Ciri Khas Burung Kerakbasi Besar, Migrasi Dari Asia Timur

Adanya berbagai macam jenis burung kicauan yng tersebar di wilayah hutan Indonesia ini sebagian besar di antaranya termasuk jenis burung migrasi dari berbagai macam negara yang punya empat musim.

Biasanya burung tersebut bermigrasi ke negara yang sedang tidak dilanda musim dingin termasuk Indonesia tujuannya untuk mencari tempat yang hangat sementara waktu.

Sebab, tubuh burung tersebut tidak tahan dengan dinginnya salju yang turun di negara asal burung tersebut. Tak hanya itu, jenis burung kicauan yang bermigrasi ke wilayah hutan kita juga memliliki tipe kicauan yang berbeda-beda, ada juga yang terdengar merdu.

Salah satu jenis burung migrasi yang bisa anda jumpai di Indonesia ada yang berasal dari Asia Timur, burung tersebut bernama burung Kerakbasi Besar.

Daerah Persebaran Burung Kerakbasi Besar

hbw.com

Burung Kerakbasi Besar ini termasuk salah satu jenis burung migrasi yang berasal dari negara-negara di sekitaran Asia Timur. Negara-negara yang dijadikan sebagai tempat migrasinya sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja.

Akan tetapi juga meliputi berbagai macam negara di Asia Tenggara, seperti halnya Filipina. Terkadang untuk burung Kerakbasi Besar ini pun juga akan melakukan migrasi hingga di negara Australia.

Namun untuk jumlahnya juga sedikit serta cukup sulit untuk ditemui. Kemudian untuk keberadaannya yang ada di wilayah hutan kita tersebar cukup merata di berbagai daerah.

Diantaranya mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan juga di wilayah Papua. Berikut ini adalah ciri khas burung Kerakbasi Besar.

Ciri Khas Burung Kerakbasi Besar

lessbird.com

Sedangkan untuk ciri khas burung Kerakbasi Besar salah satunya yaitu mempunyai ukuran tubuh yang bisa dkatakan sedang dengan panjang kurang lebih sekitar 18 cm.

Lalu untuk corak warna bulunya yaitu hanya terdiri dari dua warna utama. Diantaranya yakni warna cokelat tua dan juga warna putih krim. Untuk ciri khas burung Kerakbasi Besar dengan warna cokelat tersebut tampak menutupi pada bagian atas tubuhnya. Yaitu mulai dari bagian mahkota kepala, tengkuk, punggung, sayap, serta pada bagian ekornya.

Kemudian untuk warna putih krim juga bisa anda saksikan pada bagian bawah tubuhnya. Diantaranya seperti di area tenggorokan, dada, dan juga apda bagian perutnya.

Lalu untuk bagian sayapnya yang memiliki warna kecokelatan juga membentuk pola bulatan yang terlihat sedikit oval dan saling berhimpitan. Tak hanya itu saja, pada bagian ekornya berukuran agak panjang yang memiliki beberapa helai bulu saja.

Lalu untuk bagian paruhnya yang berwarna hitam serta tersapu merah muda juga terlihat sedikit tebal dan berukuran sedang.

Perilaku Burung Kerakbasi Besar

Kehidupan burungKkerakbasi Besar (Acrocephalus orientalis) ini pada saat berada di alam liar makan endiami area dataran rendah.

Yang mana dipenuhi dengan hutan rawa berbuluh, area perairan payau, semak belukar, hutan mangrove, serta area persawahan dari warga masyarakat.

Dan ketika burung ini berburu makanan, pada umumnya urung Kerakbasi Besar ini bergerak secara sendiri-sendiri atau terkadang juga berpasangan. Jenis pakan yang disantapnya setiap hari diantaranya seperti serangga yang ukurannya kecil.

Ketika istirahat ataupun pada saat memantau lingkungan sekitarnya juga kerap dilakukan dengan cara bertengger di batang buluh.

Tak hanya itu saja, tidak diketahui secara pasti mengenai bentuk sarang serta waktu berkembangbiaknya. Hal ini disebabkan burung ini akan melakukannya pada waktu pulang kembali ke negara asalnya.

Suara yang dikeluarkan oleh burung ini tergolong agak melengking dengan volume yang tidak terlalu tinggi dan terdengar agak parau.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar