Ciri Khas Burung Pipit Matari dan Cara Perawatannya

Burung finch atau burung pipit adalah jenis burung yang bertubuh mungil dan memiliki banyak sekali jenis.

Jenis burung finch antara lain seperti strawberry finch, starsfinch, burung emprit jepang dan madih banyak lagi.

Selain itu masih ada lagi jenis burung finch yang memiliki ciri khas yang unik, yaitu burung pipit matari.

Pipit matari / crimson finch (Neochmia phaeton) merupakan salah satu jenis burung finch, dan hanya bisa anda jumpai di Papua dan juga di Australia.

Ciri Khas Burung Pipit Matari

Ciri Khas Burung Pipit Matari
Ciri Khas Burung Pipit Matari

Ciri khas burung pipit matari yaitu memiliki fisik yang tampak cantik dengan wajah merah dan ekor yang tampak runcing.

Dan ciri khas burung pipit matahari ini telah menarik perhatian para penggemar finch untuk merawat dan juga membudidayakannya.

Ciri khas burung pipit matari selanjutnya yaitu mempunyai tubuh berukuran kecil dengan panjang kurang lebih sekitar 13 cm.

Di bagian muka sampai pada bagian dada berwarna merah terang, perut putih, punggung dan juga pada bagian sayap berwarna cokelat, kaki kuning, dan ekornya terlihat meruncing.

Species Pipit Matari

Ada dua ras / subspesies dari burung ini, yang mana daerah persebarannya berbeda. Selain itu juga memiliki sedikit perbedaan dari segi penampilan.

1. Neochmia phaeton phaeton

Ras ini daerah persebaran yaitu mulai dari wilayah utara Australia Barat, wilayah utara Northern Territory, sampangan di wilayahi de Queensland.

Ciri khas burung pipit matari ras australia ini yaitu punya perut berwarna hitam. Maka dari itu dalam literatur perburungan internasional burung ini disebut dengan black-bellied crimson finch.

2. Neochmia phaeton evangeline

Dan untuk ras ini daerah persebarannya yaitu berada di wilayah selatan Papua dan juga di ujung timur-laut Austalia.

Pipit matari juga merupakan ras papua yang mempunyai perut yang berwarna putih (white-bellied crimson finch). Kemudian pada bagian ekor lebih pendek jika dibandingkan jenis lainnya yang ada di Australia.

Kehidupan dari burung pipit matari ini sering terlihat kelompok burung kecil atau dalam kawanan besar bergerombol.

Terkadang juga terlihat bercampur bersama jenis pipit lainnya seperti bondol.

Habitat burung ini juga beragam, seperti savana, hutan bambu, padang rumput yang berawa, areal perkebunan. Bahkan burung ini juga memiliki habitat di daerah dengan rumput tinggi di dekat danau atau tepian sungai.

Perawatan Burung Pipit Matari

Perawatan Burung Pipit Matari
Perawatan Burung Pipit Matari

Jika anda memelihara burung pipit matari ini, maka anda harus merawatnya dengan sebaik mungkin.

Perawatannya juga mudah untuk dilakukan, sebab burung ini mudah untuk beradaptasi dan juga bisa cepat jinak.

Namun apabila Anda hendak menangkarkannya, maka dibutuhkan trik khusus supaya proses penangkaran dapatv segera berjalan sesuai dengan harapan.

Secara umum, burung pipit matari merupakan burung koloni. Oleh sebab itu burung ini bisa disatukan dengan jenis burung finch lainnya dalam kandang aviary maupun dalam kandang koloni.

Perilaku burung pipit matari ini dikenal sangat agresif dan juga sering menyerang burung lain, khususnya ketika sedang berkembang biak.

Oleh sebab itu dibutuhkan kadang breeding tersendiri apabila Anda memang ingin menangkarkannya.

Makanan Burung Pipit Matari

Burung pipit matari merupakan burung pemakan biji bijian, bisa anda berikan seperti pakan kenari. Bisa juga anda beri Sayur-sayuran seperti mentimun, daun bayam, sawi, wortel, dan sebagainya.

Sedangkan untuk pakan hidup diantaranya seperti ulat hongkong, baik yang masih hidup maupun yang telah dikeringkan. Anda juga bisa memberikan telur rebus dan asinan sebagai pakan tambahannya.

Tinggalkan Komentar