Manfaat Biji Chia untuk Burung Kicauan dan Cara Pemberiannya

Sudah kita ketahui bersama, jika jenis burung kicauan pemakan biji bisa dikatakan ada berbagai macam jemulai dari kenari, lovebird, pleci, parkit, finch, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan salah satu jenis biji yang manfaatnya tidak hanya baik jika dikonsumsi manusia akan tetapi juga aman dijadikan makanan untuk burung ocehan. Yaitu biji Chia. Manfaat biji Chia untuk burung kicauan ini sangatlah banyak.

Untuk pakan burung kicuan seperti biji Chia bukanlah diperoleh dari tanaman yang tumbuh di Indonesia. Akan tetapi didapatkan dari tanaman Salvia Hispanica yang banyak dibudidayakan di Meksiko.

Biji Chia ini juga sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat dunia seperti halnya di Meksiko dan Tiongkok. Untuk sebagian besar masyarakat Meksiko, biji Chia dijadikan sebagai semacam makan pokok. Sedangkan jika di Tiongkok yang memanfaatkan biji Chia sebagai ramuan herbal untuk pengobatan penyakit pada manusia.

Kandungan Pada Biji Chia

Biji Chia
burungocehan.link

Nutrisi yang terdapat pada biji Chia bisa dikatakan cukup lengkap. Diantaranya yaitu mulai dari protein, omega-3, kalsium, zat besi, potasium, dan juga antioksidan. Kemudian, manfaat yang terkandung pada tiap butir biji Chia bagi manusia yang mengkonsumsi yaitu bisa mengurangi tingkat kolesterol, menormalkan kadar gula darah, dll.

Manfaat Biji Chia untuk Burung Kicauan

Sedangkan manfaat biji Chia untuk burung kicauan yang menyantap biji Chia pastinya bisa memperoleh khasiat yang tak lebih sama dengan orang-orang yang memakannya. Manfaat biji Chia untuk burung kicuan diantaranya yaitu bisa menjadikan otak bisa lebih cepat berkembang.

Manfaat Biji Chia untuk Burung Kicauan
ilmuternak.blogspot.com

Selain itu biji ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga mentalitas burung supaya tidak mudah stres. Kekebalan tubuh burung yang bisa menjadi lebih kuat dan menghindarkannya dari jangkitan penyakit berbahaya.

Manfaat biji Chia untuk burung kicauan selanjutnya yaitu untuk meningkatkan birahi burung kicauan yang bisa menjaga daya tarungnya tetap stabil. Terlebih lagi pada saat diadu berkicau dengan burung lainnya.

Biji Chia ini juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan burung kicauan yang sedang terhambat. Yang biasanya karena sakit maupun karena mengalami gangguan yang ada di bagian tubuhnya.

Kemudian biji ini juga bisa untuk memperkokoh kualitas bulu supaya tidak mudah rusak dan rontok sebab terkena berbagai macam penyakit. Bahkan manaat biji chia untuk burung kicauan juga bisa membuat burung menjadi cepat kenyang.

Dengan demikian, kontrol makannya bisa terkendali serta bisa menghindarkan tubuh burung terkena obesitas karena begitu banyak makan.

Pemberian Biji Chia untuk Burung Kicauan

Pemberian biji Chia ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya bisa mencampurkan biji ini ke jenis bijian yang lain untuk dimakan burung. Anda juga bisa memberikannya dengan mencampurkan biji Chia ke pada adonan buatan egg-food.

Anda dapat menghancurkannya hingga benar-benar halu. Kemudian, bisa disatukan dengan pakan voer halus yang kerap dimakan burung kicauan tersebut. Yang terpenting untuk pemberian biji Chia kepada burung kicauan pemakan biji-bijian dengan memperhatikan takarannya.

Di dalam biji Chia ini terdapat banyak kandungan yang cukup banyak protein yang bisa menjadikan tubuh burung kegemukan. Terutama jika memakannya dengan terlalu berlebihan.

Oleh sebab itu, di dalam pemberian biji Chia untuk burung kicauan ini bisa dengan menakarnya dengan satu sendok teh setiap kali burung peliharaan anda akan makan.

Tak hanya itu, jika keadaan burung kicauan ini sedang over birahi, maka sebaiknya anda menghentikan pemberian biji Chia untuk sementara waktu hingga birahinya bisa kembali normal.

Tinggalkan Komentar