Ciri Khas Burung Kecici Belalang dan Daerah Persebarannya

Salah satu jenis burung kicauan yang belum banyak dikenal oleh setiap orang yaitu burung kecici belalang.

Jadi, burung kicauan ini belum banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicaun di Indonesia ini.

Sebab, burung kecici belalang ini bukan termasuk jenis burung ocehan yang tempat berkembangbiaknnya berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Karena, burung kecici belalang memang merupakan jenis burung migrasi yang daerah asalnya berada di kawasan Siberia atau di kawasan Eropa Timur.

Daerah Persebarann Burung Kecici Belalang

Burung Kecici Belalang
omkicau.com

Daerah persebaran burung kevivi belalang (Locustella Certhiola) ini dikatakan sebagai burung migrasi dari kawasan Eropa Timur.

Burung ini memiliki habitat asli di Eropa Timur tidak hanya terdapat di Siberia, akan tetapi juga meliputi beberapa negara lainnya seperti Kazakhstan dan Rusia.

Sedangkan untuk negara-negara yang dijadikan sebagai tujuan migrasi burung kecici belalang seperti halnya di Tiongkok, India, Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, sekelompok burung kecici belalang ini pada umumnya menempati daerah Sunda Besar serta di Sulawesi.

Ciri Khas Burung Kecici Belalang

Ciri Khas Burung Kecici Belalang
burungocehan.link 

Ciri khas burung kecici belalang mempunyai ukuran tubuh sedang atau panjangnya hanya sekitar 15 cm.

Burung ini juga memiliki ciri khas berupa dengan diselimuti oleh warna cokelat tua dan ada garis-garis hitam.

Pada bagian atas tubuhnya berwarna cokelat tua serta ada garis-garis dengan ukuran agak panjang berwarna hitam.

Pada bagian bawah tubuhnya juga terlihat berwarna putih sedikit gelap serta terlihat warna kuning di dekat dada dan sisi dekat bawah sayapnya.

Sedangkan untuk warna pada ekornya juga terlihat mirip dengan sayapnya. Diantaranya yaitu terdapat warna cokelat kemerahan, hitam, serta pada ujung ekor berwarna putih.

Burung kecici belalang ini biasanya bermigrasi dari Eropa ke Negara Asia tak lain yaitu untuk menghindar dari musim dingin yang terjadi di tempat tinggalnya.

Sebab kebanyakan negara di Asia ada yang iklimnya tropis atau sering mendapatkan sinar matahari sampai sepanjang tahun.

Sebab sekelompok burung kecici belalang yang bermigrasi hingga ke Indonesia tidak akan merasakan kedinginan karena diselimuti salju dan akan kembali ke daerah asalnya.

Yaitu pada saat musim dingin berakhir untuk berkembang biak. Adanya burung kecici belalang di Indonesia yaitu kerap memilih tempat di dalam hutan lebat dan dekat persawahan yang dimiliki oleh masyarakat.

Tak hanya itu saja, ketika burung ini merasa terganggu akan terbang menghindar ke dalam hutan yang cukup lebat.

Kicauan Burung Kecici Belalang

Burung kecici belalang ini memiliki suara yang tergolong jenis burung yang mempunyai variasi kicauan.

Kicauan yang dikeluarkannya juga memiliki tempo yang rapat dan membentuk crecetan yang memiliki nada pendek.

Pada kicauan yang dikeluarkan oleh burung kecici belalang ini akan membunyikan crecetan, siulan yang agak panjang, kemudian kembali lagi ke crecetan.

Ciri suara yang dibunyikan burung kecici belalang ini yaitu memiliki dua nada. Nada kicauan merdu serta melengking yang dimiliki oleh burung kecici belalang sebenarnya sangat pas sekali jika dijadikan masteran bagi burung ocehan lain seperti burung murai batu.

Akan tetapi, untuk anda yang ingin mendapatkan suara yang berkualitas harus dirawat dengan sebaik mungkin.

Ciri khas burung kecici belalang ini yang memiliki suara merdu dan melengking ini memang cocok sekali jika untuk dijadikan burung masteran. Dengan demikian, burung kicauan yang lain akan memiliki suara yang lebih bervariasi.

Tinggalkan Komentar