Ciri Khas Burung Kicuit Hutan dan Perilakunya Di Alam Liar

Burung kicuit hutan adalah salh satu jenis burung yang memang belum banyak dipelihara oleh pecinta burung kicauan di tanah air.

Selain itu, burung kicuit hutan ini juga masih sangat jarang sekali terlihat ada di pasar burung kicauan.

Tak hanya itu saja, jenis burung kicuit ini juga termasuk jenis burung migrasi yang rutin datang mengunjungi beberapa daerah di Indonesia.

Ciri khas burung kicuit hutan ini yaitu dengan suara kicauannya juga terdengar lumayan merdu dan nyaring.

Burung kicuit hutan juga merupakan dari tiga jenis burung kicuit yang rutin bermigrasi ke hutan Indonesia ketika menjelang musim dingin tiba di negara asalnya.

Tujuan burung kicuit hutan ini bermigrasi menuju daerah atau negara yang tidak mengalami musim dingin disebabkan oleh kondisi fisiknya tidak kuat menahan suhu dingin yang bisa mencapai di bawah nol derajat celsius.

Daerah Persebaran Burung Kicuit Hutan

Burung Kicuit Hutan
pecintahewan.id

Sedangkan untuk daerah yang pada umumnya ditujunya kebanyakan beriklim tropis seperti negara di Asia Tenggara.

Sedangkan untuk negara asal yang menjadi tempatnya berkembangbiaknya burung kicuit hutan antara lain yaitu negara Rusia, Siberia, Tiongkok, Jepang, dan India.

Ciri Khas Burung Kicuit Hutan

Ciri khas burung kicuit hutan (Dendronanthus Indicus) antara lain yaitu memiliki ukuran tubuh yang tergolong sedang. Panjang tubuhnya kurang lebih sekitar 17 cm.

Sedangkan untuk warna yang menutupi bulu-bulunya antara lain terdiri dari tiga warna cokelat keabu-abuan, putih, serta warna hitam.

Warna cokelat keabu-abuan juga tampak pada atas tubuhnya mulai dari kepala, tengkuk, punggung, sisi pangkal sayap, hingga pada bagian ekornya.

Ciri Khas Burung Kicuit Hutan
pecintahewan.id

Ciri khas burung kicuit hutan lainnya yaitu warna putih yang terlihat pada beberapa bagian.

Antara lain seperti garis horizontal dekat atas mata, tenggorokan, leher bawah, dada, perut, serta pada bagian tungirnya.

Warna hitam juga tampak bercampur dengan warna putih yang mirip belang dan terlihat pada bagian sisi sayap serta pada bagian area dadanya.

Tak hanya itu, tubuh bagian bawah yang berada pada bagian dadanya juga terlihat berukuran agak besar serta tampak menonjol.

Pada bagian paruhnya memiliki ukuran yang agak panjang dan berbentuk tipis dan berwarna cokelat keabu-abuan

Lalu bagian ekor juga yang berwarna cokelat keabu-abuan yang mempunyai ukuran cukup panjang dan sering digoyangkannya ketika sedang berjalan atau hendak berkicau.

Pada bagian kakinya yang berwarna merah muda juga memiliki ukuran yang agak panjang serta berbentuk agak tegap.

Perilaku Burung Kicuit Hutan

Perilaku atau kebiasaan burung kicuit hitam pada saat berada di alam liar yaitu biasa mendiami hutan yang berada di area dataran tinggi.

Yang mana memiliki ketinggian yang mencapai 1500 meter di atas permukaan laut.

Untuk wilayah hutan yang sering dijadikannya tempat tinggal sementara jenis burung kicuit ini pada umumnya berada di hutan sekunder yang tidak terlalu banyak pepohonan.

Burung kicuit hutan ini biasanya juga sering terlihat berjalan sendirian atau berpasangan untuk mencari makanan maupun hanya sekedar menggoyangkan ekornya.

Tak hanya itu, setiap tahun burung ini juga sering berkunjung di Indonesia, yaitu berkunjung di Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Kicauan Burung Kicuit Hutan

Ciri khas burung kicuit hutan jika diamati dari suaranya yaitu terdengar merdu dan nyaring dengan sering melakukan pengulangan nada secara terus menerus.

Volume kicauannya juga terdengar tinggi dengan suara yang agak melengking dan durasinya berkicau bisa sampai hampir 30 detik

Ciri khas burung kicuit hutan ini juga bisa dilihat dari suara kicauannya yang dikeluarkan secara berulang-ulang.

Tinggalkan Komentar