Inilah Makanan Tambahan Burung Kenari Pasca Mabung

Fase mabung adalah fase yang wajar dan juga sering dialami oleh Burung Kenari pada saat usia tertentu. Fase mabung ini pada umumnya terjadi tidak hanya satu kali saja.

Diantaranya yaitu pada saat usia 3 sampai dengan 4 bulan, 5 sampai dengan 6 bulan dan 9 sampai dengan 10 bulan. Yang mana ketika mabung akan mengalami beberapa hal.

Diantaranya seperti nafsu makan berkurang, bulu rontok, Kenari Jantan tidak berkicau. Selain ituburung kenari jantan dan betina bisa terjadi hilang birahinya.

Fase Mabung Burung Kenari

Fase Mabung Burung Kenari
Fase Mabung Burung Kenari

Ketika fase mabung memang performa Burung Kenari menurun, sebab burung Kenari akan memerlukan lebih banyak energi untuk pembentukan bulu barunya.

Memang proses mabung ini selanjutnya akan menghasilkan bulu yang baru serta semakin kuat dan juga mengkilap.

Akan tetapi perawatan saat mabung harus selalu perhatikan untuk mengantisipasi terjadinya beberapa hal yang bisa terjadi.

Diantaranya seperti proses mabung yang lama, berkicau nya terlambat dan menjadi kegemukan.

Burung Kenari yang memiliki tubuh yang gemuk akan mengurangi daya tarik baik untuk Kenari jantan atau untuk betina saat proses penjodohan.

Anda bisa melakukan pemeriksaan keadaan Burung Kenari, dan apabila sudah tidak mabung lagi dapat dilakukan perawatan seperti sebelumnya.

Burung Kenari yang telah elesai mabung terdapat tanda-tanda yaitu bulu sudah mulai tumbuh lebat dengan warna yang bagus.

Kenari yang fase mabungnya telah selesai mabung juga bisa dipulihkan lagi staminanya dengan cara memberikan makanan tambahan burung kenari pasca mabung yang berprotein tinggi.

Makanan tambahan burung kenari pasca mabung diantaranya yaitu kroto, ulat hongkong dan juga beberapa extra fooding yang lainnya.

Makanan Tambahan Burung Kenari Pasca Mabung

Makanan Tambahan Burung Kenari Pasca Mabung
Makanan Tambahan Burung Kenari Pasca Mabung

Untuk saat ini memang sudah banyak makanan tambahan burung kenari pasca mabung yang instan yang dijual banyak dipasaran. Selain itu sudah banyak disediakan ditoko penjual pakan burung, baik made in Indonesia maupun hasil racikan luar negeri.

Makanan yang kandungan gizinya tinggi pada umumnya ditandai dengan kandungan protein yang tinggi. Komposisi yang seimbang dilengkapi zat bergizi lainnya diantaranya seperti energi metabolisme, lemak, protein, serat kasar, mineral serta vitamin.

Anda perlu memperhatikan, sebaiknya telur campuran ini hanya dijadikan makanan tambahan kenari saja. Dan bukan dijadikan sebagai makanan utama.

Fungsi yang lainnya dari makanan tambahan berbahan dasar telur tadi juga bisa untuk memacu birahi kenari / finch, khususnya ketika tahap penjodohan serta penangkaran.

Perawatan Kenari Pasca Mabung

Ketika burung mabung pemberian extra fooding dikurangi. Hal tersebut dilakukan supaya tidak naik birahinya. Ketika telah selesai mabung pemberian Extra Fooding bisa dilakukan lagi seperti semula.

Dari proses menjemur Kenari pada pagi hari, pembersihan kandang dengan rutin.

Dan jika kondisi tubuhnya masih terlihat lesu, maka pemberian multivitamin dan bisa memperbanyak Extra Fooding pada minggu-minggu awal untuk bisa meningkatkan stamina dari burung kenarinya.

Burung Kenari yang sedang dalam ase mabung memang melakukan aktifitas yang berbeda jika dibanding pada saat dalam kondisi normal. Keadaan tubuhnya pun juga berbeda dengan ketika mabung.

Dengan demikian, perlu adanya perawatan ketika prsoses mabung, setelah proses mabung selesai biasanya stamina Burung Kenari masih belum stabil. Dengan demikian bisa mengakibatkan terlambatnya Kenari berkicau.

Ketika selesai mabung sebaiknya segera berikan perawatan seperti semula dengan memperbanyak extra fooding saat minggu-minggu awal. Berikan juga multivitamin supaya stamina Kenari kembali pulih, dengan demikian bisa berkicau kembali.

Tinggalkan Komentar