Inilah Cara Menjinakkan Kacer Semi Bagi Pemula Paling Mudah

Di zaman sekarang ini, memelihara burung sudah menjadi trend tersendiri untuk beberapa kalangan dengan berbagai tujuan. Dari sebagian besar kicaumania, ada yang memelihara burung hanya untuk dijadikan sebagai hiburan saja atau untuk menjadikannya sebagai burung lomba.

kicuit.com

Salah satu jenis burung yang terus populer di indonesia sendiri yaitu burung kacer semi. Memang saat memelihara kacer semi ini kita harus tahu cara menjinakkan kacer semi . Sebab, jika kita tidak memahami caranya akan menjadikan kita kesulitan untuk memeliharanya.

Cara Menjinakkan Kacer Semi

Maka dari itulah, disini kita akan bahas cara menjinakkan kacer semi yang dapat anda terapkan di rumah untuk burung kacer peliharaan anda.

1. Menutup Kandang Dengan Koran

Menutup kandang dengan koran ini tujuannya supaya burung merasa tenang dan aman pada saat di dalam sangkar serta tidak akan mengalami stress. Anda bisa melakukannya dengan menutup semua sangkar menggunakan koran. Selanjutnya bisa dilubangi bagian pintu kandang. Gunanya untuk mengganti pakan atau air minum burung tersebut.

Pada saat menutup kandang, sebaiknya tidak ada lubang atau bagian yang terbuka pada berbagai sisi. Sebaiknya sangkar di dalamnya gelap dan tidak ada cahaya masuk selain dari pintu tersebut. Dalam menutupnya anda dapat menggunakan lakban atau apapun yang dapat untuk merakatkan antara koran satu dengan koran yang lainnya.

hargaburung.id

2. Memberi Makan Voer

Cara menjinakkan kacer semi selanjutnya bisa dengan memberikannya voer. Sebab, dengan memberikan makan ini, kacer bisa menjadi lebih tenang dan lebih jinak pada kita atau lingkungan barunya. Anda juga bisa memberikannya sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya di atur, pemberiannya pun sebaiknya juga tidak terlalu banyak, bisa dengan mengkombinasikan dengan EF supaya burung kacer semi kita tidak bosan .

3. Letakkan Sangkar Di Tempat Ramai

Cara yang selanjutnya anda bisa menyimpan sangkar burung kita di tempat yang kerap di lalui oleh manusia, contohnya saja di teras rumah kita. Cara ini bertujuan untuk menjadikan burung kacer terbiasa akan lingkungan kita. Proses ini bisa anda biarkan berjalan 1 minggu dan juga jangan memandikan kacer semi suapay hasilnya maximal.

Walaupun peletakan sangkar harus pada tempat yang sering di lalui, sebaiknya jangan disimpan di tempat yang terlalu bising, agar burung kacer semi tidak stress.

4. Memberikannya Cepuk

Untuk menjinakkan sebaiknya anda untuk memberikannya cepuk yang ada pada sangkar, pemberian cepuk yang ada pada sangkar tujuannya supaya burung kacer semi merasa gerah , sehingga mau mandi di dalam cepuk tersebut.

5. Buka Penutup Koran dengan Berkala

Cara menjinakkan kacer semi selanjutnya adalah membuka beberapa bagian saja dari kandang burung. Contohnya saja, minggu ini kita buka bagian depan dan belakang. Dan pada minggu selanjutnya baru kita membuka bagian kiri serta pada bagian kanan.

Hal ini dilakukan dengan tujua supaya burung tidak kaget lagi dengan lingkungan sekitar dan mengenali sekitaran rumah atau halaman rumah kita. Sesudah anda buka, biarkan pada kondisi tersebut selama 2 minggu .

6. Mandikan Burung Kacer Semi

Cara yang berikutnya anda semua bisa mengajak burung kacer semi untuk mandi. Anda bisa memasukan kacer semi ke tempat keranda mandi burung. Setelah itu, biarkan kacer mandi sendiri dan diamkan selama beberapa menit.

Terapkan cara ini sebanyak 2x sehari yaitu di jam 7 pagi dan sore jam 16.00. Selanjutnya saat malam hari keluarkan burung dari sangkar. Kemudian semprot dengan memakai air hangat kuku dan diamkan burung 30 menit, setelah itu baru masukan ke dalam rumah.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar