Jenis Penyakit Burung Gould Amadin dan Gejalanya

Burung Gould Amadin adalah jenis burung finch yang fisiknya sangat cantik sebab memiliki corak warna bulu yang sangat menarik dan juga berwarna cerah.

Perpaduan warna dari burung gould amadine ini memiliki warna yang berbeda-beda. Yaitu mulai dari bagian punggung, kepala, dada sampai dengan di bagian ekor. Untuk membedakan jenisnya kita bisa melihat pada variasi warna bulunya.

Di bagian dada terdapat 4 warna bulu, diantaranya yaitu ungu, putih, nila dan biru Sedangkan di bagian punggung burung ini punya warna yang begitu bervariasi yaitu hijau, hijau tua, hijau muda, biru muda, biru muda, kuning dan juga warna abu abu.

Penyakit Burung Gould Amadin

Penyakit Burung Gould Amadin
Penyakit Burung Gould Amadin

Memelihara burung finch dengan warna yang cantik ini terkadang juga mengalami permasalahan. Seperti halnya burung kicauan yang lainnya, burung gould amadin ini juga bisa terserang berbagai macam jenis penyakit.

Burung gould amadin juga punya kecenderungan menyembunyikan keadaan yang sesungguhnya pada saat terkena penyakit, dan tak memperlihatkan gejala sakit dengan jelas.

Maka dari itu, terkadang diketahui bahwa tiba-tiba burung mati. Tanda penyakit gould amadin sebenarnya bisa dikenali sejak awal.

Gejala Penyakit Gould Amadin

Burung yang sering hidup berkelompok itu tak memperlihatkan gejala sakit dengan jelas. Maka untuk mengetahuinya bisa dilakukan berbagai macam cara.

Misalnya dengan memperhatikan kotoran burung yang ada di bawah kandang. Taruh kertas Koran maupun tisu pembersih pada dasar kandang.

Sebaiknya anda juga mengetahui perubahan volumenya, warna, serta konsistensi jatuhnya setiap hari. Apabila ada perubahan, maka anda bisa langsung cek pakan dan air pada kandang.

Gejala Penyakit Gould Amadin
Gejala Penyakit Gould Amadin

Gejala yang lain, kebiasaan makan dan minumnya. Adanya penyakit burung gould amadin umumnya ditandai dengan nafsu makan yang menurun.

Penampilan burung yang kerap terlihat mengantuk, lesu atau malas, menyembunyikan kepala pada bagian bawah sayap, bulu rontok, gejala sakit lainnya.

Begitu juga jika burung terlihat berkerumun sembari sesekali membungkuk pada dasar kandang.

Anda sebaiknya memeriksa pada daerah di sekitar mulut serta kebiasaan burung bernapas. Suara-suara diantaranya seperti batuk atau bersin harus terus diwaspadai.

Ekor yang melengkung juga merupakan tanda tanda sistem pernapasan yang terserang penyakit.

Jika pemeliharanya menemui salah satu dari keadaan yang seperti itu, maka segera ambil tindakan pengamanan. Periksalah kondisi lingkungan yang ada pada sekitar kandang.

Iklim yang sangat dingin, kelembapan rendah, kurang sinar, keadaan seperti itu bisa memicu menurunnya daya tahan tubuh. Burung gould amadin juga bisa mengalami stres dan mudah terserang penyakit.

Jenis Penyakit Burung Gould Amadine

Air sac mites termasuk jenis penyakit yang cukup serius yang mengancam pada burung gould amadin. Penyebabnya yaitu parasit yang terinfeksi pada sistem pernapasan burung.

Gould amadin yang terkena jenis penyakit ini akan tampak sulit bernapas dan bisa juga mengeluarkan suara aneh. Dan apabila dibiarkan saja bisa menyebabkan kematian.

Guna mencegah datangnya penyakit yang berbahaya, penangkar menggantungkan strip khusus pembasmi tungau pada sekeliling kandang.

Penanganan lain yaitu dengan memakai produk Ivermectin dan Moxidectin. Setetes obat bisa diberikan langsung pada permukaan kulit yang terbuka di antara punggung untuk membunuh tungau.

Kasus lainnya yaitu eggbinding. Penyakit ini banyak menyerang pada induk betina ketika ia berusaha mengeluarkan telur. Telur terhambat serta tidak bisa keluar dari saluran reproduksi.

Dengan begitu induk betina akan menjadi semakin melemah dan ia hanya bisa duduk pada dasar sarang. Penangkar sebaiknya melakukan tindakan secepat mungkin guna mengatasinya.

Tinggalkan Komentar