Inilah Ciri Khas Burung Remetuk Bakau dan Perilakunya

Jenis burung Remetuk memang belum banyak dikenal oleh para pecinta burung kicauan sebagai burung yang memiliki suara yang merdu dan juga unik. Burung remetuk memang dikenal memiliki beberapa jenis. Salah satunya yaitu burung Remetuk Bakau. Ciri khas burung Remetuk Bakau ini yaitu ukurannya kecil.

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Remetuk Bakau

Ciri Khas Burung Remetuk Bakau
omkicau.com

Burung Remetuk Bakau adalah salah satu dari enam jenis burung Remetuk yang hidup di hutan Indonesia. Adanya burung Remetuk Bakau di alam liar ini hanya bisa dijumpai di kawasan ujung timur Indonesia. Yang mana bertepat di bagian pesisir selatan Pulau Papua serta di area Mimika.

Di luar negeri, daerah persebaran burung Remetuk Bakau ini hanya terdapat di Australia. Untuk habitatnya burung ini yaitu menempati hutan yang berada di area pesisir sungai dan pantai.

Sedangkan jika di Indonesia, habitat atau tempat tinggal burung Remetuk Bakau ini yaitu berada di wilayah pesisir yang ada di hutan Mangrove. Tak hanya itu, burung ini sering berada di semak belukarnya seperti halnya di area rawa-rawa dan juga mencari makan.

Ciri Khas Burung Remetuk Bakau

Ciri khas burung Remetuk Bakau salah satunya yaitu memiliki ukuran yang lumayan kecil. Sebab, panjang tubuhnya hanya sekitar 10 cm saja. Kemudian, ciri khas burung remetuk bakau selanjutnya yaitu warna tubuhnya yang hanya terdiri dari dua warna, diantaranya yaitu warna putih dan juga warna abu-abu gelap.

Untuk yang warna putih ini terlihat jelas ada di bagian bawah tubuhnya. Diantaranya mulai dari bagian tenggorokan, dada, perut, hingga pada bagian tunggirnya. Dan di bagian atas tubuhnya mulai dari kepala, tengkuk, sayap, punggung, hingga pada bagian ekornya terlihat berwarna abu-abu gelap.

Ciri khas burung remetuk bakau selanjutnya yaitu bagian paruhnya berukuran pendek dan agak sedikit tebal yang berwarna kehitaman. Untuk burung remetuk bakau yang usianya masih terbilang muda, pada umumnya di bagian terdapat warna kuning sedikit kepucatan pada bagian tenggorokannya.

Selain itu, ciri khas burung remetuk bakau muda yang lainnya yaitu ukuran ekornya tidak terlalu panjang. Kemudian ekornya juga terlihat agak melebar pada waktu burung tersebut sedang berkicau maupun ketika burung itu sedang bergerak terbang.

Perilaku Burung Remetuk Bakau

Burung Remetuk Bakau
hbw.com

Pada waktu sedang mencari makanan di habitatnya atau di hutan, pada umumnya burung Remetuk Bakau ini akan bergerak dengan berpasangan maupun akan membentuk kelompok yang jumlahnya kecil. Hal ini bertujuan supaya bisa saling menjaga dari hewan predator dengan memberikan peringatan seperti halnya suara siualan antar sesama jenisnya.

Kicauan Burung Remetuk Bakau

Ciri khas burung Remetuk Bakau jika dari segi kicauannya memang tergolong unik dan berbeda dibanding jenis burung kicauan yang lainnya. Sebab, untuk kicauan yang dikeluarkan oleh burung Remetuk Bakau ini terdengar seperti siulan yang agak melengking.

Suara yang dikeluarkan burung ini juga memiliki volume yang tidak terlalu tinggi. Burung Remetuk Bakau bisa mengeluarkan siulan dengan irama yang lembut dan bisa dengan cepat menaik turunkan suara kicauannya.

Tak hanya itu saja, ciri khas burung remetuk bakau dari kicauannya yaitu memiliki tempo kicauannya terbilang agak rapat serta dapat mengeluarkan lebih dari satu jenis siulan. Dengan demikian, irama kicauan yang dimiliki oleh burung Remetuk Bakau ini bisa terdengar merdu dan juga cukup bervariasi.

Dengan suara siulan yang terdengar melengking ini, maka uara burung Remetuk Bakau bisa dijadikan sebagai suara masteran burung lainnya.

Tinggalkan Komentar