Ciri Khas Burung Paok Hijau dan Kebiasaan Hidupnya

Di alam ini ada jenis burung yang memiliki ciri khas dengan warna bulunya yang unik. Burung tersebut bernama burung paok hijau.

Burung paok hijau adalah jenis burung yang memiliki warna yang cantik dan cerah. Selain itu juga memiliki suara kicauan yang cukup khas.

Burung paok hijau memang bukan termasuk jenis burung endemik asli Indonesia yang daerah penyebarannya tidak hanya berada di Indonesia saja.

Akan tetapi, untuk jenis burung ini juga tersebar ke berbagai negara yang ada di benua Asia.

Untuk daerah persebaran burung paok hijau ini jika di luar negeri diantaranya terdapat di India, Himalaya, Thailand, Filipina, Laos, dan Malaysia.

Kemudian apabila di Indonesia, daerah penyebarannya ada di daerah Sumatera, Nias, Jawa, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dan juga ada di Papua.

Banyaknya jumlah wilayah yang ditinggali oleh burung paok hijau ini membuat burung ini lumayan populer di kalangan masyarakat Asia.

Ciri Khas Burung Paok Hijau

Ciri Khas Burung Paok Hijau
flickr.com

Ciri khas burung paok hijau jika secara umum yaitu mempunyai warna hijau mencolok yang ada di bagian atas tubuhnya, sayap, dan juga ada di bagian dadanya.

Terdapat juga warna hitam yang terlihat menutupi kepalanya hingga pada bagian leher dan di bagian bawah dadanya atau perutnya.

Sedangkan untuk ciri khas burung paok hijau ini pada bagian tunggirnya terlihat warna merah mencolok hingga pada bagian ujung ekornya.

Di bagian sayapnya terlihat warna putih kebiruan yang berada pada bagian pangkal sayapnya. Burung paok hijau ini memang beda dengan burung paok pancawarna.

Ciri khas burung paok hijau pada bagian ekornya yaitu hanya mempunyai ekor yang sangat pendek. Dan bahkan dapat dikatakan burung ini seperti tidak mempunyai ekor.

Kebiasaan Hidup Burung Paok Hijau

Burung pok hijau pada umumnya hidup pada hutan yang mempunyai kelembaban yang baik. Dengan demikian, burung ini sangat menyukai hutan basah untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya.

Kebiasaan dari burung paok hijau pada saat hidup di hutan yaitu lebih banyak berjalan dengan melompat-lompat di atas tanah dari pada terbang mengitari pepohonan.

Burung paok hijau yang melompat-lompat pada bagian tanah juga tidak termasuk suatu suatu rutinitas yang dilakukan tanpa alasan.

Burung paok hijau melompat-lompat di atas tanah tujuannya yaitu untuk mencari makanan yang banyak bersembunyi di balik kayu mati, dedaunan kering dan di dalam tanah.

Untuk burung paok hijau juga akan membalik-balikan dedaunan kering untuk mencari serangga kecil.

Selain itu burung ini juga akan mencari buah-buahan yang jatuh dari pohon.

Dan juga ia akan mematuki kayu yang telah mati untuk dapat memakan invertebrata dan ulat-ulat kecil yang bersembunyi di balik kayu yang mati.

Burung paok hijau ini juga aktif pada siang hari. Sedangkan pada saat malam hari burung ini akan beristirahat di atas ranting pohon.

Masa Perkembangbiakan Paok Hijau

Burung Paok Hijau
youtube.com

Musim kawin dari burung paok hijau ini diantaranya yaitu pada bulan Mei, Oktober, Februari, Desember, dan Juli.

Untuk sekali bertelur pada musim kawin, burung paok hijau ini telurnya bisa mencapai 2 sampai 5 butir telur yang diletakkan pada sarang yang mana bentuknya seperti kubah mendatar.

Kicauan Burung Paok Hijau

Ciri khas burung paok hijau juga bisa dilihat dari suara kicauannya yang terdengar indah dan mengalun-alun.

Burung ini akan mengeluarkan suara dengan interval yang rendah dan berulang-ulang. Dan bunyi kicauannya seperti siulan ganda.

Sifat yang dimiliki oleh burung paok hijau ini yaitu tidak takut pada makhluk asing yang mendekatinya termasuk juga jika didekati manusia.

Tinggalkan Komentar