Ciri Khas Burung Layang-Layang Batu dan Daerah Persebarannya

Di Indonesia ini, jenis burung Layang-Layang sudah banyak diketahui oleh para pecinta burung kicauan. Dan biasanya, orang-orang yang mengenal jenis burung Layang-Layang ini sebab gaya terbangnya yang bisa melayang di udara dengan tidak sering mengepakkan sayapnya, seperti halnya burung Kekep Babi.

Ciri khas burung layang-layang pada umumnya yaitu sayapnya yang berukuran panjang ini terdengar lumayan merdu dan nyaring. Salah satu jenis burung laying-layang yang perlu anda ketahui yaitu burung Layang-Layang Batu.

Burung Layang-Layang Batu termasuk jenis burung Layang-layang ciri khasnya hanya dengan ukuran kecil dengan panjang hanya sekitar 14 cm saja. Kicauannya juga tergolong cukup merdu dan juga nyaring.

Daerah Persebaran Burung Layang-Layang Batu

Burung Layang-Layang Batu
aldorizalsyah.blogspot.com

Daerah persebarannya tidak hanya berada di wilayah hutan Indonesia, akan tetapi juga tersebar yang ada di berbagai negara lainnya seperti halnya India, Sri Lanka, Filipina, Myanmar, Thailand, serta Papua Nugini.

Sedangkan keberadaan burung Layang-Layang Batu di Indonesia tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan juga di Papua.

Perilaku Burung Layang-Layang Batu

Ketika berada di alam liar, burung Burung Layang-Layang Batu (Hirundo Tahtica) ini mendiami area dataran hingga di perbukitan dengan ketinggian mencapai 1500 meter di atas permukaan laut.

Untuk area lahan yang menjadi habitatnya tinggal biasanya berada di daerah terbuka yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat. Diantaranya yaitu meliputi area jembatan dekat sungai, perkebunan, serta di hutan sekunder.

Dan ketika mencari makanan pada umumnya dilakukan dengan sendirian dengan terbang melayang dekat permukaan air. Perkembangbiakannya berlangsung sekitar bulan Desember hingga bulan Agustus dengan sarang berbentuk bola yang diletakkan dekat jembatan ataupun di dekat bangunan.

Ciri Khas Burung Layang-Layang Batu

Ciri Khas Burung Layang-Layang Batu
worldbirdphotos.com

Untuk ciri khas burung Layang-Layang Batu yang bisa dilihat yaitu pada ukuran badannya tergolong kecil. Kemudian untuk corak warna bulunya terdiri atas beberapa warna. Antara lain seperti merah karat, hitam, abu-abu, serta warna biru. Warna merah karat terlihat menutupi area depan kepala, sisi wajah, dan juga pada bagian tenggorokannya.

Sedangkan ciri khas burung Layang-Layang Batu selanjutnya yaitu warna hitam yang terdapat di area atas kepala, sayap dan juga pada bagian ekornya. Untuk warna abu-abu tampak pada bagian bawah tubuhnya . Diantaranya mulai dari bagian dada, perut, sampai dengan bagian tunggirnya.

Kemudian untuk warna birunya terdapat menutupi area atas tubuhnya yang meliputi kesemua bagian punggung dan juga pada bagian pangkal sayapnya.

Ciri khas burung Layang-Layang Batu selanjutnya paruh berwarna hitam yang berukuran sedang dan serta terlihat agak tebal. Pada bagian sayapnya yang berwarna hitam memiliki ukuran yang lumayan panjang yang mencapai setengah dari ukuran ekornya.

Sedangkan untuk bagian matanya berwarna hitam kecokelatan dengan ukuran yang agak besar dan juga berbentuk bulat. Kemudian untuk bagian ekornya yang berwarna hitam ukurannya sedang.

Yang mana pada bagian bulunya hanya terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar. Lalu untuk bagian kakinya yang berwarna hitam dengan ukuran sedang dan juga mempunyai cakar yang tajam.

Kicauan Burung Layang-Layang Batu

Ciri khas dari burung Layang-Layang Batu atau Pacific Swallow jika dari kicauannya yaitu terdengar lumayan merdu dan juga nyaring. Untuk volume kicauan yang dibunyikan juga termasuk edang dengan tempo yang lambat.

Kemudian untuk nada suaranya juga berupa cuitan yang dibunyikan dengan cara terus-menerus dengan irama yang tidak sampai melengking di telinga.

Tinggalkan Komentar