Karakteristik Burung Kancilan Flores dan Daerah Persebarannya

Jenis burung endemik yang memiliki keunggulan berupa suara merdu dan bervariasi tentunya jumlahnya juga diketahui cukup banyak yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air kita.

Akan tetapi, seperti yang telah kita ketahui bersama, jika jarang terdengar ada yang memelihara jenis burung endemik yang dijadikan sebagai burung kicauan di rumah dan diikutkan dalam ajang perlombaan.

Karena, sebagian besar jenis burung yang terkenal untuk saat ini yaitu jenis burung yang merupakan burung yang penyebarannya juga ada di negara lain.

Burung kancilan flores adalah salah satu jenis burung yang penyebarannya hanya terbatas di beberapa daerah di tanah air. Karakteristik burung kancilan flores ini yaitu dengan kicauan lumayan merdu.

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Kancilan Flores

Burung Kancilan Flores
kutilang.or.id

Burung kancilan flores termasuk salah satu jenis burung endemik yang memiliki daerah persebaran hanya terfokus di kawasan Nusa Tenggara seperti Sumbawa dan Flores.

Pada umumnya, burung ini biasa menghuni di dataran, mulai dari dataran rendah hingga sampai area pegunungan.

Yang mana dengan ketinggian bisa mencapai 2000 meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu, untuk hutan yang ditempatinya yaitu hutan primer, hutan sekunder yang ada di pegunungan, dan juga hutan yang mengalami kerusakan.

Sedangkan untuk jenis makanan yang sering disantap oleh burung kancilan flores ini diantaranya dari hewani seperti serangga yang ukurannya kecil atau laba-laba.

Karakteristik Burung Kancilan Flores

Karakteristik Burung Kancilan Flores
majalahhewan.com

Karakteristik burung kancilan flores ini diantaranya mempunyai ukuran tubuh sedang dengan panjang sekitar hampir 20 cm.

Untuk warna tubuhnya antara lain terdiri dari hitam, hijau zaitun, kuning zaitun, serta merah.

Warna hitam juga terlihat menutupi seluruh area kepala hingga pada pangkal tenggorokan.

Sebagian besar tubuh jenis burung kancilan ini juga diselimuti dengan warna hijau zaitun, yang terlihat pada bagian atas mulai dari tengkuk, punggung, kedua sayap, serta pada bagian ekornya.

Untuk bagian bawah tubuhnya berwarna kuning zaitun terang diantaranya mulai dari dada, perut, sampai dengan tunggir.

Kemudian pada bagian tenggorokannya juga tampak tidak ditumbuhi bulu dengan warna merah cerah. Pada bagian paruhnya berukuran sedang, tipis, serta sedikit runcing di bagian ujungnya.

Suara yang dihasilkan oleh burung ini yaitu lebih terdengar seperti siulan yang dibunyikan dengan volume yang agak tinggi.

Tak hanya itu saja, burung kancilan flores ini juga dapat mengeluarkan suara kicauannya dengan tempo rapat.

Dengan demikian, suara yang dikeluarkannya seperti bunyi crecetan. Terlebih lagi kicauannya terdengar nyaring dan tidak memekikkan telinga. Meski dibawakan dengan volume tinggi.

Namun, untuk suaranya memang terdengar agak monoton yang melakukan pengulangan secara terus menerus.

Namun, burung kancilan flores yang memiliki kicauan gacor bisa dijadikan sebagai burung masteran yang baik untuk jenis burung kicauan yang lainnya.

Perawatan Burung Kancilan Flores

Untuk mendapatkan burung kancilan flores yang memiliki suara yang gacor, maka anda harus bisa merawatnya dengan sebaik mungkin.

Anda harus bisa merawat jenis burung ni dengan memberikan pakan bervariasi seperti jangkrik, belalang, ulat, kroto. Selanjutnya, anda bisa memberikan buah seperti buah pisang, pepaya, ataupun apel.

Pemberian makanan yang bervariasi tersebut tujuannya supaya burung bisa terpenuhi nutrisi gizinya.

Dengan demikian, bisa menjadikan burung ini tetap sehat dan juga mudah dalam melatihnya berkicau.

Anda juga harus bisa rutin dalam memandikannya dengan cara disemprot ataupun memasukkan ke dalam sangkar yang ada keramba mandinya.

Jika perawatannya bagus dan benar, karakteristik burung kancilan flores ini bisa memiliki suara yang gacor dan bagus untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Tinggalkan Komentar