Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer Agar Bisa Gacor

Jenis pakan kacer memang pada umumnya tidak jauh berbeda dengan makanan burung lainnya. Akan tetapi terdapat beberapa hal atau cara yang harus diperhatikan pada saat memberikan makanan.

Tujuannya supaya tidak berdampak buruk terhadap kesehatan dan pada performa mereka dirumah atau pada waktu sedang lomba dilapangan. Seperti halnya jenis burung lain pakan adalah salah satu kunci kesuksesan kacer selain dari perawatan.

Sebab dengan kombinasi perawatan yang baik dengan komposisi pakan yang sempurna kacer akan bisa menampilakn suara terbaiknya. Suara yang indah serta merdu termasuk hal penting bagi para pecinta burung kicauan.

Tujuannya supaya peliharaannya tetap terlihat menarik. Dengan demikian faktor pakan merupakan penunjang utama bagi hal tersebut.

Makanan terbaik untuk burung Kacer pada saat di alam bebas cukup bervariasi mulai dari binatang-binatang kecil atau serangga. Akan tetapi, pada saat sudah di ternak, burung ini pada umumnya diberikan berbagai jenis makanan mulai dari voer sampai dengan makanan extra seperti jangkrik dan lain-lain.

Makanan Burung Kacerjuga tidak boleh sembarangan. Apalagi jika Anda menginginkan burung yang gacor dan rajin bersuara dan juga terhindar dari berbagai masalah termasuk juga stres dan kembung. Makanan maupun pemberian makan harus rutin dan sesuai dengan kebiasaan.

Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer

Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer
Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer

Makanan utama dari burung yang di tangkar atau sudah jinak yaitu berupa voer. Anda dapat memberikan voer dengan kualitas yang baik dan harus tersedia setiap saat di dalam sangkar.

Penggantian makanan paling tidak harus diganti setiap 2 hari sekali. Selain makanan utama tersebut, burung jenis ini juga membutuhkan makanan ekstra atau extra food yang bertujuan di dalam menambah stamina.

Kemudian untuk memancing birahinya, dan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan juga protein. Makanan ekstra bisa berupa jangkrik, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat kandang, ulat bambu, kelabang, belalang,

Kroto

Kroto
Kroto

Kroto merupakan makanana terbaik untuk burung kacer. Makanan ini adalah sebutan untuk telur semut jenis angkrang yang pada umumnya bertelur dalam sarang pada dedaunan pohon.

Telur ini masih berupa larva dan pulpa yang berwarna putih, dengan bentuk bulat lonjong kecil-kecil. Krotojuga sangat baik diberikan pada jenis burung kicauan termasuk kacer sebab bisa menambah stamina.

Selain itu juga bisa kita gunakan sebagai sumber protein hewani kacer. Khususnya pada saat kita hendak mengikuti kontes agar stamina burung tetap prima.

Buah-Buahan

Beberapa jenis buah bisa anda berikan untuk burung Kacer seperti buah pisang, pepaya, jeruk, dll.

Akan tetapi pada waktu memberikan buah sebagai pakan sebaiknya potong kecil-kecil dan ditempatkan dalam suatu wadah. Tujuannya untuk memudahkan kacer ketika memakannya.

Buah-buahan memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan burung. Buah bisa kita berikan agar kondisi tubuh kacer tetap profosional tidak kegemukan.

Namun jangan memberikan dalam porsi berlebihan sebaiknya kombinasikan dengan pakan kacer lainnya.

Biji-bijian

Untuk pemberian biji-bijian untuk dijadikan makanan Kacer, jenis biji-bijian yang tepat yaitu biji yang berukuran kecil. Misalnya pallet atau jewawut. Hal ini menyesuaikan dengan bentuk paruh burung.

Berbeda dengan jenis burung lain yang punya paruh besar, maka pemberian biji-bijian besar dan kasar seperti jagung, beras atau gandum bisa diberikan.

Cacing

Makanan terbaik untuk burung kacer dari jenis hewani adalah cacing. Makanan yang berasal dari hewani memang sebagian besar mengandung protein tinggi. Jenis cacing yang baik diberikan untuk Kacer yaitu berupa cacing tanah.

Anda bisa mendapatkan atau mencari sendiri cacing tanah di daerah tanah yang lembab. Pemberian cacing untuk kombinasi jenis pakan Kacer bisa dilakukan 2 kali dalam 1 minggu.

Tinggalkan Komentar