Ciri Khas Burung Merbah Belukar dan Daerah Persebarannya

Salah satu jenis burung kicauan yang ada di alam ini yaitu burung merbah. Jenis burung merbah ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak disukai oleh para pecinta burung kicauan yang ada di tanah air.

Untuk jenis burung merbah ini banyak disukai orang-orang, sebab suara kicauan yang dihasilkannya cukup merdu dan juga bervariasi.

Tak hanya itu saja, ukuran tubuhnya juga tergolong sudah cukup proporsional dengan bentuk tubuh yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Untuk jenis burung merbah pun ini keberadaannya pun juga tersebar lumayan merata pada berbagai daerah yang bertempat di area hutan dataran rendah hingga di daerah pegunungan.

Ada salah satu jenis burung merbah yang dinilai memiliki suara kicauan yang merdu, yaitu burung merbah belukar.

Ciri Khas Burung Merbah Belukar

Ciri Khas Burung Merbah Belukar
Ciri Khas Burung Merbah Belukar

Ciri khas burung merbah belukar memiliki ukuran tubuh yang bisa dikatakan sedang dengan panjangnya kurang lebih hanya sekitar 20 cm saja.

Untuk tubuhnya memiliki tiga corak warna, diantaranya yaitu cokelat keabu-abuan, hijau zaitun, dan juga putih keabu-abuan.

Sebagian besar tubuhnya ditutupi oleh warna cokelat keabu-abuan, diantaranya mulai dari atas bagian kepala, pipi, tengkuk, pertengahan sayap, punggung bawah, dan juga ada di bagian bawah sayapnya.

Kemudian untuk bagian atas dan bagian bawah tubuhnya memiliki warna hijau zaitun. Seperti halnya di bagian punggung atas, sayap, dada, pangkal perut, dan sampai dengan bagian ekornya.

Kemudian untuk warna putih keabu-abuan hanya terlihat pada bagian tenggorokannya saja.

Pada bagian matanya berbentuk bulat yang mana ukurannya cukup besar. Dan dengan pupil berwarna hitam dan irisnya juga berwarna kuning cerah.

Ciri khas burung merbah belukar selanjutnya yaitu pada bagian paruhnya yang berwarna hitam pekat dengan ukuran sedang dan juga terlihat lebar.

Pada bagian ekornya yang berwarna hijau zaitun dengan ukuran yang agak panjang dan terdiri atas beberapa helai bulu lebar.

Pada bagian kakinya yang terlihat berwarna krim kecokelatan yang ukurannya sedang dan juga gterlihat agak besar dengan cakar yang cukup tajam.

Daerah Persebaran Burung Merbah Belukar

Daerah Persebaran Burung Merbah Belukar
Daerah Persebaran Burung Merbah Belukar

Jenis burung merbah belukar ini memiliki daerah persebaran yang tidak hanya tersebar merata di Indonesia saja.

Akan tetapi, persebaran burung merbah belukar ini juga terdapat di beberapa negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Dan untuk populasi burung merbah belukar ini terdiri dari Malaysia, Thailand, Myanmar, dan juga di Filipina.

Kemudian untuk populasi burung merbah yang berikut ini yaitu berada di wilayah hutan kita.

Yang mana berada di daerah Pulau Sumatera, Bangka, Kalimantan, Kepulauan Anamba, Jawa, dan juga ada di Pulau Bali.

Banyaknya tempat tinggalnya yang ada di berbagai negara dan daerah ini disebabkan karena ras burung ini memiliki lima sup-spesies dengan ciri fisik yang tidak terlalu berbeda.

Tak hanya itu saja, sebutan untuk burung ini pun juga berbeda-beda di berbagai daerah. Sebab ada yang menyebutnya dengan mencirang, braba-rimbo, dan merbak rimba.

Kicauan Merbah Belukar

Kemudian untuk bunyi kicauan yang dikeluarkan oleh burung merbah belukar (Pycnonotus plumosus) ini terdengar nyaring.

Kemudian juga dengan volume yang lumayan terdengar tinggi tapi tnamun suaranya sampai melengking.

Suaranya juga memiliki tempo yang cukup rapat dengan adanya irama naik-turun yang bergerak cepat.

Ciri khas burung merbah belukar ditandai dengan kicauan yang lumayan rapat membuat suaranya bernada pendek. Terkadang suaranya seperti terpotong yang bunyinya selalu diulang dengan terus-menerus.

Tinggalkan Komentar