Daftar Jenis-Jenis Burung yang Penuh Mitos, Tertarik Memeliharanya?

Meski zaman sudah maju, masyarakat Indonesia masih sangat dekat dan percaya dengan mitos-mitos tertentu. Kepercayaan-kepercayaan umum yang berlangsung turun-temurun pada sejumlah hal terkait kehidupan di dunia. Tak terkecuali tentang jenis-jenis burung.

Anda pasti pernah mendengar bahwa beberapa jenis burung kental dengan mitos-mitos tertentu. Menariknya, burung-burung yang penuh mitos ini justru mencuri perhatian sebagian orang untuk memeliharanya. Terlepas dari benar atau tidak mitos tersebut, ada sensasi dan tantangan tersendiri memelihara burung yang “katanya” menyimpan misteri atau teka-teki.

Anda tertarik memelihara burung-burung mitos ini?

Jika YA, yuk simak sejenak pembahasan sejumlah burung yang penuh mitos di bawah ini. Burung-burung unik dan khas yang bisa jadi pilihan menarik untuk dipelihara di rumah. Di antaranya :

Burung Pipit

Burung Pipit
Burung Pipit

Sebagian dari kita pasti tak asing mendengar nama Burung Pipit. Burung kecil nan mungil ini menyimpan mitos yang masih dipercaya hingga sekarang. Apakah Anda pernah melihat dan mendengar Burung Pipit berkicau di depan rumah?

Konon ceritanya, bila Burung Pipit berkicau di depan rumah, maka akan segera datang tamu istimewa ke rumah tersebut. Sebagian orang mempercayai mitos ini. Bagaimana dengan Anda?

Burung Gagak

Burung Gagak
Burung Gagak

Burung satu ini sudah terkenal sebagai burung yang penuh mistis. Padahal Gagak memiliki bentuk tubuh yang unik dan cantik. Namun dibalik daya tariknya itu, Gagak dipercaya menyimpan banyak misteri. Ada anggapan bahwa kicauan Burung Gagak bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Salah satu mitos besar terkait burung satu ini ialah kabar akan datangnya kematian. Banyak yang percaya bahwa, saat burung ini berputar-putar dan hinggap di atas rumah, biasanya seseorang yang tinggal di dalamnya akan meninggal dunia. Percaya atau tidak, itu keputusan Anda.

Burung Perkutut

Burung Perkutut
Burung Perkutut

Untuk Anda yang tertarik dan pecinta Burung Perkutut, apakah alasan Anda memeliharanya? Sebagian bisa saja karena hobi dan keunikan yang dimiliki oleh burung satu ini. Namun, sebagian lagi mungkin mempercayai mitos yang berkembang luas di masyarakat.

Mitos yang mengatakan bila seseorang memelihara Burung Perkutut, maka akan mendatangkan banyak keberuntungan. Ada juga yang beranggapan bahwa, bila burung satu ini berkicau, maka pemiliknya akan mendapatkan lebih banyak keberuntungan. Mitos ini paling banyak dipercaya di Tanah Jawa.

Burung Hantu

Burung Hantu
Burung Hantu

Sesuai namanya, burung ini memiliki bentuk yang menyeramkan. Namun menariknya, cukup banyak orang berminat memelihara Burung Hantu. Bentuknya yang tak lazim itu justru mampu menghipnotis sejumlah pecinta burung unik dan khas. Apakah Anda juga tertarik memilikinya?

Sebelum itu, Anda perlu tahu mitos dibalik burung unik satu ini. Sebagian besar masyarakat Indonesia percaya bahwa bila ada suara Burung Hantu di malam hari, itu tanda akan ada seseorang yang hamil. Anda bebas untuk percaya atau tidak, karena ini hanya sekadar mitos yang berkembang di masyarakat.

Burung Wallet

Burung Wallet
Burung Wallet

Burung Wallet merupakan salah satu burung langka yang banyak diincar banyak orang. Burung ini memiliki kecepatan terbang di atas rata-rata dan jarang sekali hinggap di tempat yang bukan sarangnya. Itulah mengapa burung ini cukup mahal.

Namun di lain sisi, Burung Wallet menyimpan mitos tersendiri. Ada anggapan bahwa, bila Burung Wallet masuk ke dalam rumah, maka bisa mendatangkan keberuntungan untuk penghuni di dalamnya. Apakah Anda percaya?

Tidak masalah jika Anda tertarik memelihara jenis-jenis burung yang kental dengan mitos, seperti di atas. Anda hanya perlu bersikap bijak dalam menanggapi mitos yang ada dan tidak menyalahi keimanan kepada agama yang dianut masing-masing. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar