Doping Air Garam Untuk Lovebird dan Manfaatnya

Seperti yang kita ketahui lovebird merupakan burung kicau yang saat ini sedang dan terus naik daun dan banyak yang memeliharanya.

Bahkan lovebird juga bisa menjadi terkenal di dunia pecinta burung kicau.

Banyak nya acara atau event lomba di setiap daerah di Indonesia menjadikan burung paruh bengkok ini menjadi semakin populer.

Untuk mendapatkan burung lovebird yang gacor dan bisa ngekek panjang, pada umumnya banyak pemelihara yang memberikan doping. Salah satu diantaranya dengan doping air garam.

Doping Air garam Untuk Lovebird

Doping Air Garam Untuk Lovebird
Doping Air Garam Untuk Lovebird

Pemberian air garam untuk lovebird memang sudah kerap dilakukan oleh para lovebird mania. Akan tetapi ada sebagian pecinta burung lovebird yang menyarankan untuk memberikan air garam untuk lovebird.

Sebab mereka sudah merasakan sendiri manfaat garam tersebut secara langsung dan ternyata bisa terbukti memberikan efek yang cukup bagus dan signifikan bagi perkembangan lovebird gacoannya.

Namun sebagian juga masih ada yang merasa ragu-ragu atau bahkan menghindari pemberian garam pada lovebird peliharaan mereka.

Karena mungkin mereka tidak merasakan efek apa-apa dari air garam yang diberikan pada lovebird tersebut.

Cara Doping Air Garam Untuk Lovebird

Cara Doping Air Garam Untuk Lovebird
Cara Doping Air Garam Untuk Lovebird

Pagi sebaiknya burung diangin anginkan dan dijemur hanya beberapa menit tergantung cuaca, lalu dimandikan dengan menggunakan semprot sprey, akan tetapi tidak terlalu basah.

Selanjutnya sangkar dibersihkan sebersih mungkin dengan menggunakan air yang sudah dixampur dengan menggunakan shampo.

Setelah itu angikan burung anda dan diberi menu harian millet putih tanpa campuran.

Untuk keseharian digantung biasa tanpa krodong di campur dengan jenis burung lainnya, tanpa ada tempat khusus seperti gaco pada umunnya yang dipisah pisahkan. Hampir setiap hari perawatan diatas dilakukannya.

Perawatan Menjelang Lomba

Untuk perawmtan burung menjelang Lomba bisa dengan digantangkan atau cukup disiapkan pada H-1 atau pada hari sabtu apabila dimainkan pada hari minggu.

Ketika sabtu pagi perawatan seperti biasa, akan tetapi untuk menu yang biasanya hanya millet putih diberi satu sendok kecil pakan lomba.

Untuk perbandingan setengah millet putih setengah ada pakan besar dicampurkan dengan satu sendok kecil pakan lomba.

Setelah menu pagi siap disajikan selanjutnya burung di gantung di tempat tersendiri tanpa ada teman yang tanpa di krodong.

Ketika lovebird anda sendiri sendiri bisa tampak seperti apa birahi burung tersebut, jika stabil maka burung siap lagsung digantang untk esok hari.

Namun jika lovebird anda over birahi atau nakal, doping air garam untuk lovebird bisa anda lakukan untuk menstabilkan, dengan cara diberikan di cepuk air minum.

Ketika pagi hari sebelum berangkat ke lapangan menu bisa anda ganti dengan millet putih kembali selanjtnya tambahkan tiga iris batang kangkung muda berukuran 3 mili. Untuk air garam masih tetap disajikan ketika dilapangan.

Dan setelah lovebird selesai lomba maka juga tidak ada perlakuan khusus hanya kandang dibersihkan sebersih mungkin dengan menggunakan kanebo.

Sedangkan untuk pakannya, anda bisa mengembalikan menu utama yaitu milet putih, dan juga air minum kembali diberiakan air mineral biasa serta digantung tanpa harus dikrodong.

Manfaat Air garam Untuk Lovebird

Adapun manfaat air garam untuk lovebird antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Menstabilkan birahi lovebird
  • Menambah daya tahan tubuh lovebird, terutama terhadap peruahan cuaca yang ekstrem
  • Mengatasi lovebird ciak bulu
  • Menambah stamina lovebird yang loyo
  • Memenuhi kebutuhan mineral
  • Membuat lovebird menjadi lebih aktif dan rajin berkicau (ngekek)

Tinggalkan Komentar