Jenis Penyakit Burung Merpati dan Cara Mengobatinya

Banyak sekali jenis burung yang ada di alam ini yang bisa kita pelihara dirumah. salah satu burung yang sudah sering dipelihara yaitu burung merpati.

Burung merpati banyak dipelihara sebab memiliki keunikan dan burung ini juga bisa menjadi jinak. Akan tetapi ada saja permasalahan yang dihadapi para pemelihara burung merpati. Diantara adalah penyakit burung merpati.

Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh masalah perawatannya yang kurang baik, kondisi lingkungan yang kurang mendukung, perubahan cuaca. Bisa juga disebabkan oleh factor kebersihan dan makanan.

Jenis Penyakit Burung Merpati

Penyakit Burung Merpati
Penyakit Burung Merpati

Burung merpati yang terkena penyakit biasanya akan sulit untuk disembuhkan namun ya sesuai dengan penyakitnya. Meski dapat disembuhkan, burung merpati sebaiknya memperoleh perhatian khusus dalam waktu yang relatif lama. Berikut ini jenis penyakit burung merpati dan cara pengobatannya yang harus anda ketahui.

Penyakit Newcastle Disease

Penyakit Newcastle Disease yang kerap dikenal dengan Tetelo ini sering menyerang burung merpati. Penyebab gangguan pernapasan ini karena ada infeksi sekunder dalam saluran pernafasan oleh E. coli dan virus CRD (Chronic respiratory Disease).

Apabila merpati anda telah kronis, burung akan sulit untuk disembuhkan bahkan bisa terjadi kematian. Jenis penyakit ini berbahaya sebab memiliki sifat bisa menular, jadi berhati-hatilah.

Cara Pengobatan

Burung yang terkena penyakit pernapasan harus diisolasi pada kandang tersendiri dan diobati agar tidak menulari burung- burung lain

Sangkar, tempat makan dan tempat minum burung merpati Anda sebaiknya selalu bersih dan sering diganti.

Makanan yang diberikan kepada burung merpati sebaiknya bersih dan dikeringkan agar kemungkinan adanya residu pestisida pertanian yang bisa membahayakan kesehatan burung bisa hilang.

Cara Mengobati Penyakit Burung Merpati
Cara Mengobati Penyakit Burung Merpati

Minuman yang kotor sebaiknya segera diganti dengan yang bersih. Untuk menghindari penyakit, anda bisa memberikan air matang yang sebelumnya sudah direbus hingga mendidih. Atau bisa juga anda menggunakan air mineral.

Anda bisa memberikan makanan berupa voer ayam yang kualitas tinggi gizi pada pemberian makan pertama. Dan beras merah yang sudah di blender pada pemberian makan kedua.

Saat memberikan minum, sebaiknya anda menggunakan spet agar tidak membasahi lehernya.

Setelah makan dan memberikan vitamin sampai merpati kelihatan bisa berdiri, cabutlah bulu yang dileher semua untuk mengeluarkan darah kotor.

Tusuk lehernya yang warnanya hitam bintik – bintik, untuk mengeluarkan racun. Setelah itu obati sampai kering.

Penyakit Pigeon Pox

Pigeon pox merupakan jenis penyakit burung merpati yang merupakan virus. Jika burung merpati terkena virus ini maka bisa menyebabkan kulit menjadi bengkak kecil – kecil.

Ciri cirinya yaitu ada benjolan dan ada luka yang tampak seperti luka bakar.

Cara Mengobati Burung Merpati Terkena Penyakit Pigeon Pox

Gunakanlah Antiseptic Salep, caranya dengan mengoleskan pada bagian yang ada luka atau benjolan.

Anda juga bisa mengobatinya dengan cara yang ekstrim seperti mengelupas kulitnya. Tapi setelah itu anda bisa mengobatinya dengan menggunakan betadine.

Selain mengelupas kulit lukanya, anda juga bisa membakar lukanya. Cara ini tergolong ekstrim, karena bintik – bintik atau benjolan itu sebenarnya tidak tahan dengan panas api.

Dengan demikian, bakarlah bagian kulit yang terkena pigeon box dengan cara memakai alat solder, sendok yang sudah di panaskan.

Namun jangan menggunakan batang rokok, sebab ada kandungan zat nikotin yang bisa menyebabkan infeksi. Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan betadine.

Untuk mengobati penyakit burung merpati ini anda bisa memberikannya vitamin. Sebenarnya penyakit kulit tersebut bisa sembuh dengan sendirinya dengan syarat tubuh kuat.

Maka dari itu, tanpa melakukan penyembuhan ekstrim tersebut bisa dengan cara memberikan multivitamin.

Tinggalkan Komentar