Inilah 5 Manfaat Air Embun Untuk Burung Kicauan Yang Harus Anda Tahu

Banyak sekali jenis perawatan yang bisa diberikan untuk burung kicauan agar mendapatkan kualitas seperti yang diinginkan. Salah satunya denga cara pemberian air embun. Sebab bayak sekali manfaat air embun untuk burung kicauan yang bisa dirasakan.

Sudah dari zaman dahulu, air embun ini populer dijadikan sebagai air minuman yang sangat menyehatkan. Maka dari itu, orang-orang dahulu kala banyak yang menjadikan air ini sebagai minuman segar setiap pagi sesudah mereka bangun dari tidurnya.

Seperti halnya yang telah kita diketahui bersama, jika air embun ini merupakan air yang sudah mengalami proses pengembunan (destilasi). Oleh sebab itu, untuk mendapatkan air embun, anda bisa meletakkan air dalam kendi maupun wadah apapun.

pertanianku.com

Selanjutnya letakkan di bawah langit langsung. Terutama pada saat pagi hari pada saat fajar tiba hingga terbit matahari. Ini disebabkan embun lebih banyak muncul di pagi hari jika dibandingkan malam hari.

Air embun ini pada umumnya memiliki rasa yang berbeda jika dibadingkan dengan air putih biasa. Adanya perubahan gas menjadi suatu cairan pada saat proses pengembunan ini sudah mengubah rasa air ini menjadi lebih senyuk dan segar.

Manfaat Air Embun Untuk Burung Kicauan

Akan tetapi, air embun ini tidak hanya baik dimanfaatkan manusia saja. Akan tetapi juga baik diberikan pada burung. Burung-burung yang anda berikan minum air embun ini bisa menjadi lebih sehat. Dengan demikian, burung yang anda pelihara tersebut bisa lebih rajin dalam berkicau. Berikut ini aka dijelaskan lebih lengkap mengenai manfaat air embun pada burung berkicau.

1. Menjernihkan Suara

Burung kicauan yang diberikan air embun setiap hari maka akan bisa memiliki suara yang lebih jernih, lantang, dan juga lebih merdu. Dengan demikian bisa memungkinkan burung memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi juara pada tiap kontes burung berkicau.

2. Menyembuhkan Serak

Manfaat air embun untuk burung kicauan bisa untuk menjernihkan suara. Oleh sebab itu, air embun ini juga cocok sekali untuk diberikan pada burung-burung yang mengalami berbagai macam gangguan suara. Misalnya saja seperti suara serak. Karena, air embun bisa menjadikan tenggorokan burung menjadi lebih lega serta bisa lebih plong. Dengan demikian, aneka ragam gangguan bisa diobati dengan baik.

tirto.id

3. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Air embun juga bisa bermanfaat untuk menyegarkan tubuh burung. Dengan demikian, burung bisa menjadi jauh lebih sehat jika dibandingkan yang sebelumnya. Ini semua disebabkan karena air embun ini memberikan perasaan segar yang ada pada tubuh. Tak hanya itu saja, air embun juga bisa untuk menyejukkan tubuh yang ada pada bagian dalam serta untuk menyegarkan pikiran burung.

4. Membersihkan Usus

Manfaat air embun untuk burung juga bisa untuk membersihkan usus. Dengan demikian, proses BAB burung bisa menjadi lebih lancar. Maka dari itulah, burung kicauan anda tidak mengalami kendala apapun dalam masalah mengeluarkan kotoran. Dan ini semua juga bisa untuk mengobati beraneka ragam gangguan pada usus burung. Misalnya saja seperti berak air, berak kapur, danmasih banyak lagi yang lainnya.

5. Menenangkan Diri

Air embun manfaatnya juga bisa membuat burung menjadi lebih tanang. Hal ini disebabkan karena air embun ini memberikan perasaan tenang pada burung. Maka dari itu, burung stres atau dalam masa adaptasi dianjurkan sekali untuk diberikan air embun. Sama halnya dengan mandi fajar, air embun bisa meredakan stress pada burung.

Tinggalkan Komentar