Ini Dia Penyebab Kacer Mangap Saat Lomba Berlangsung

Kacer adalah salah satu jenis burung yang banyak dipilih untuk dilombakan. Hal ini dikarenakan kacer memiliki performa dan kualitas suara yang bagus untuk bersaing dalam perlombaan. Hanya saja, seringkali kacer mangap sehingga performanya dinilai kurang optimal. Dalam hal ini, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab kacer mangap saat lomba.

omkicau.com

Kacer mangap bisa mengakibatkan penurunan nilai sehingga mempersulit peluang anda untuk memenangkan perlombaan. Disamping itu, kacer mangap juga bisa menjadi pertanda bahwa ia sedang berada dalam kondisi yang tidak nyaman. Dengan begitu, anda harus segera menanganinya secara tepat dan cepat.

Penyebab Kacer Mangap Saat Lomba

Ada banyak hal yang menyebabkan kacer mangap ketika lomba. Pastikan anda mengetahui apa saja penyebab kacer mangap saat lomba sehingga anda bisa memberikan perawatan khusus sebelum mengikutsertakan ke dalam lomba. Berikut ulasan lengkapnya.

Takut

Kacer yang mangap bisa menandakan bahwa ia tengah ketakutan. Apalagi jika kondisi mangap ini diikuti dengan gestur mlongo, bengong dan tatapan kosong. Kalaupun berbunyi, biasanya suaranya akan terdengar gelisah dan ngejer. Bahkan kacer seringkali menabrak jeruji. Sudah dipastikan kondisi ini memperlihatkan mental kacer yang belum siap.

Saat hal ini menimpa kacer kesayangan anda, pastikan anda segera memberikan penanganan. Adapun cara menanganinya yaitu menjauhkan kacer dari area lomba. Setelah itu, buka kerodong dan buang kroto yang ada di dalamnya.

Langkah selanjutnya, anda bisa memberikan voer dan air minum. Jika sudah, anda bisa menjemur kacer sampai mangapnya hilang. Meski gelisahnya belum hilang, anda sudah bisa menghentikan penjemuran apabila tidak lagi mangap.

Lalu anda bisa mengangin-anginkan dan memberi UH 1 cepuk usai kacer berhenti makan. Lakukan kerodong lagi dan taruhlah di keramaian. Anda bisa buktikan sendiri bahwa kacer kesayangan anda sudah tidak mangap lagi yang mana menandakan ia tak takut.

Banyak Jemur Kurang Mandi

Selain takut, kacer yang mangap saat lomba juga bisa disebabkan karena banyak jemur namun kurang mandi pada perawatan sebelumnya. Penyebab ini akan semakin jelas apabila kondisi mangap ini disertai dengan kacer yang sering meloncat-loncat.

Takaran dan Jenis EF yang Salah

burungnya.com

Takaran makanan tambahan yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan kacer mangap. Tak hanya itu, jenis EF juga mempengaruhi kondisi tersebut. Hal ini dikarenakan takaran dan jenis EF yang tak sesuai dengan kebutuhan bisa menyebabkan suhu badan kacer menjadi naik. Dengan begitu, kacer akan mangap saat lomba.

Kepanasan

Kacer yang mangap ketika lomba juga bisa karena kepanasan. Apalagi kondisi ini disertai dengan keadaan sayap yang sedikit dibuka dan nafasnya tidak beraturan. Meski begitu, kondisi ini tetap membuat kacer responsif. Untuk mengatasi penyebab ini, anda bisa menempatkan kacer di tempat teduh dan memberinya minuman.

Kurangnya Durasi Jemur

Kurangnya durasi penjemuran juga bisa menyebabkan kacer mangap ketika lomba. Oleh karena itu, pastikan anda melakukan penjemuran kacer secara cukup. Jangan kurang ataupun terlalu lama. Dijamin fighter kacer tak akan hilang saat lomba. Kacer kesayangan anda pun memiliki peluang yang besar untuk menang lomba.

Terlalu Banyak Konsumsi Kroto

Penyebab kacer mangap saat lomba lainnya ialah terlalu banyak konsumsi kroto. Banyak makan kroto bisa mengakibatkan kacer mangap dan gelisah. Maka dari itu, pastikan anda memberikan kroto secara cukup saja. Tak hanya kroto, anda juga harus memberikan perhatian lebih pada pemberian ulat bambu, ulat daun pisang, dan lain sebagainya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.