Ciri Khas Burung Kerakbasi Alis Hitam dan Habitatnya

Salah satu jenis burung ocehan yang mempunyai kicauan merdu dan nyaring adalah jenis burung kerakbasi. Ada tiga jenis burung Kerakbasi yang terdapat di wilayah hutan kita.

Akan tetapi ada salah satu jenis burung kerakbasi yang dikategorikan sebagai burung migrasi yang hanya berkunjung setahun sekali saja, yaitu burung kerakbasi alis hitam.

Kerakbasi alis-hitam termasuk jenis burung migran, yang berkunjung ke Indonesia habitat aslinya masuk pada musim dingin. Kicauanya yang ngerol dan kasar banyak digunakan sebagai masteran burung pleci.

Burung kerakbasi alis-hitam juga merupakan anggota keluarga family Acrocephalidae. Spesies ini banya yang berdomisili wilayah tenggara Rusia, wilayah timur Mongoloa, hingga di wilayah timur Tiongkok dan Jepang.

Habitat Burung Kerakbasi Alis Hitam

Habitat Burung Kerakbasi Alis Hitam
Habitat Burung Kerakbasi Alis Hitam

Walaupun burung ini sedang banyak dicari di Indonesia, kerakbasi alis-hitam hanya sekadar singgah di negeri kita.

Selain saat musim dingin, mereka tetap bertempat tinggal di habitat aslinya, tanpa terkecuali pada saat berkembang biak.

Sebagian besar jenis burung yang merupakan genus Acrocephalus merupakan jenis burung pemakan serangga.

Habitatnya berada di daerah basah, khususnya di daerah rawa-rawa. Walaupun mereka juga terlihat aktif di antara buluh dan rumput tinggi / alang-alang yang tumbuh di sekitar daerah berair.

Ketika musim dingin tiba, burung kerakbasi alis-hitam suka bermigrasi ke wilayah selatan Tiongkok, India, Semenanjung Malaysia, serta di wilayah Sumatera.

Ketika bermigrasi burung Kerakbasi Alis hitam pada umumnya akan terjadi pada saat musim dingin akan terjadi di negara asalnya.

Yaitu dengan segera berkunjung ke daerah atau negara lain yang sedang tidak turun salju.

Kemudian tujuan bermigrasinya kawanan burung Kerakbasi ini pastinya disebabkan tidak tahannya pada udara dingin di habitat aslinya yang dapat mencapai di bawah nol derajat celcius.

Ciri Khas Burung Kerakbasi Alis Hitam

Ciri Khas Burung Kerakbasi Alis Hitam
Ciri Khas Burung Kerakbasi Alis Hitam

Ciri khas burung kerakbasi alis hitam ini memang mirip ciblek alang-alang. Tubuhnya memiliki panjang kurang lebih 13 cm dan berwarna cokelat.

Pada bagian alis mata putih-kekuningan dan dibatasi setrip hitam di bagian atas dan bawahnya.

Untuk tubuh bagian bawah keputihan, iris mata cokelat, paruh atas gelap, dan paruh bawah terlihat pucat.

Ciri khas burung kerakbasi alis hitam yang lainnya yaitu pada bagian paruh yang berukuran sedang dan tidak tebal dengan warna kehitaman.

Untuk mata ukurannya sedang dengan bentuk agak bulat terlihat berwarna hitam kecokelatan.

Ukuran ekornnya yang berwarna coklat yaitu sedang dengan terdiri dari beberapa helai bulu yang bisa mengembang.

Kakinya yang berwarna hitam pekat dengan ukuran lumayan panjang dan terlihat ramping atau kurus dengan cakar yang tajam.

Ciri khas burung Kerakbasi Alis hitam dari segi kicauannya yaitu terdengar cukup nyaring dan agak melengking dengan volume yang lumayan kencang.

Suaranya memiliki tempo yang lumayan rapat dengan bunyi hampir suara crecetan. Nada suara yang dikeluarkan juga tajam dengan irama yang tidak tbegitu beraturan.

Kemudian untuk burung Kerakbasi Alis-hitam juga merupakan jenis burung kicauan yang aktif atau rajin berkicau dengan durasi bisa selama satu menit lamanya.

Daerah Persebaran Burung Kerakbasi Alis Hitam

Di Indonesia persebarannya diketahui hanya terdapat di wilayah Pulau Sumatera saja. Hal ini pastinya menjadi penyebab banyak di antara para penghobies tidak mengenal burung Kerakbasi.

Kemudian kehidupannya di alam liar kerap terlihat di area lahan yang banyak ditumbuhi pepohonan serta rerumputan tinggi yang dekat dengan daerah berair.

Burung ini juga belum diketahui secara pasti tempat berkembangbiaknya, sebab termasuk jenis burung migrasi.

Tinggalkan Komentar