Inilah Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau

Burung kenari adalah jenis burung yang memiliki kicauan yang merdu dan juga bulu yang cerah. Akan tetapi di dalam pemeliharaannya pastinya mengalami permasalahan yang tidak anda kehendaki.

Salah satu hal yang dapat menjadikan anda merasa khawatir saat memeliharanya adalah burung kenari yang tidak mau berkicau.

Jika anda membeli kenari, maka burung itu memerlukan waktu kurang lebih dua minggu atau lebih agar bisa beradaptasi dengan kandang atau lingkungannya yang baru.

Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau

Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau
Penyebab Burung Kenari Tidak Mau Berkicau

Terkadang juga ada yang bisa langsung adaptasi dan berkicau. Akan tetapi, banyak juga pemelihara burung kenari yang mengeluhkan jika burung kenari peliharaannya tersebut tidak mau berkicau lagi.

Bahkan hanya banyak diam. Berikut ini penyebab burung kenari tidak mau berkicau.

Memasuki fase mabung (molting)

Burung kenari yang pada awalnya gacor, rajin berkicau, kedepannya akan memasuki fase mabung atau molting atau berganti bulu dengan yang baru.

Dalam fase ini, burung kenari biasanya akan berhenti berkicau selama beberapa bulan. Sebab sebagian besar energinya akan habis saat proses pergantian serta pertumbuhan bulu-bulunya.

Jika kenari pada umumnya masih tetap akan berkicau pada saat masa mabung. Namun untuk kenari yang telah dewasa cenderung akan diam saja.

Dalam penyebab burung kenari tidak mau berkicau ini, ada hal yang harus anda tau yaitu kenari juga dapat mengalami rontok pada bulu di luar fase mabung.

Hal itu pada umumnya terjadi apabila burung terkena cahaya selama 14 jam lebih dalam sehari. Perubahan suhu tersebut bisa mengakibatkan burung cepat mabung.

Seperti halnya kenari dibeli pada saat musim dingin yang pada mulanya disimpan pada kandang penangkaran di luar ruangan.

Setelah di rumah dimasukkan pada kandang kecil lalu disimpan pada ruangan yang hangat disertai lampu menyala. Dengan demikian dia akan menjadi stres, jadi seketika bisa mengalami rontok bulu dan tidak mau berkicau lagi.

Jika masuk masa mabung, maka tunggulah selama dua bulan sampai proses mabungnya bisa selesai. Pada saat inilah pentingnya perawatan mabung yang diterapkan, dengan memberikan makanan kenari yang terdapat kandungan protein tinggi serta eggfood.

Burung dalam kondisi tidak sehat

Burung dalam kondisi tidak sehat
Burung dalam kondisi tidak sehat

Penyebab burung kenari tidak mau berkicau atau bunyi, walau tidak sedang keadaan mabung, bisa saja disebabkan kondisinya yang kurang sehat. Burung yang tampak aktif pun dapat terkena gangguan penyakit.

Sebab kenari merupakan burung yang pintar menutupi penyakitnya. Maka perlu pengamatan serius dari pemiliknya, entah itu dari ingkah laku, kondisi bulu, paruh, mata, serta dari kotorannya.

Penyakit yang sering menjadi penyebab burung kenari tidak mau berkicau adalah infeksi pernafasan. Entah itu yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau karena tungau kantung udara (air sac mite). Dibutuhkan perawatan khusus bersama dengan pemberian obat yang tepat di dalam menyelesaikan infeksi ini.

Tubuh kenari terlalu kurus

Bisa juga penyebab burung kenari tidak mau berkicau adalah karena kenari yang terlalu kurus tak bisa berkicau dengan baik. Atau mungkin tidak berkicau sama sekali.

Kenari yang kurus biasanya akan menggumpalkan bulu-bulunya guna menjaga suhu tubuh supaya selalu hangat. Anda bisa merasakan saat memegang burung kenari anda.

Pada umumnya seluruh burung pasti punya tulang / rangka yang ada pada bagian punggung serta dada. Namun saat diraba akan terasa jelas.

Penyakit ini terkadang disebut dengan nyilet. Apabila yang lebih terasa yaitu daging atau ototnya, itu tandanya kenari anda normal. Apabila daging atau otot terasa sedikit gembur, kenari anda gemuk.

Tinggalkan Komentar