Inilah Cara Pencegahan Penyakit Burung Jalak Agar Kembali Prima

Burung Jalak adalah salah satu burung kicauan yang banyak dipelihara karena kepandaiannya dalam berkicau atau menirukan suara jenis burung yang lainnya. Akan tetapi, dalam memelihara burung Jalak terkadang juga menhgalami permasalahan seperti terserangnya penyakit.

Burung Jalak yang sedang terserang gangguan penyakit pada umumnya akan menunjukkan tanda-tanda. Diantaranya yaitu nafsu makan menurun, mata burung sayu dan matanya juga terlihat mengantuk.

Selain itu menganalisa penyakit juga bisa dilihat dari kotoran burung yang menjadi cair. Pada bagian bulunya yang kusam, sayap burung yang tampak lunglai. Selanjutnya juga bisa ditandai dengan burung sering gemetaran, paruh burung sering terbuka, burung yang sering diam. Lalu ada kotoran yang menempel pada kloaka.

Pencegahan Penyakit Burung Jalak


audioburung.com

Apabila berbagai macam tanda-tanda tersebut dialami oleh burung Jalak, bisa diartikan jika burung tersebut dapat dipastikan sedang mengalami salah satu penyakit. Untuk burung Jalak ini, untuk jenis penyakit yang sering menyerangnya diantaranya yaitu berak darah, susah berak.

Selain itu juga bisa terserang gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, penyakit cacingan, masuk angin, radang mata, dan lain sebagainya.

Berak Darah

Ketika Jalak terserang penyakit berak darah, maka seluruh bagian tubuhnya akan tampak lesu, mulai dari mata, sayap, sampai dengan bulunya yang berwarna kusam.

Tak hanya itu saja, ciri-ciri penyakit ini pda umumnya uga diiringi dengan mencret, kotorannya yang menjadi encer serta warnanya kemerahan. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, maka pencegahan penyakit burung alak itu harus segera dilakukan.

Sebaiknya anda kurangi porsi makanny, supaya usus yang terluka bisa lebih baik kondidinya. Usahakan juga untuk memberikan pakan yang halus-halus, seperti voer yang telah dicampur dengan air hangat. Atau anda bisa memberikan obat yang bisa untuk membasmi bakteri pada unggas.

Sesudah dilakukan pengobatan, diharapkan burung Jalak bisa terhindar dari penyakit berak darah lagi. Maka dari itu, anda perlu melakukan serangkaian pencegahan, diantaranya seperti membersihkan sangkar dari kotoran serta sisa makanan yang basi. Penuhi juga kebutuhan nutrisinya.

Susah Berak

Penyakit susah berak yang menyerang pada burung Jalak ini lain halnya dengan penyakit berak darah. Burung Jalak yang terjangkit jenis penyakit ini akan terlihat menderita. Hal ini disebabkan terdapatnya penyumbatan yang ada di bagian kloaka yang mengakibatkan kotoran tersebut tidak dapat keluar dengan lancar.

Pencegahan penyakit burung Jalak yang seperti susah buang air besar ini sangat mudah. Anda bisa mencoba untuk memasukkan air sabun ke dalam dubur burung Jalak dengan lewat alat suntik yang telah diambil jarumnya.

Hal ini tujuannya tak lain untuk memudahkan burung Jalak dalam mengeluarkan kotorannya. Bisa juga anda berikan pakan yang baik untuk proses pencernaannya, seperti kroto segar, pisang kepok, serta buah pepaya.

Gangguan Pencernaan


id.wikipedia.org

Penyakit gangguan percernaan yang terjadi pada burung Jalak ini tak lain dengan penyakit berak darah. Akan tetapi, untuk jenis penyakit ini, burung Jalak dapat terlihat mengalami gangguan yang aneh. Misalnya saja seperti berjingkat-jingkat ketika buang kotoran.

Pengobatan burung Jalak yang kerap mengalami gangguan pencernaan ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan sangkar. Entah itu dengan membersihkan kotoran dan juga membersihkan wadah makan serta minum.

Pencegahan penyakit burung Jalak juga bisa anda lakukan dengan pemberian makananyang bernutrisi. Supaya burung Jalak tak mengalami gangguan pencernaan lagi, sebaiknya anda memberikan makanan yang sehat serta bersih. Jika memberikan jangkrik hilangkan kaki dan kepalanya.

Tinggalkan Komentar