Inilah Perbedaan Jenis Kelamin Jalak Suren Sumatera

Burung jalak merupakan jenis burung yang mempunyai nama latin Sturnus Contra. Apabila burung ini sudah gacor mauoun yang sudah jadi, maka burung ini akan memiliki suara yang lantang dengan gaya jambul atau mekrok (jawa). Jika di dekati orang ataupun sesuatu yang di rasa mengganggunya akan menampakkan kemampuannya ini. Dengan demikian, burung ini juga bisa jadikan burung penjaga rumah.

cherewed.com

Salah satu jenis burung jalak suren yang harus anda ketahui yaitu burung jalak suren sumatera. Jalak suren sumatera merupakan burung yang sangat berisik. Selain itu juga mempunyai suara yang kasar dan memekakkan telinga yang mendengarnya.

Burung jalak suren memang sampai saat ini memang sudah populer bagi semua kalangan kicau mania di tanah air. Bahkan burung ini juga semakin populer di setiap waktu. Sehingga perlombaan gantangan yang diadakan untuk kelas burung ini di berbagai daerah juga terus meningkat.

Kepopuleran memelihara burung jalak suren ini karena memiliki kemampuan yang mirip dengan burung beo. Diantaranya yaitu dapat meniru gacoran pengicau jenis lain dan bahkan juga bisa untuk menirukan suara manusia.

Perbedaan Jenis Kelamin Jalak Suren Sumatera

Untuk perbedaan jenis kelamin jalak suren sumatera ini juga dapat diamati dari suara gacornya. Jika suara jalak suren terdengar lebih lantang dan juga bervariasi maka bisa dikatakan bahwa burung terbut jenis kelaminnya yaitu jantan.

Kemudian untuk yang berjenis betina memiliki suara yang bernada lebih tinggi dengan banyak tembakan melengking. Untuk anda semuanya yang berminat memelihara jenis burung ini, alangkah baiknya untuk menentukan pemilihan jenis kelaminnya terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika anda semua belum tahu ciri atau perbedaan jenis kelamin jalak suren sumatera jantan dan betina, maka ada baiknya jika anda berkenan menyimak beberapa informasi berikut ini.

Ciri-ciri Jalak Suren Sumatera Jantan

Perbedaan jenis kelamin Jalak Suren Sumatera bisa dilihat juga dari ukuran tubuhnya. Sebab, untuk yang berjenis kelamin jantan, ukuran tubuhnya relatif lebih besar. Kemudian untuk bentuk tubuh lonjong dan panjang.

Pada bagian kepala relatif besar dan bulat sedangkan untuk untuk bagian paruh panjang dan kokoh. Untuk bulu yang terdapat di kepala, punggung dan dada terlihat berwarna hitam mengkilap. Lalu, untuk warna yang terdapat pada bagian kulit yang atas mata terlihat lebih jelas dan cerah.

Ciri selanjutnya yaitu pada bagian bulu putih di bagian bawah tubuh terlihat lebih bersih. Sedangkan untuk bagian ekornya relatif panjang dan pada bagian bulunya menyatu. Jemari kaki jalak suren sumatera yang jantan juga lebih kokoh dan panjang. Dan ketika bagian jambul kepala mengembang terlihat lebih panjang dan melebar.

Ciri-ciri Jalak Suren Sumatera Betina

Lalu untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin Jalak Suren Sumatera yang betina bisa dilihat dari ukuran tubuh cenderung kecil. Bagian tubuh berbentuk bulat dan juga cenderung pendek. Lalu, untuk bagian kepala cenderung ramping.

Paruh jalak ini yang berjenis kelamin betina juga terlihat lebih pendek. Untuk bulunya yang berwarna putih di tubuh bagian bawah terlihat kusam. Warna hitam serta putih juga terlihat lebih kusam Sedangkan warna di kulit bagian atas lebih pucat serta memudar.

Jalak suren sumatera yang berjenis kelamin betina yaitu pada bagian ekornya juga cenderung pendek dan juga halus. Lalu, untuk bagian jari kaki juga terlihat lebih pendek. Bagian jambul kepala juga cenderung pendek dan tidak lebar. Untuk suaranya pastinya masih kalah dengan yang berjenis kelamin jantan.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar