Karakteristik Bebek Mandarin, Burung Tercantik dari Asia Timur

Bebek terdapat berbagai jenis. Bebek di bedakan menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu bebek petelur, bebek pedaging dan juga bebek hias. Untuk golongan bebek petelur diantaranya yaitu bebek mojosari, bebek alabio, bebek tegal, bebek khaki campbell dan ada juga bebek pinguin.

Sedangkan untuk jenis bebek pedaging diantaranya yaitu bebek peking, bebek manila, bebek tiktok, bebek serati, bebek raja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian untuk jenis bebek hias diantaranya yaitu bebek mandarin, bebek carolin. Nah, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan tentang bebek mandarin yang merupakan jenis burung tercantik di Asia Timur.

Daerah Persebaran Bebek Mandarin

birds.nature4stock.com

Mandarin Duck atau bebek mandarin ini merupakan jenis bebek hias, yang mana asalnya dari Tiongkok. Dan seiring dengan adanya perkembangan zaman, mandarin duck ini telah banyak ditemukan di Jepang.

Selain itu juga bisa dijumpai di Korea dan sebagian negara-negara Eropa khususnya Inggris dan Rusia serta negara-negara di benua Amerika. Bebek mandarin ini juga termasuk jenis burung tercantik yang ada di Asia Timur.

Bebek Mandarin (Aix galericulata) yang mempunyai kekerabatan dengan bebek kayu maupun bebek hias Carolin dari Amerika Utara. Sebelumnya, jika di Tiongkok, bebek mandarin ini dipercaya sebagai lambang cinta.

Sebab, untuk mandarin duck ini tidak berpoligami dan hanya menyukai satu pasangan saja. Namun hal ini juga belum diketahui dengan pasti.

Karakteristik Bebek Mandarin

pixabay.com

Karakteristik bebek mandarin (Aix galericulata) yang pertama yaitu memiliki postur tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bebek lokal di Indonesia.

Perlu anda ketahui, jika karakteristik bebek mandarin ini memiliki panjang kurang lebih 41 sampai dengan 49 cm. Kemudian untuk bagian sayap yaitu 65 sampai dengan 75 cm dan untuk beratnya yaitu 500 sampai dengan 700 gram.

Bagian sayap bebek mandarin ini juga cukup besar untuk ukuran tubuhnya. Oleh sebab itu, apabila sedang ada bahaya maka untuk jenis burung ini akan keluar dari air.

Untuk jenis burung ini nantinya akan terbang dengan cepat melalui pohon-pohon. Produktivitas telurnya kurang lebih sekitar 12 butir dan waktu penetasannya kurang lebih sekitar 28 hari.

Kemudian, untuk bebek ini bukan merupakan jenis bebek konsumsi. Sebab, untuk daging bebek mandarin ini memiliki rasa yang kurang enak.

Oleh sebab itu, bebek ini merupakan dalam kelompok bebek hias. Bebek jenis ini juga bisa bertahan hidup selama 20 tahun lebih.

Jenis burung ini juga memiliki bulu yang indah dan berwarna-warni. Untuk bebek mandarin jantan berwarna merah yang ada di bagian paruh. Sedangkan untuk warna putihnya berada di bagian atas mata dan ungu serta garis putih yang ada di bagian dada.

Kemudian untuk bebek mandarin betina memiliki warna abu-abu yang ada di bagian kepala. Lalu untuk bagian cincin yang ada di sekitar mata berwarna putih dan bintik abu-abu di bagian tubuh.

Lalu untuk bagian bulu antara bebek mandarin ini yang berjenis kelamin jantan dan bebek mandarin betina, yang lebih indah warna bulunya yaitu yang berjenis kelamin jantan.

Habitat dan pakan

Habitat bebek mandarin yaitu ada di rawa-rawa, sungai dan hutan yang banyak terdapat airnya.

Untuk jenis burung ini akan makan berbagai macam makanan, diantaranya yaitu ikan kecil, belalang, capung, invertebrata dan juga biji-bijian. Bebek mandarin juga sangat suka dengan biji-bijian.

Karena sangat sukanya dengan jenis biji-bijian, maka untuk bebek yang masuk dalam jenis burung tercantik ini rela sampai terbang ke pohon-pohon untuk mengambil biji-bijian secara langsung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar