burung.

Kandungan nutrisi Dalam Daun Binahong

Di dalam daun binahong ini terdapat berbagai macam kandungan nutrisi seperti saponin, air, alkaloid, asam oleanolik, polifenol, protein dan minyak atsiri.

Kandungan yang terdapat di dalam daun binahong ini pastinya bukan hanya bermanfaat bagi manusia saja. Namun bagi penggemar burung kenari dan punya banyak sekali burung kenari, daun ini akan sangat memberikan manfaat.

Seperti yang kita tahu, burung kenari adalah jenis burung kicau yang terkenal. Burung kenari ini mempunyai suara yang sangat merdu.

Dengan demikian, untuk menjaga keindahan suara yang dihasilkan oleh burung kenari sampai dengan kesehatan dan juga keindahan bulunya. Maka anda bisa mengambil manfaat yang ada pada daun binahong ini.

Cara Pemberian Binahong Pada Kenari


Burungnya.com

Untuk pemberian daun binahong bagi burung kenari caranya tidak sulit. Ambil selembar daun binahong lalu dicuci menggunakan air bersih. Kemudian daun digantung pada sangkar kenari seperti menggantung daun sawi atau daun krokot.

Alternatif lain adalah dengan mengambil beberapa lembar daun binahong lalu ditumbuk sampai lembut dan hasil tumbukannya diperas. Lalu diambil airnya, kemudian dicampur kedalam air minum untuk burung kenari.

Sementara itu, untuk pemberian biji kuaci pada burung kenari dilakukan dengan cara kulitnya dikupas terlebih dahulu. Kemudian ditumbuk kasar lalu dicampur ke dalam pakan bijian. Atau anda juga bisa menempatkannya ke dalam cepuk yang terpisah.

Ramuan ini bisa diberikan jika kondisi burung kenari peliharaan anda tidak sedang mengalami gangguan pernapasan seperti serak.

Bila kenari sedang serak dan gacornya hilang serta berubah menjadi ngeriwik. Maka anda bisa menyembuhkannya terlebih dahulu salah satunya dengan menggunakan Birdfresh 3 hingga 4 tetes.

Untuk itu bagi anda yang ingin selalu menjaga kondisi kenari agar tetap prima, berikan daun binahong untuk kenari dengan aturan yang sesuai.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.